Foto & VideoKomputerMobile GadgetNews

Ini Yang Perlu Diketahui Mengenai Bluetooth 5

Beberapa waktu yang lalu, Apple baru saja merilis iPhone terbarunya yaitu iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Tiga smartphone tersebut memiliki sejumlah teknologi baru di dalamnya. Salah satunya adalah konektivitas Bluetooth terbaru yaitu Bluetooth versi 5.

Bluetooth 5 sendiri baru diresmikan oleh Bluetooth Special Interest Group pada tahun lalu dan mulai digunakan pada sejumlah smartphone flagship seperti iPhone 8, iPhone X, Galaxy S8, dan Galaxy Note 8. Apa yang membedakannya dengan koneksi Bluetooth sebelumnya? Simak ulasan ringan kami.

Lebih Kencang, Lebih Jauh

Bluetooth 5 membawa sejumlah peningkatan jika dibandingkan generasi sebelumnya seperti Bluetooth 4.1 atau Bluetooth 4.2. Yang paling ketara adalah jarak jangkauan yang mencapai 4 kali lipat lebih jauh. Sebelumnya, jika Anda sedang mendengarkan musik menggunakan headphone atau speaker Bluetooth, Anda mungkin akan mengalami kehilangan sinyal saat berada terlalu jauh dari perangkat pemutar musiknya. Hal tersebut akan jauh berkurang dengan Bluetooth 5.

bluetooth 5 4

Selain itu, Bluetooth 5 juga mampu menghasilkan bandwidth hingga 2Mbps, 2 kali lipat lebih besar daripada Bluetooth 4.2. Sehingga, perangkat akan mampu menghasilkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dan dapat melakukan streaming konten dengan bitrate yang lebih besar.

Tapi, Anda harus memilih, apakah Anda membutuhkan jarak jangkauan yang lebih jauh, atau bandwidth yang lebih besar, tidak bisa keduanya sekaligus. Selain itu peningkatan yang diberikan juga akan tergantung dari jenis perangkatnya. Misalnya perangkat IoT (internet of things) atau wearable seperti smartwatch atau smartband tentunya akan mendapatkan manfaat lebih banyak jika memiliki jangkauan yang lebih jauh.

Tetap Kompatibel dengan Versi Bluetooth Sebelumnya

Untuk memanfaatkan kelebihan tersebut, kedua perangkat yang dipasangkan tentunya harus sudah mendukung koneksi Bluetooth 5. Namun jika perangkat Anda kebetulan belum mendukung Bluetooth 5, Anda tetap bisa menghubungkannya karena perangkat Bluetooth 5 akan memiliki backward compatibility dengan koneksi Bluetooth yang lebih lama. Hanya saja, Anda tidak akan mendapatkan manfaat seperti jarak jangkauan yang lebih luas maupun bandwidth yang lebih besar.

Akan Semakin Populer

Saat ini Bluetooth 5 baru tersedia pada sejumlah smartphone flagship seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, Galaxy S8, Galaxy S8+, dan Galaxy Note 8. Namun koneksi ini tentu akan hadir pada smartphone lainnya yang akan dirilis di masa depan. Seiring dengan semakin populernya Bluetooth 5, koneksi ini juga tentu akan hadir pada smartphone kelas menengah dan juga entry-level.

bluetooth 5 5

Selain itu, perangkat-perangkat pendukungnya pun juga nantinya akan semakin populer. Ke depannya, perangkat-perangkat seperti speaker wireless, headphone wireless, maupun perangkat wearable seperti smartband, smartwatch, serta perangkat lainnya akan dapat memanfaatkan teknologi Bluetooth 5 ini untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik serta fitur yang lebih kaya.

Back to top button