Pi, Wireless Charger Tanpa Kontak dengan Gelombang Magnetik

Smartphone yang telah mendukung teknologi wireless charging telah cukup banyak beredar di pasaran. Yang terbaru, Apple akhirnya juga mendukung teknologi tersebut di iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Walaupun menawarkan kepraktisan karena tidak perlu mencolok kabel, wireless charging juga masih cukup merepotkan. Dengan menggunakan wireless charging pad yang hanya mendukung satu perangkat setiap unitnya, Anda membutuhkan banyak wireless charging pad jika ingin mengisi banyak perangkat sekaligus. Belum lagi Anda harus meletakkan gadget Anda di atas wireless charging pad jika ingin mengisi baterainya sehingga Anda tidak dapat menggunakannya saat sedang mengisi baterai.

Sebuah startup bernama Pi menawarkan solusi wireless charging yang mudah dengan memanfaatkan gelombang magnetik sebagai medianya. Pi, memperkenalkan sebuah perangkat wireless charging bernama Pi yang tidak membutuhkan kontak langsung untuk mengisi daya baterai.

svg%3E

Pi memiliki bentuk yang kecil seperti sebuah vas bunga. Perangkat ini memanfaatkan teknologi induksi yang sama seperti yang digunakan wireless charging berbasis teknologi Qi, namun dengan algoritma khusus yang membuatnya bisa mengarahkan gelombang magnetik ke perangkat yang ada di sekitarnya.

Jadi, untuk mengisi baterai smartphone dengan wireless charging, Anda tidak perlu meletakkan smartphone di atas perangkat ini, namun cukup berada di sekitarnya. Selama proses pengisian baterai, Anda pun tetap bisa menggunakan smartphone Anda selama berada di jarak sekitar 25cm dari Pi.

svg%3E

Smartphone yang telah mendukung teknologi wireless charging tidak perlu lagi membutuhkan alat tambahan untuk mengisi baterai dengan Pi. Untuk perangkat yang belum mendukungnya, Pi juga menyediakan casing magnetik khusus untuk bisa mengisi baterai secara wireless dengan Pi ini. Pi diklaim mampu mendukung hingga 4 perangkat sekaligus dengan keluaran maksimal 20 watt.

Pi rencananya baru akan mulai diluncurkan ke pasaran pada tahun 2018 mendatang dengan harga di bawah US$200 (sekitar 2,6 juta rupiah). Informasi lebih lanjut serta pemesanan bisa Anda lakukan melalui link ini.

Verified by MonsterInsights