Apple Luncurkan iPhone X: iPhone Pertama dengan Layar AMOLED dan Bezel Ekstra Tipis

Tahun 2017 menjadi momen perayaan 10 tahun sejak Apple pertama kali meluncurkan iPhone pada 2007 lalu. Untuk merayakan momen tersebut, Apple meluncurkan iPhone X untuk menemani iPhone 8 & iPhone 8 Plus.

Desain baru tanpa tombol

Apple menghadirkan desain yang benar-benar segar pada iPhone X ini. Jika sebelumnya iPhone memiliki ciri khas tombol home di bagian depannya, kini tombol tersebut ditiadakan di iPhone X. Fungsi fingerprint scanner TouchID yang menempel pada tombol home juga otomatis hilang.

Sebagai gantinya, Apple menghadirkan fitur FaceID, yaitu fitur pengamanan berdasarkan wajah penggunanya. Apple mengklaim bahwa sistem pengenalan wajah untuk membuka kunci layar ini amat pintar dan tidak bisa dikecoh oleh foto.

FaceID menggunakan sistem infra merah yang dinamakan TrueDepth. Sistem ini akan memproyeksikan 30 ribu titik cahaya ke wajah pengguna. Kemudian kamera infra merah ini akan menangkap distorsi dari deretan titik tersebut untuk memetakan bentuk wajah dalam 3 dimensi. Apple juga menambahkan bahwa pengguna tinggal melihat ke arah layar untuk menggunakan FaceID.

Bingkai Layar Ekstra Tipis

Selain mempunyai ukuran layar yang paling besar, iPhone X juga merupakan iPhone pertama yang menggunakan layar AMOLED. Apple menjuluki layar AMOLED iPhone X sebagai Super Retina Display. Layar berukuran 5,8 inci dengan resolusi 1125 x 2436 pixel ini memiliki kerapatan 458ppi, paling tajam sejauh ini untuk iPhone.

Apple juga memasukkan teknologi TruTone untuk menyajikan white balance yang lebih akurat pada layar dalam berbagai kondisi cahaya. Selain mampu mereproduksi warna terang dan warna gelap dengan lebih baik, layar AMOLED baru ini akan mampu menampilkan teks yang lebih nyaman dibaca.

Untuk multimedia, layar ini juga sudah mendukung HDR10 dan Dolby Vision untuk tampilan yang lebih cemerlang saat memutar video.

Bingkai layarnya yang amat tipis membuat dimensi iPhone X lebih ringan dan lebih ringkas dibandingkan iPhone 8 Plus yang memiliki layar lebih kecil. Satu hal yang agak mengganggu adalah bagian speaker di layar yang seakan terpotong sehingga membuatnya terlihat kurang rapi.

Chipset Baru yang Lebih Kencang

iPhone X menggunakan chipset yang sama dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, yaitu A11 Bionic. Chipset ini merupakan chipset 6 core, dengan 2 core merupakan core kencang untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat dan 4 core sisanya berupa core hemat daya untuk menjalankan aplikasi yang lebih ringan.

svg%3E

svg%3E

Chip ini memiliki kinerja hingga 25% lebih cepat untuk core yang lebih kencang, dan hingga 70% lebih cepat untuk core yang hemat daya. Chip grafisnya sendiri memiliki 3 core dan diklaim akan lebih cepat 30% dibandingkan chip grafis pada chipset A10 Fusion yang digunakan pada iPhone 7. Apple menyediakan dua pilihan kapasitas untuk iPhone X ini, yaitu 64GB dan 256GB.

Kamera Ganda dengan Sensor Baru

iPhone X memiliki dua kamera di belakang dengan sensor baru beresolusi 12 megapixel. Kamera pertama memiliki lensa wide angle dengan lensa f/1.8. Sedangkan kamera keduanya merupakan lensa tele f/2.4. Kedua kamera tersebut juga mempunyai OIS serta memiliki quad LED flash yang mendukung slow sync. Kamera ini juga bisa merekam video dengan resolusi 4K 60fps, atau 1080p 240fps.

Sementara di depannya terdapat sebuah kamera dengan sensor 7 megapixel f/2.2. Kamera depan ini mempunyai fitur baru Portrait mode yang bisa menciptakan efek bokeh dengan informasi yang diberikan dari sensor FaceID. Juga tersedia mode Portrait Lighting untuk hasil foto dengan flash yagn lebih natural. Jika dicermati, fitur kamera iPhone X identik dengan fitur kamera pada iPhone 8 Plus.

Walaupun tak mengungkapkan kapasitas baterainya, iPhone X diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 2 jam lebih lama jika dibandingkan iPhone 7. iPhone X juga mendukung fitur wireless charging dan fast charging yang akan mengisi baterai smartphone ini hingga 50% dalam waktu 30 menit.

svg%3E

iPhone X akan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu silver dan space grey. Smartphone ini akan baru memulai masa pre-order pada 27 Oktober mendatang dan mulai dijual pada bulan November dengan harga mulai dari US$999 atau sekitar 13,1 juta rupiah.

[table]
Spesifikasi;”Apple iPhone X”
Layar;”AMOLED Super Retina Display, 5,8 inci 1125 x 2436 pixel”
Chipset;”Apple A11 Bionic”
RAM;”3GB”
Kapasitas Penyimpanan;”64GB & 256GB”
Kamera belakang;”12 megapixel f/1.8 dengan OIS dan Quad-LED True Tone flash + 12 megapixel f/2.4 telephoto”
Kamera depan;”7 megapixel f/2.2″
Konektivitas;”4G VoLTE, WiFi 802.11 ac with MIMO, Bluetooth 5.0, NFC with reader mode, GPS with GLONASS”
Baterai;”Built-in rechargeable lithium-ion battery dengan Qi wireless charging dan fast charging”
Sistem operasi;”iOS 11″
Fitur;”FaceID, Stereo speaker, IP67″
Warna;”Silver, Space Grey”
Dimensi;”143,6 x 70,9 x 7,7mm”
Bobot;”174gr”
[/table]

Verified by MonsterInsights