Quantcast
Aksesoris KomputerKomputerNews

[Hands-On] Western Digital My Passport Ultra: Hard Disk Eksternal Ringkas dengan Tampilan yang Keren

Hard disk eksternal atau hard disk portabel biasanya menjadi salah satu perangkat yang sering di bawa, terutama jika Anda termasuk orang yang sering bekerja di luar kantor. Selain untuk menyimpan file pekerjaan Anda, sebuah hard disk eksternal juga bisa menjadi solusi backup yang mudah dengan kapasitas yang besar.

Western Digital menghadirkan sebuah hard disk eksternal yaitu My Passport Ultra dengan desain yang baru. Hard disk eksternal ini punya ukuran yang ringkas dan mudah dibawa-bawa, serta memiliki desain yang cukup keren. Berikut ulasan singkatnya.

Desain Keren dengan Pola Kombinasi

Western Digital My Passport Ultra mempunyai desain yang menurut kami cukup trendi. Hard disk eksternal ini menggunakan material aluminium dengan kombinasi dua pola yang berbeda, setengah bagian memiliki pola garis-garis dengan metallic finish, dan setengahnya lagi tampil polos dengan matte finish. Jadinya, tampilannya terlihat keren dan elegan.

western digital my passport ultra 1

Namun, bahan aluminiumnya ini juga mudah menangkap bekas-bekas sidik jari sehingga cepat terlihat kotor, terutama pada bagian metallic finish. Terdapat dua pilihan warna yaitu white-gold dan black-gray yang bisa dipilih sesuai dengan selera Anda.

Hard disk eksternal ini tersedia dalam empat pilihan kapasitas, mulai dari 1TB hingga 4TB. Ukurannya ini juga cukup ringkas, yaitu 110 x 81,5 x 13,5mm untuk yang varian 1TB, dan 110 x 81,5 x 21,5mm untuk varian lainnya. Ukurannya yang cukup ringkas juga membuat hard disk eksternal ini nyaman dalam genggaman tangan, serta tidak akan memakan banyak tempat saat Anda membawanya di dalam tas.

Western Digital My Passport Ultra menggunakan koneksi USB 3.0 untuk melakukan transfer data. Kabel USB 3.0 pun sudah disertakan dalam paket penjualannya. Ukuran kabelnya juga lumayan panjang sehingga Anda tidak perlu terlalu repot saat ingin memasangnya pada tempat-tempat yang agak sempit.

western digital my passport ultra 6

Kinerja Baik dengan Aplikasi yang Lengkap

Seperti perangkat hard disk eksternal keluaran Western Digital lainnya, My Passport Ultra ini juga telah dilengkapi dengan beberapa aplikasi dan fitur untuk menunjang penggunaannya. WD Discovery merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai portal untuk menjalankan beberapa aplikasi lainnya.

Di dalam WD Discovery, terdapat tiga aplikasi yaitu:

    • WD Backup: Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan backup dan restore terhadap file-file personal Anda, baik dari komputer, maupun dari akun cloud storage seperti Google Drive, Onedrive, dan DropBox. Anda bisa mengatur jadwal agar aplikasi ini bisa melakukan backup secara periodik pada waktu tertentu, mulai dari hitungan jam, hari, hingga bulan.

 

    • WD Drive Utilities: Berfungsi untuk membantu Anda dalam memantau kondisi hard disk eksternal ini. Aplikasi ini bisa menunjukkan kapasitas yang tersisa dan estimasi umur pakai perangkat ini. Terdapat juga fungsi untuk melakukan format dan secure erase untuk menghapus isi hard disk ini dengan aman agar filenya tidak bisa direcover.

 

  • WD Security: Aplikasi ini bisa melindungi file-file yang tersimpan di dalamnya dengan memberikan proteksi password serta enkripsi 256-bit. Sehingga, File-file yang ada di dalamnya tidak bisa diakses walaupun perangkat ini jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Western Digital My Passport Ultra ini menurut kami juga mempunyai kinerja yang cukup oke. Untuk kebutuhan sehari-hari, kecepatan baca tulisnya sudah memadai.

western digital my passport ultra 7

Kesimpulan

Menurut kami, Western Digital My Passport Ultra adalah sebuah hard disk eksternal yang cukup menarik untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Dimensinya yang ringkas membuat perangkat ini tidak akan memakan tempat saat dimasukkan ke dalam tas Anda. Selain itu, hard disk eksternal ini juga mempunyai penampilan yang lumayan keren.

Anda juga tidak perlu khawatir terhadap keamanan data Anda karena Western Digital juga menyediakan aplikasi yang bisa membantu Anda dalam mengamankan data berharga tersebut.

[table] Spesifikasi;”Western Digital My Passport Ultra”
Kapasitas;”1TB, 2TB, 3TB, 4TB”
Interface;”USB 3.0″
Ukuran;”110 x 81,5 x 13,5mm (1TB), 110 x 81,5 x 21,5mm (2TB, 3,TB 4TB)”
Paket penjualan;”Kabel USB 3.0″
[/table]
Back to top button