Google Resmi Umumkan Android 8.0 Oreo

Teka-teki tentang nama resmi dari sistem operasi penerus Nougat akhirnya terjawab sudah. Google mengumumkan bahwa Android dengan seri 8.0 ini diberi nama sandi Oreo.

Kedua kalinya bekerjasama dengan brand makanan

svg%3E

Perlu diketahui bahwa kepastian penggunaan nama Oreo menandakan bahwa Google kembali menggandeng brand makanan yang populer di dunia. Sebelumnya, Android 4.4 KitKat merupakan hasil kerja sama Google dengan Nestle.

Dikutip dari GSMArena, Selasa (22/8), dalam pengumuman ini Google sekaligus menyampaikan informasi tentang Android Oreo yang sudah tersedia di Android Open Source Project. Sementara update software secara OTA untuk perangkat Nexus dan Pixel yang mendukung OS tersebut akan meluncur dalam waktu dekat.

svg%3E

Banyak peningkatan dibanding versi sebelumnya

svg%3E

Android 8.0 Oreo hadir dengan beberapa peningkatan yang cukup menarik, misalnya dukungan picture-in-picture, notification dot, lebih dari 60 emoji baru, membatasi aplikasi di background yang menguras baterai, waktu booting yang lebih cepat, dan masih banyak lagi.

Soal ketersediaannya untuk perangkat di luar Nexus dan Pixel, Google menjelaskan bahwa di akhir tahun nanti, pengguna bisa berharap produk-produk dari Essential, General Mobile, HMD Global, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony sudah mulai menyediakan update ke Android Oreo, atau meluncurkan produk baru yang langsung dibekali OS anyar tersebut.