Review Nubia N1 Lite: Tampil Menawan Sebagai Pendatang Baru di Kelas Entry-Level

svg%3E
3.4
Cek Harga

Mungkin sebagian besar dari Anda belum terlalu mengenal Nubia. Ya, brand asal China ini memang tergolong pemain baru di pasar Indonesia. Tapi di penetrasi pertamanya pada awal Mei 2017 lalu, Nubia langsung tancap gas dengan meluncurkan tiga produk sekaligus.

Salah satunya adalah Nubia N1 Lite. Seri yang paling murah dari ketiganya dan memang ditujukan untuk kelas entry-level. Sebagai smartphone di bawah 2 juta rupiah, tentunya Anda tidak perlu berharap akan menemukan hardware-hardware canggih kelas atas. Akan tetapi, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Nubia N1 Lite yang membuatnya patut diperhitungkan. Penasaran? Simak ulasan kami.

Desain bagus dan terkesan mewah

svg%3E

Nubia nampaknya memang ingin memberikan sentuhan premium di setiap smartphone garapannya, termasuk untuk kategori entry-level. N1 Lite yang kami review dibalut casing dengan warna Classic Black Gold yang terkesan mewah.

Warna hitam lebih mendominasi. Sementara sentuhan gold tersaji pada frame yang mengelilingi bagian depan smartphone, serta pada sekitar kamera dan sensor sidik jari di belakang. Khusus pada kameranya belakangnya, Nubia menambahkan akses lingkaran merah yang menurut mereka adalah ciri khas Nubia.

N1 Lite masih menggunakan material berbahan plastik tapi tidak murahan. Sangat terasa pada bagian cover belakangnya. Ketika digenggam, smartphone ini terasa mantap di tangan. Tidak licin dan bobotnya pun pas.

Menurut Nubia, cover belakang smartphone ini telah melalui proses khusus untuk memberikan kesan seperti memegang kerikil atau pasir. Sementara bagian-bagian sisinya yang agak melengkung turut membantu memposisikan N1 Lite sesuai kontur tangan.

Secara keseluruhan, Nubia N1 Lite adalah smartphone dengan kualitas rancang bangun yang baik. Desainnya cukup menonjol di kelasnya.

Layar lebar, resolusi HD

Untuk smartphone kelas entry-level, layar berukuran 5,5 inci jelas menjadi keunggulan tersendiri. Apalagi resolusinya sudah HD alias 720p, meski belum Full HD. Inilah yang coba ditawarkan N1 Lite.

Menurut kami, layar N1 Lite terlihat lumayan untuk berbagai kebutuhan. Lebar dan cukup tajam. Walaupun demikian, keluaran warnanya kurang memanjakan mata. Untungnya penggunaan di bawah sinar matahari masih jelas dan Nubia pun sudah membenamkan pengaturan tingkat kecerahan otomatis. Tapi yang akan membingungkan, fungsi auto brightness ini terkadang tidak responsif dan butuh waktu untuk bekerja menyesuaikan kondisi cahaya.

Selain itu, Anda juga akan menemukan MiraVision, engine khusus untuk meningkatkan kualitas gambar yang ditampilkan di layar N1 Lite. Lewat MiraVision, Anda juga bisa melakukan beberapa pengaturan seperti Picture Mode, Basic Color Tuning, dan Contrast Enhancement.

Beralih ke sektor audio, Nubia tidak memberikan fitur spesial apapun pada N1 Lite. Dengan grill speaker yang besar di bagian belakang, kualitas audionya tidak buruk, tapi tidak juga bisa dibilang bagus.

OS masih Marshmallow

Nubia N1 Lite mengadopsi sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow. Belum diketahui apakah Nubia di masa depan akan meluncurkan update ke Nougat atau tidak. Hingga saat ini, Nubia belum mengumumkan informasi ke arah sana.

User interface bawaannya tergolong sederhana. Tidak nampak modifikasi yang dilakukan. Bahkan sekilas ini adalah UI bawaan Android-nya sendiri. Memang membosankan. Tapi nilai plusnya, kinerjanya terasa ringan dan lumayan gesit.

Fitur-fitur tambahan pun minim. Namun bagi yang gemar download, N1 Lite memiliki fitur Turbo Download yang cara kerjanya menggabungkan jaringan WiFi dan 4G pada waktu yang bersamaan.

Sudah dibekali sensor sidik jari

Tak banyak smartphone kelas entry-level yang memiliki fitur ini dan Nubia N1 Lite adalah salah satunya. Jelas ini menjadi nilai jual tersendiri. Apalagi, kinerja sensor tersebut tergolong cepat saat mengenali sidik jari dan bisa langsung digunakan ketika layar dalam keadaan mati. Selain untuk membuka kunci, sensor sidik jari ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengakses aplikasi tertentu.

Kamera cukup baik jika cahaya terang

Nubia memang mengedepankan sektor fotografi saat meluncurkan produk-produknya di Indonesia. Bahkan, mereka menyebut sektor ini sebagai DNA dari Nubia, dengan mengandalkan teknologi yang mereka sebut sebagai NeoVision.

svg%3E

Meskipun begitu, sebagai smartphone entry-level, jelas Anda tidak bisa berharap banyak N1 Lite akan mampu memberikan hasil foto berkualitas tinggi. Perlu diketahui, smartphone ini dibekali kamera belakang 8 megapixel f/2.0 lengkap dengan autofocus dan dual-LED flash, serta kamera depan 5 megapixel yang juga ditemani lampu flash.

svg%3E

Hasil fotonya? Lumayan. Untuk pemotretan di kondisi cahaya yang cukup, foto yang dihasilkan cukup tajam dan warnanya natural. Terkadang ketika memotret obyek atau pemandangan dengan perbedaan cahaya yang sangat kontras, hasilnya menjadi under atau overexposure. Tapi untungnya, ada fungsi HDR yang bisa membantu Anda.

Sementara untuk urusan selfie, kamera depan N1 Lite pun bisa diandalkan. Hasil fotonya masih sangat memadai untuk Anda tampilkan di media sosial, dengan catatan, pemotretan dilakukan di lokasi dengan cahaya yang terang. Apabila harus memotret pada kondisi minim cahaya, seperti disebutkan di atas, ada lampu flash di depan yang bisa Anda manfaatkan.

Agar tidak penasaran, berikut kami sajikan beberapa foto yang kami abadikan menggunakan kamera Nubia N1 Lite: (Hasil yang lebih lengkap bisa dilihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com)

Hasil Kamera Nubia N1 Lite (4)

Hasil Kamera Nubia N1 Lite (9)

Performa khas smartphone di bawah 2 juta

Nubia N1 Lite dipersenjatai SoC SoC MediaTek MT6737 dengan prosesor quad-core Cortex-A53 1.25 GHz dan GPU Mali-T720MP2, yang ditemani RAM 2 GB serta memori internal 16 GB. Susunan hardware di atas memang sesuai untuk sebuah smartphone satu jutaan.

Untuk pemakaian sehari-hari menjalankan aplikasi standar, performa N1 Lite sudah mencukupi. Sistem operasi yang tidak banyak dimodifikasi juga membantu memberika kinerja yang menurut kami cukup mulus. Tapi untuk gaming 3D yang membutuhkan performa mumpuni, Anda masih akan menemukan lag.

Berikut hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan di Nubia N1 Lite:

Baterai standar

Untuk urusan daya, Nubia N1 Lite mengandalkan baterai 3000 mAh yang di atas kertas seharusnya mampu tampil memuaskan untuk mendukung seluruh hardware yang tertanam di dalamnya. Pada kenyataannya, daya tahan baterai N1 Lite terbilang biasa saja.

Kami menggunakan smartphone ini dengan gaya pemakaian normal, seperti chatting, browsing, terkadang menelepon dan menonton video, dan terkada pula bermain games. Hasilnya, Nubia N1 Lite bisa menyala sejak pagi hingga sore atau malam hari.

Berikut hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark Battery Test:

svg%3E

Kesimpulan

Sebagai penantang baru di kelas entry-level, Nubia N1 Lite tampil cukup baik dengan mengedepankan desain yang menawan dan kamera yang lumayan di kelasnya. Ditambah layar yang lebar dan fitur seperti sensor sidik jari, smartphone ini bisa menjadi opsi yang menarik untuk Anda.

svg%3E

Meski begitu, Nubia harus menghadapi persaingan yang sangat berat karena kelas entry-level sudah dihuni banyak produk yang masing-masing menawarkan keunggulannya sendiri. Perangkat yang sudah lebih dulu dikenal seperti Redmi 4A bisa menjadi batu sandungan.

Dibanderol Rp1.699.000, Nubia N1 Lite cocok untuk Anda para pengguna yang baru ingin beralih ke smartphone 4G, atau mencari perangkat Android 4G terjangkau dengan desain yang menawan dan fitur komplit di kelasnya.

Yang Canggih:

+ Desain bagus dengan warna Black-Gold
+ Kualitas rancang bangun baik
+ Layar lebar
+ Kamera utama lumayan di kelasnya
+ Kamera selfie didukung lampu flash
+ Sudah dibekali sensor sidik jari

Yang Kurang:

– User interface membosankan
– Fungsi pengaturan tingkat kecerahan layar otomatis terkadang lambat bekerja

[table]Spesifikasi;Nubia N1 Lite
SoC;MediaTek MT6737 dengan prosesor quad-core Cortex-A53 1.25 GHz
GPU;Mali-T720MP
Layar;5,5 inci HD
RAM;2 GB
Memori Internal;16 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 8 megapixel f/2.0 (autofocus dan dual-LED flash) / Depan 5 megapixel (LED Flash)
Baterai;3000 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth v4.1, A-GPS, WiFi, microUSB
OS;Android 6.0 Marshmallow
Fitur;Sensor Sidik Jari
[/table]

svg%3E
Nubia N1 Lite
Meski berstatus pendatang baru di segmen entry-level, Nubia N1 Lite tidak boleh dipandang sebelah mata
3.4
Cek Harga