Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Essential: Smartphone Garapan Co-Founder Android yang Dibekali Spesifikasi Premium

Sosok yang dikenal sebagai ‘Bapak Android’, Andy Rubin, baru-baru ini meluncurkan produk smartphone pertamanya yang diberi nama Essential. Nilai jual utama dari smartphone tersebut adalah desainnya yang menawan dengan hardware kelas premium.

Bezel super tipis

Essential Phone Android 2

Essential tampil dengan desain yang cukup inovatif alias tidak pasaran. Bezelnya sangat tipis di sisi kiri dan kanannya, bahkan hingga sampai ke atas. Uniknya, di bagian tengah atas tetap dibenamkan kamera selfie 8 megapixel yang harus berbagi tempat dengan layar penampil informasi baterai dan jam.

Layarnya sendiri menggunakan teknologi LTPS LCD dengan ukuran 5,71 inci. Resolusinya 2560 x 1312 pixel. Agak aneh memang, karena layar Essential menggunakan aspect ratio 19:10 yang tidak umum digunakan pada smartphone.

Mengusung bodi yang didominasi bahan titanium, bagian depan Essential dilindungi oleh kaca Gorilla Glass 5. Sementara cover belakangnya menggunakan bahan keramik yang semakin menambah kesan premium.

Dual-camera di belakang, bisa ditambah kamera 360 derajat

Essential Phone

Tidak mau ketinggalan dengan tren masa kini, Essential hadir dengan sistem kamera ganda di belakang yang terdiri dari dua sensor 13 megapixel. Satu sensor merupakan sensor RGB alias warna, sementara sensor yang satunya adalah monochrome atau hitam-putih.

Sensor RGB-nya didukung lensa f/1.85. Dengan bantuan sensor hitam-putih, kamera belakang Essential mampu melakukan telephoto maupun bokeh. Tak lupa dukungan laser dan PDAF juga dibenamkan.

Yang paling menarik, di samping kamera belakang pengguna akan menemuka dua buah pin untuk menghubungkan aksesori berupa kamera 360 derajat. Kamera 360-nya sendiri menggunakan dua sensor 12 megapixel dengan lensa fisheye 210 derajat yang ditemani 4 microphone. Menurut Rubin, kamera 360 ini bisa merekam video 360 derajat dengan resolusi 3840 x 1920 pixel di 30 fps.

Essential Phone Android 1

Hardware pendukung performa kelas atas

Soal performa, Essential pun tidak bisa dianggap sebelah mata. Pasalnya, smartphone ini dipersenjatai SoC Snapdragon 835 yang ditemani RAM 4 GB dan memori internal 128 GB (tanpa slot microSD).

Perlu diketahui pula bahwa Essential menggunakan port USB-C dan tidak memiliki jack 3.5mm. Untuk baterainya, smartphone canggih tersebut mengandalkan kapasitas 3040 mAh.

Essential kabarnya siap dijual ke pasaran dengan harga US$700 (sekitar 9,3 juta rupiah), atau US$750 yang sudah termasuk bundling kamera 360. Sayangnya, belum ada keterangan kapan tanggal ketersediaannya.

Back to top button