[Hands-On] LG G6: Andalan Terbaru di Kelas Premium dengan Layar FullVision

LG semakin rajin membawa smartphone-smartphone flagship-nya ke Indonesia. Setelah tahun lalu meramaikan persaingan melalui V20, di kelas premium LG kini sudah menyediakan jagoan terbarunya yang diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress 2017 lalu, yakni G6.

svg%3E

Kehadiran G6 bisa dibilang menjadi ajang pembuktian keseriusan LG bersaing ketat di ranah premium, sekaligus menjadi obat bagi para fans mereka di Tanah Air yang tahun lalu kurang puas karena LG hanya menghadirkan G5 varian SE. Bukan G5 dengan spesifikasi terdepan alias non-SE.

Pada acara peluncurannya di Jakarta, Kamis (20/4), kami sempat mencoba LG G6 meski hanya dalam waktu yang singkat saja. Berikut kesan pertama yang kami rasakan:

Desain ekstra nyaman digenggaman

LG G6 adalah smartphone dengan layar besar, 5,7 inci, yang mendominasi hampir seluruh bagian depannya dengan bezel super tipis. Layarnya pun dibuat lebih memanjang, bukan melebar, dan resolusinya 2880 x 1440 pixel (aspect ratio 18:9). Ukuran yang sesungguhnya tidak umum, tapi terbukti menjadi solusi yang baik. LG menyebut konsep tersebut sebagai FullVision.

Yang membuat desain LG G6 menarik adalah meski layarnya besar, bodinya tetap tampil ramping dan pas dengan tangan orang dewasa. Bobotnya pun tidak berlebihan. LG cukup sukses mewujudkan sebuah perangkat yang memiliki layar lebih besar, namun tidak membuat ukurannya secara keseluruhan membengkak.

Soal materialnya, LG G6 terlihat mewah berkat perpaduan bahan metal dan kaca. Sudut-sudutnya yang ergonomis semakin membuat smartphone ini menawan. Cover belakangnya tidak licin. Perpaduan itu mampu memberikan kenyamanan ekstra digenggaman tangan. Pengoperasian dengan satu tangan pun tidak masalah.

svg%3E

svg%3E

Di bagian depan, Anda tidak akan menemukan tombol fisik atau softkey apapun. Tombol Home, Back, dan Recent Apps ada di dalam layar secara virtual. Sementara di belakang, Anda akan menemukan sensor sidik jari di bawah sepasang kamera yang terlihat menyatu 100 persen dengan bodinya, alias tidak menonjol keluar.

Tak hanya itu, LG G6 juga sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang artinya anti air dan anti debu. Bahkan, smartphone ini memiliki standar MIL-STD 810G yang didapat melalui pengujian ketahanan terhadap temperatur rendah dan tinggi, kelembaban, getaran, radiasi matahari, tekanan rendah, pasir, serta debu.

Kamera ganda di belakang

Sama seperti pendahulunya, G5 dan V20, LG G6 kembali mengedepankan sistem dual-camera di belakang yang sama-sama menggunakan sensor 13 megapixel. Bedanya, kamera yang satu memiliki sudut pandang yang normal yakni 71 derajat, sementara kamera yang satunya menawarkan wide-angle 125 derajat untuk hasil jepretan yang lebih luas.

Kesan pertama

Belum banyak yang bisa kami ulas tentang smartphone ini. Waktu yang singkat ketika acara peluncurannya kurang memadai untuk mencoba berbagai fitur canggih lainnya, seperti layarnya yang sudah mendukung Dolby Vision dan HDR10, Quad DAC untuk kualitas audio papan atas, serta masih banyak lagi.

Yang jelas, sekilas kami mencobanya, LG G6 menawarkan kinerja yang sangat gesit. Memang belum menggunakan SoC terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 835. Namun dengan berbekal Snapdargon 821, kami meyakini semua kebutuhan dari mulai yang ringan hingga yang berat sudah mampu didukung dengan baik.

LG G6 saat ini sudah masuk tahap pre-order di 17 e-commerce ternama di Indonesia. Harganya Rp9.999.000. Jika Anda membeli selama masa pre-order, LG menawarkan berbagai promo menarik yang sayang untuk dilewatkan.

[table]Spesifikasi;LG G6
SoC;Qualcomm Snapdragon 821 quad-core
GPU;Adreno 530
Layar;FullVision IPS 5,7 inci (1440 x 2880 pixel)
RAM;4 GB
Memori Internal;64 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang dual-sensor 13 megapixel (OIS, 3-axis, PDAF) / Depan 5 megapixel f/2.2
Baterai;3300 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.2, A-GPS, GLONASS, WiFi a/b/g/n/ac, USB Type-C
OS;Android 7.0 Nougat (LG UX 6.0)
Fitur;Dolby Vision, HDR10, Always-On Display, sensor sidik jari, Quad DAC, IP68
Dimensi;148.9 x 71.9 x 7.9 mm (163 gram)
[/table]

Verified by MonsterInsights