Samsung Resmi Umumkan Galaxy S8 dan Galaxy S8+ dengan Infinity Display

Setelah melalui berbagai rumor yang beredar di dunia maya, Samsung akhirnya meresmikan smartphone premium terbaru mereka, Galaxy S8. Bahkan, tidak hanya satu, penerus Galaxy S7 ini juga hadir dalam varian yang memiliki ukuran layar lebih besar, yakni Galaxy S8+.

Infinity Display, tanpa tombol Home fisik

svg%3E

Sangat mudah untuk melihat perbedaan antara Galaxy S8 dan S8+ dengan generasi sebelumnya hanya dengan menatapnya sekilas. Pasalnya, di seri terbaru ini Samsung mengubah desain bagian depan smartphone secara signifikan.

Dalam acara nonton bareng peluncuran Galaxy S8 (New York) yang digelar di Jakarta, Rabu (29/3), Samsung menjelaskan bahwa Galaxy S8 dan S8+ mengusung teknologi infinity display dengan bezel atas dan bawah yang nyaris tidak ada serta sisi kiri dan kanan layar yang melengkung (edge screen). Konsep semacam ini memungkinkan rasio screen-to-body mencapai 83,6 persen!

svg%3E

Hasilnya adalah sebuah perangkat yang benar-benar berbeda. Dengan ‘memanjangkan’ layar ke atas dan bawah, artinya tidak ada lagi ruang untuk tombol Home fisik. Bahkan, logo Samsung yang biasanya selalu terpajang di atas layar pun kini sudah tidak ada.

Meski begitu, untuk tombol Home bukan berarti benar-benar dihilangkan. Samsung menyediakan tombol virtual di layar yang sensitif terhadap tekanan sehingga dapat menimbulkan efek feedback berupa getaran. Feedback tersebut akan memberikan sensasi layaknya menekan tombol fisik. Samsung menyebutnya sebagai ‘Invisible Home Button’.

Soal sensor sidik jari, kini posisinya berada di belakang tepat di sebelah kamera. Baik Galaxy S8 maupun Galaxy S8+ sama-sama memiliki sertifikasi IP68, yang artinya anti air serta debu. Kedua smartphone ini masih mengandalkan bodi yang didominasi bahan metal yang menawan, serta perlindungan Gorilla Glass 5 di depan dan belakang.

Hadir dengan Samsung Bixby

Seperti sudah dipastikan sebelumnya, Samsung Galaxy S8 dan S8+ menjadi smartphone pertama yang hadir dengan asisten pribadi virtual terbaru garapan mereka sendiri, yaitu Samsung Bixby.

svg%3E

Menurut Samsung, Bixby berbeda dengan asisten pribadi virtual lainnya yang ada saat ini. Pengguna tidak perlu belajar memahami cara Bixby bekerja, tapi justru Bixby yang akan mempelajari dan beradaptasi dengan penggunanya.

Ada tiga hal yang menjadi prioritas Samsung Bixby, yakni Completeness, Context Awareness, dan Cognitive Tolerance. Untuk lebih jelasnya mengenai Bixby, langsung saja klik tautan berikut ini.

svg%3E

Snapdragon/Exynos terbaru

Seri premium dari smartphone garapan Samsung tak pernah main-main untuk urusan performa. Terbukti, Galaxy S8 dan S8+ dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 835 atau Exynos 8895 untuk versi internasional, yang ditemani dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Perbedaan antara Galaxy S8 dan S8+ terletak pada baterai. Versi non-plus dibekali kapasitas 3000 mAh, sementara S8+ hadir dengan baterai lebih besar, yakni 3500 mAh. Keduanya sudah mendukung fungsi fast charging dan wireless charging.

svg%3E
Galaxy S8 dan S8+

Sedikit membahas layarnya, Galaxy S8 menggunakan ukuran 5,8 inci sementara Galaxy S8+ 6,2 inci. Resolusi keduanya sama, yakni 1440 x 2960 pixel. Resolusi yang tidak umum ditemui di smartphone kebanyakan karena dengan layar yang lebih panjang, aspect ratio-nya pun menjadi 18.5:9.

Untuk urusan fotografi, kamera belakang Galaxy S8 dan S8+ mengandalkan sensor 12 megapixel f/1.7 dengan PDAF, OIS, dan LED flash. Bagi yang gemar selfie, Samsung menawarkan kamera yang lebih menggiurkan di depan, yakni 8 megapixel f/1.7 lengkap dengan autofocus.

svg%3E

Yang lebih menarik, Samsung menyediakan berbagai sistem keamanan pada duo smartphone anyarnya. Selain sensor sidik jari dan sistem pembuka kunci lainnya yang biasa ditemukan pada smarpthone Android, di Galaxy S8 pengguna bisa memilih Iris Scanner (pendeteksi mata) dan Face Recognition (pendeteksi wajah).

Meluncur 21 April 2017

svg%3E

Samsung Galaxy S8 dan S8+ rencananya akan mulai dijual ke pasaran pada 21 April 2017 mendatang. Ada beberapa varian warna yang bisa dipilih, antara lain Midnight Black, Orchid Gray, Arctic Silver, Coral Blue, dan Maple Gold.

Soal harga, Galaxy S8 dijual di angka Rp10.499.000, sedangkan Galaxy S8+ dibanderol Rp11.999.000. Dalam paket penjualannya nanti, Samsung menyertakan earphone AKG.

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy S8
SoC;Qualcomm Snapdragon 835 / Exynos 8895 octa-core
GPU;Adreno 540 (snapdragon model)
Layar;Super AMOLED 5,8 inci (1440 x 2960 pixel)
RAM;4 GB
Memori Internal;64 GB
Kamera;Belakang 12 megapixel F/1.7 (Dual-Pixel, PDAF, OIS, LED flash) / Depan 8 megapixel F/1.7 with autofocus
Baterai;3000 mAh with fast charging
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 5.0, A-GPS, GLONASS, WiFi a/b/g/n/ac, USB Type-C
OS;Android 7.0 Nougat (TouchWiz UI)
Fitur;Sertifikasi IP68, Fingerprint scanner, iris scanner, invisible home button, Samsung Bixby, wireless charging, Samsung Dex
Dimensi;148.9 x 68.1 x 8 mm (155 gram)
[/table]

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy S8+
SoC;Qualcomm Snapdragon 835 / Exynos 8895 octa-core
GPU;Adreno 540 (snapdragon model)
Layar;Super AMOLED 6,2 inci (1440 x 2960 pixel)
RAM;4 GB
Memori Internal;64 GB
Kamera;Belakang 12 megapixel F/1.7 (Dual-Pixel, PDAF, OIS, LED flash) / Depan 8 megapixel F/1.7 with autofocus
Baterai;3500 mAh with fast charging
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 5.0, A-GPS, GLONASS, WiFi a/b/g/n/ac, USB Type-C
OS;Android 7.0 Nougat (TouchWiz UI)
Fitur;Sertifikasi IP68, Fingerprint scanner, iris scanner, invisible home button, Samsung Bixby, wireless charging, Samsung Dex
Dimensi;159.5 x 73.4 x 8.1 mm (173 gram)
[/table]