[MWC 2017] LG Resmi Umumkan G6, Smartphone Anti Air dengan Layar FullVision dan Kamera Ganda

Menjelang pembukaan ajang Mobile World Congress 2017 di Barcelona, LG secara resmi memperkenalkan G6, smartphone terbaru yang menjadi penerus G5. Berbeda dengan pendahulunya, LG G6 meninggalkan konsep smartphone modular yang nampaknya kurang diminati pasar.

Anti air

svg%3E

Tanpa mengusung konsep modular, LG G6 kini menjadi smartphone G-series pertama yang dibekali sertifikasi IP68. Ya, ini artinya smartphone tersebut memiliki bodi yang anti debu dan anti air hingga kedalaman 1 meter, serta sekaligus menandakan bahwa baterai 3300 mAh yang dibenamkan bersifat non-removable.

Secara desain, LG G6 tampil menawan dengan frame berbahan aluminium. Sudut-sudutnya dibuat melengkung agar mampu memberikan proteksi ekstra ketika terjatuh. Cover belakangnya dilindungi oleh Gorilla Glass 5, sementara di bagian depan menggunakan Gorilla Glass 3.

svg%3E

LG G6 akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Astro Black, Mystic White, dan Ice Platinum

Layar FullVision yang lapang

Salah satu fitur unggulan lain dari LG G6 adalah layarnya yang berukuran 5,7 inci IPS dengan resolusi 2880 x 1440. LG menyebut layar ini sebagai FullVision karena mendominasi hampir seluruh bagian depan smartphone dengan bezel yang tipis.

Soal fitur pendukungnya, LG G6 menjadi smartphone pertama yang mendukung Dolby Vision yang mampu memberikan pengalaman sinematik yang lebih baik berkat peningkatan kontras dan warna. Syaratnya, konten yang diputar juga harus dibuat dengan Dolby Vision atau HDR 10.

Terkait resolusi layarnya yang sedikit tidak umum, hal itu disebabkan karena G6 menggunakan aspect ratio 18:9 (bisa juga disebut 2:1). Artinya, layarnya dibuat lebih memanjang (bukan melebar) dengan tujuan agar smartphone ini tetap mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Kembali tawarkan sistem dual-camera

Satu kesamaan yang dibawa oleh LG dari G5 ke G6 adalah tentang sistem dual-camera di belakang. Walaupun demikian, tidak seperti G5 dan V20 yang menggunakan setup 16 megapixel + 8 megapixel, LG G6 hadir dengan sepasang sensor 13 megapixel.

svg%3E

svg%3E

Fungsinya tetap sama. Kamera yang satu memiliki sudut pandang yang normal yakni 71 derajat, sementara kamera yang satunya menawarkan wide-angle 125 derajat untuk hasil jepretan yang lebih luas.

Bagi yang gemar selfie, LG G6 dibekali kamera depan dengan sensor 5 megapixel. Kamera ini pun memiliki sudut lebar 100 derajat untuk memudahkan selfie dengan background yang luas atau wefie dengan banyak orang sekaligus.

svg%3E

Prosesor kencang dengan sistem pendinginan

Sebagai produk kelas atas, sektor performa jelas menjadi perhatian utama LG dalam mengembangkan G6. Smartphone ini dibekali SoC Qualcomm Snapdragon 821 dengan prosesor quad-core (2 x 2.35GHz Kryo dan 2 x 1.6GHz Kryo) dan GPU Adreno 530.

Selain itu, pengguna juga akan menemukan RAM 4 GB dan pilihan memori internal 32 GB atau 64 GB. Jika butuh ruang penyimpanan lebih, pengguna bisa memanfaatkan ketersediaan slot microSD.

Untuk menjaga suhu tetap dingin, LG G6 mengandalkan desain Advanced Heat Pipe yang diklaim mampu menghilangkan panas dengan cepat.

svg%3ETak ketinggalan, LG juga membenamkan Quad-DAC untuk memfasilitasi pengguna yang gemar mendengarkan musik dengan audio berkualitas tinggi. Tapi perlu diketahui, Quad-DAC kabarnya saat ini hanya ditujukan untuk G6 versi Korea Selatan.

Smartphone non-Pixel pertama dengan Google Assistant

LG G6 mengadopsi sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan user interface yang disebut Full-Screen UX. UI ini didesain untuk memaksimalkan tampilan pada layarnya yang menggunakan ratio 18:9.

Yang menarik, LG G6 adalah smartphone non-Pixel pertama yang dibekali Google Assistant. Sekadar mengingatkan, Google Assistant adalah fitur asisten pribadi di smartphone yang pintar dan bisa diperintah.

Dengan berbagai kecanggihan yang ditawarkannya, sayangnya LG belum bisa memberikan bocoran berapa harga G6 di pasaran nanti. Kepastian soal ketersediaannya pun saat ini masih tanda tanya. Kita tunggu saja update informasi tentang LG G6 dalam beberapa waktu ke depan!

Verified by MonsterInsights