[CES 2017] Linksys WRT32X: Gaming Router yang Dibekali Killer Mode

Produsen yang dikenal dengan perangkat-perangkatnya di ranah network, Linksys, memanfaatkan ajang CES 2017 Las Vegas untuk memperkenalkan jagoan terbarunya. Disebut Linksys WRT32X, ini adalah WiFi router pertama yang ditujukan khusus untuk hardcore gamer.

Dibekali Killer Mode

svg%3E

Linksys WRT32X WiFi Gaming Router tampil gahar dengan material kelas enterprise dalam balutan warna hitam. Salah satu fitur yang menjadi nilai jual utama dari router ini adalah teknologi Killer networking.

Sekilas tentang Killer, teknologi garapan Rivet Networks ini akan memprioritaskan traffic khusus untuk gaming saja, dibandingkan kegiatan lainnya yang juga membutuhkan koneksi internet seperti download atau streaming.

Artinya, gaming menjadi prioritas utama, lalu voice-chat untuk komunikasi berada di urutan selanjutnya. Pengalaman gaming yang maksimal adalah tujuan utamanya. Sementara koneksi untuk web browsing dan download harus sedikit mengalah walaupun pengguna yang berada di jaringan yang sama (dengan si gamer) tetap dapat melakukan kegiatan tersebut tanpa kendala.

svg%3E

Yang lebih menarik, Linksys WRT32X dibekali fitur bernama Killer Mode yang akan secara otomatis mendeteksi PC yang juga memiliki fitur Killer serupa. Nantinya, router akan melakukan sinkronisasi dan akan lebih mudah mengatur lalu lintas data di PC tersebut.

Gaming tanpa lag

svg%3E

Linksys WRT32X adalah router AC3200 (prosesor 1.8GHz dual-core) yang dikombinasikan dengan WiFi bandwidth 3200 megabits per detik. Router ini juga mendukung MU-MIMO dan Dynamic Frequency Selection (DFS).

Linksys mengklaim, WRT32X akan meminilasir latency dan memberikan pengalaman gaming bebas lag. Streaming video HD atau 4K sekalipun bukan masalah. Fungsi dual-band dari Linksys WRT32X juga akan mengurangi lagging meskipun ada lebih dari satu perangkat yang terhubung dengannya.

Bagi gamer yang berminat, Linksys WRT32X saat ini baru tersedia di Amerika Serikat dengan harga US$299.99 atau sekitar 4 juta rupiah. Peluncuran di negara-negara lainnya dijadwalkan menyusul dalam beberapa waktu ke depan.

Verified by MonsterInsights