Quantcast
Mobile GadgetNewsPilihanPonselSmartphone

100% Canggih Award: Inilah Deretan Smartphone Terbaik untuk 2016

Setiap tahun, perkembangan teknologi yang ditanamkan di smartphone selalu menarik perhatian. Untuk tahun 2016, ada berita duka. Jika pada tahun 2015 kita masih melihat ponsel berbasis OS Windows Phone dan BlackBerry OS, maka tahun 2016 merupakan berakhirnya era ponsel dengan dua sistem operasi tersebut. Sebagai gantinya, Samsung menghadirkan ponsel dengan OS Tizen di Indonesia.

Dengan begitu, Android semakin kukuh sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Dari puluhan ponsel Android yang beredar dan mampir ke kantor redaksi YANGCANGGIH.COM, ada beberapa yang layak mendapatkan predikat sebagai yang paling canggih di kelasnya.

logo awards smartphone

Sebagai catatan, hampir semua produk yang tidak masuk resmi ke Indonesia tidak diperhitungkan.

Smartphone Terbaik di Bawah 2 Juta Rupiah : Lenovo A7700
lenovo a7700 pasir

Menentukan ponsel terbaik di rentang harga ini merupakan tantangan tersendiri. Untuk tahun 2016, kami memilih Lenovo A7700. Ponsel penerus Lenovo A7000 ini berhasil menyajikan smartphone dengan desain minimalis, performa baik, serta fitur hiburan yang mumpuni.
Selain mengemas layar HD 720p, smartphone berbasis Android 6.0 ini juga dibekali speaker ganda lengkap dengan teknologi Wave MaxxAudio agar menonton video atau bermain game lebih memuaskan. Dengan kelebihannya di sektor hiburan, Lenovo A7700 kami nilai pantas menjadi smartphone terbaik 2016 untuk kelas harga di bawah 2 juta rupiah.

Smartphone Terbaik di kelas 2 – 3 Juta Rupiah: Xiaomi Redmi Note 3 Pro
Xiaomi Redmi Note 3

Rentang harga 2 juta hingga 3 juta rupiah dihuni oleh cukup banyak ponsel yang menjagokan berbagai aspek. Namun Xiaomi Redmi Note 3 Pro tampil di depan dengan paduan chipset terbaik di kelasnya dan kapasitas baterai yang tinggi.

Memadukan chipset Snapdragon 650, layar 5,5 inci, serta kamera utama 16 megapixel, Redmi Note 3 Pro termasuk smartphone dengan spesifikasi tertinggi di rentang harga tersebut.

Smartphone Terbaik di kelas 3-5 Juta Rupiah: ASUS Zenfone 3 ZE520KL
ASUS ZenFone 3 1

Dari sisi harga, Asus Zenfone generasi ketiga ini memang naik kelas. Untungnya, dari segi fitur dan spesifikasi, ponsel ini juga mengusung peningkatan yang signifikan.
Selain mengusung layar Full HD yang tajam, kamera 16 megapixel, serta chipset Qualcomm Snapdragon 625, ASUS Zenfone 3 juga dilengkapi fitur-fitur canggih yang relevan. Contohnya, fitur fotografi dan videografinya telah mengemas berbagai opsi fotografi kreatif untuk berbagai kondisi.
Dengan minimnya persaingan di kelas ini, ASUS Zenfone 3 berhasil tampil menonjol dan menyabet gelar smartphone terbaik di kelas harga 3 – 5 juta rupiah versi YANGCANGGIH.COM.

Smartphone Terbaik di kelas 5 – 8 Juta Rupiah: Huawei P9
Huawei P9 Gold

Di tengah tren ponsel kelas atas yang harganya lebih dari 7 juta rupiah, Huawei melawan tren dengan mengeluarkan Huawei P9 yang dijual di kisaran 6 jutaan rupiah. Namun walaupun relatif terjangkau, Huawei P9 telah mengemas sederetan fitur unggulan.

Salah satunya adalah fitur fotografi. Tidak tanggung-tanggung, Huawei menggandeng Leica untuk berkolaborasi merancang kamera P9. Hasilnya, Huawei P9 hadir dengan kamera ganda yang dioptimalkan untuk menangkap hasil foto berwarna dan monokrom. Selain itu, kameranya juga memiliki Optical Image Stabilization untuk hasil foto tajam di segala suasana.

Paduan spesifikasi tinggi, layar tajam, serta kamera berkualitas tinggi menghantarkannya sebagai ponsel terbaik di kelas 5 – 8 juta rupiah.

Smartphone Terbaik di atas 8 juta rupiah, Smartphone Terbaik 2016, Smartphone dengan Kamera Terbaik 2016: Samsung Galaxy S7 edge
samsung galaxy S7 edge always on

Desain tahan air, layar ekstra tajam, performa kencang, serta hasil foto yang amat baik menjadi hal yang melekat pada ponsel tercanggih Samsung tahun ini. Samsung Galaxy S7 mampu memadukan semua kecanggihan tersebut dalam sebuah perangkat yang cantik dan ergonomis.

Kualitas kamera Samsung Galaxy S7 juga layak menjadi sorotan, dengan hasil yang tajam dan respons yang nyaris instan. Dari pengujian kami, Samsung Galaxy S7 adalah ponsel yang paling menyenangkan untuk diajak memotret sejauh ini. Fitur HDR yang dimilikinya juga efektif dan tetap responsif.
Selain itu, Samsung Galaxy S7 juga mendukung wireless charging yang kini berjalan dengan lebih cepat serta kembali dilengkapi slot microSD.

Dengan sederetan keunggulannya tersebut, Samsung Galaxy S7 layak meraih dinobatkan sebagai smartphone terbaik untuk 2016.

Smartphone dengan Desain Terbaik 2016: Apple iPhone 7
Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus 1

Sesuai sejarah smartphone dalam satu dekade terakhir, desain Apple iPhone sering menjadi “panutan” yang diikuti produsen smartphone lain. iPhone 7 merupakan smartphone pertama Apple yang memiliki ketahanan air dan debu. Tidak hanya itu saja, iPhone 7 juga hadir dengan warna Jet Black mengkilap yang elegan.

Desain tombol Home juga lebih canggih. Kini tombol Home tidak menggunakan tombol dengan mekanisme fisik, tapi tombol yang dapat mengenali tekanan dan dapat meniru efek menekan tombol biasa.
Dengan desainnya yang canggih sekaligus minimalis, iPhone 7 layak kami ganjar smartphone dengan desain terbaik untuk 2016.

Smartphone Terbaik untuk Selfie 2016: Oppo F1s
OPPO F1s 7

Mengambil swafoto atau selfie kini telah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian pengguna smartphone. Tren tersebut menjadi pemicu munculnya smartphone dengan kamera depan yang dirancang khusus untuk memotret wajah.
Mengusung tagline Selfie Expert, Oppo F1s hadir dengan kamera depan 16 megapixel. Selain mengusung resolusi yang tinggi, kamera depan Oppo F1s juga dilengkapi beberapa fitur untuk memaksimalkan hasil swafoto.

Smartphone Paling Inovatif 2016: LG V20
LG V20 2 e1473315814276

Bicara smartphone tentunya tidak terbatas pada spesifikasi chipset, besaran RAM dan ROM serta ukuran megapixel kamera. Banyak fitur canggih lain yang bisa dikemas oleh sebuah smartphone yang canggih.

Misalnya, kualitas suara. Dengan DAC yang baik, keluaran suara akan lebih jernih dan kaya detail. Seperti yang dilakukan LG dengan V20 yang telah mengemas 4 DAC Hi-Fi. Fitur canggih lain juga ditemukan di sisi kualitas suara saat merekam video. LG V20 telah dibekali 3 mikrofon AOP untuk hasil rekaman suara lebih jernih dan lebih jelas.

Inovasi lain dapat ditemukan di kamera yang mengadopsi lensa dengan sudut pandang lebar. Hasilnya, wefie atau foto selfie bersama akan dapat dilakukan lebih mudah. LG V20 juga termasuk ponsel pertama yang kebagian OS Android versi 7.0 atau Nougat.

Yang paling menarik adalah layar kecil kedua yang ada di atas layar utama. Selain untuk menampilkan waktu dan informasi lain, layar kedua ini juga dapat diatur fungsinya mulai dari mengakses kontak atau beralih antar aplikasi. Dengan deretan inovasinya tersebut, LG V20 kami nobatkan sebagai smartphone paling inovatif di tahun 2016.

Jadi manakah ponsel favoritmu di tahun 2016? Suarakan opinimu di kolom komentar.

Back to top button