Google Assistant: Asisten Pribadi Pintar yang Bisa Diperintah

Setelah sempat diperkenalkan beberapa waktu yang lalu, Google Assistant baru-baru ini dipastikan siap meluncur bersama dengan smartphone Pixel dan Pixel XL. Dengan kehadiran Google Assistant, Google siap menyaingi fitur-fitur serupa seperti Apple Siri dan Microsoft Cortana.

Asisten pribadi yang pintar

google-assistant-5

Google Assistant bisa diakses langsung hanya dengan menekan tombol Home selama beberapa detik. Nantinya, pengguna bisa menanyakan banyak hal langsung lewat suara. Misalnya, bertanya tentang siapa orang yang pertama kali menciptakan Sushi, bertanya seputar jadwal penerbangan, cuaca hari ini, dan sebagainya.

Yang lebih menarik, pengguna juga bisa memberi perintah juga. Contoh, meminta Google Assistant memutar lagu jazz di speaker yang berada di ruang keluarga, membuat alarm untuk pergi ke gym, mengirim pesan, memutar video di YouTube, mematikan lampu dapur, dan masih banyak lagi.

Singkatnya, Google Assistant akan selalu siap membantu penggunanya untuk melakukan banyak hal. Sekilas beberapa fungsinya memang sudah ditemukan pada Google Now. Tapi Google Assistant menyediakan berbagai fitur tersebut dengan AI yang lebih cerdas dan didesain untuk berinteraksi melalui percakapan dengan penggunanya.

Google Pixel, smartphone pertama dengan Google Assistant

google-pixel-2

Seperti disebutkan di atas, perangkat pertama yang langsung dibekali Google Assistant secara built-in adalah Google Pixel dan Pixel XL. Meski begitu, Google Assistant bisa dicoba oleh mereka yang menggunakan aplikasi Google Allo maupung perangkat Google Home.

Nantinya kemungkinan besar Google akan menghadirkan Assistant di berbagai smartphone berbasis Android, smartwatch berbasis Android Wear, maupun perangkat di mobil yang mengadopsi sistem operasi Android.

Verified by MonsterInsights