Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)Mobile GadgetNewsSmartphone

YouTube Go: Lebih Hemat Kuota dan Bisa Berbagi Video Tanpa Internet

Tak dapat dipungkiri bahwa YouTube merupakan aplikasi yang sangat sering diakses oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Meski begitu, terkadang keterbatasan kuota internet menjadi penghalang bagi pengguna untuk bisa lebih bebas menikmati konten video yang mereka inginkan.

Berita baiknya, YouTube telah menyiapkan sebuah aplikasi baru yang diklaim akan lebih menghemat konsumsi kuota data. Apa saja yang berbeda dari aplikasi bernama YouTube Go ini?

Preview video sebelum ditonton

youtube-go

Secara garis besar YouTube Go memiliki fungsi streaming video yang sama dengan aplikasi YouTube yang ada sekarang. Namun yang menarik, dengan YouTube Go pengguna bisa lebih dulu melihat preview dari video yang akan mereka tonton.

Dengan preview tersebut pengguna bisa memutuskan apakah mereka akan melanjutkan untuk menonton atau tidak. Artinya, pengguna tidak akan membuang-buang kuota datanya pada video yang ternyata tidak menarik.

YouTube Go juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna menonton video secara offline. Pengguna bisa menyimpan video dan memilih ukuran file yang ingin mereka unduh. Jika ingin hemat, cukup memilih ukuran video yang terkecil.

youtube-go-3

Sharing video tanpa koneksi internet

Perbedaan lainnya yang ditawarkan oleh YouTube Go adalah fitur yang memungkinkan sesama pengguna saling berbagi video yang telah mereka unduh. Fitur ini membutuhkan sambungan antar perangkat lewat Bluetooth.

Dengan bantuan fitur tersebut, seorang pengguna bisa menonton video yang sudah diunduh lebih dulu oleh teman atau keluarganya. Hasilnya, kuota data tidak perlu terpakai dua kali untuk menonton video yang sama di perangkat yang berbeda, karena fitur ini tidak membutuhkan koneksi internet.

youtube-go-2

Siap meluncur dalam waktu dekat

YouTube Go diumumkan oleh Google dalam sebuah acara di India baru-baru ini, yang juga menjadi salah satu negara pertama yang bisa menikmati aplikasi tersebut. Meski siap dirilis dalam waktu dekat, belum ada tangga yang pasti soal peluncurannya. Ketersediaan di negara-negara lainnya pun masih menjadi misteri.

Tapi yang patut digarisbawahi, Google menjelaskan bahwa kehadiran YouTube Go diharapkan mampu membuat YouTube bisa dinikmati oleh siapa saja bahkan di daerah yang koneksi internetnya masih terbatas dan lambat.

Back to top button