Review Samsung Galaxy On7

Samsung dikenal sebagai produsen yang memiliki lini produk lengkap, mulai dari entry-level hingga kelas flagship yang menawarkan berbagai fitur premium. Sejak awal tahun 2016 hingga sekarang, jajaran smartphone Samsung yang beredar di Indonesia semakin ramai. Apalagi dengan kedatangan Galaxy On7 yang siap bersaing di range harga 2 jutaan.

Ingin tahu seperti apa smartphone yang dijual secara eksklusif di Lazada.co.id ini? Simak ulasannya:

Desain stylish dan memiliki kesan mewah

Samsung Galaxy On7 (9)

Beberapa smartphone Samsung yang meluncur belakangan ini selalu menawarkan desain yang menawan meski bermain di kelas menengah ke bawah. Galaxy On7 pun demikian. Tampil dengan sudut-sudut yang ergonomis, Samsung menggunakan bezel silver dengan sentuhan akhir glossy sehingga menimbulkan kesan elegan.

Back cover dari Galaxy On7 menjadi bagian yang paling wajib disorot. Meski berbahan plastik, back cover ini memiliki lapisan dengan tekstur seperti kulit yang sangat nyaman ketika bersentuhan dengan tangan, dan pastinya, tidak licin. Tekstur kulit sekaligus memberikan nilai plus karena mampu membuat Galaxy On7 lebih terlihat mewah.

Samsung Galaxy On7 tidak mengusung konsep unibody. Artinya, Anda bisa melepas cover belakangnya dengan mudah untuk mengganti baterai maupun mengakses slot SIM-card dan microSD. Selebihnya, desain Galaxy On7 tak memiliki perbedaan berarti dengan beberapa smartphone mereka sebelumnya dan tetap menyediakan tombol Home fisik di depan.

Layar lebar, audio standar

Jika Anda adalah pengguna yang menyukai layar berukuran lebar, maka Galaxy On7 layak masuk dalam daftar belanja Anda. Pasalnya, Samsung menyisipkan layar berukuran 5,5 inci yang sayangnya resolusinya masih sebatas 720p. Tentunya akan lebih memanjakan mata jika layar tersebut dibekali resolusi 1080p.

Samsung Galaxy On7 (10)

Harus digarisbawahi bahwa Galaxy On7 belum menggunakan layar dengan teknologi Super AMOLED yang biasanya selalu menjadi andalan Samsung. Walaupun demikian, dengan bekal layar TFT gambar yang ditampilkan sudah cukup baik. Penggunaan di bawah sinar matahari pun masih nyaman dengan syarat mengaktifkan mode outdoor. Satu hal yang disayangkan, layar ini belum didukung fitur untuk mengatur tingkat kecerahan secara otomatis.

Beralih ke audio, Samsung menanamkan speaker internal yang kualitasnya tergolong standar. Suara yang dikeluarkan terdengar jernih. Akan tetapi, kami menilai audio pada Galaxy On7 masih terasa kurang lantang meski Anda sudah mengaturnya ke volume tertinggi.

UI khas Samsung

Galaxy On7 mengadopsi sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop. Seperti diketahui, Samsung tergolong sebagai produsen smartphone yang jarang memodifikasi tampilan user interface khususnya untuk produk kelas menengah ke bawah mereka. Ketika menyalakan Galaxy On7, Anda pasti akan langsung mengenali UI-nya yang sangat khas Samsung.

Tidak ada yang istimewa dari UI Galaxy On7. Semua pengaturan dapat dijangkau dengan mudah baik melalui jendela notifikasi atau masuk ke menu Settings. Aplikasi ikonik Samsung seperti S Planner, Galaxy Apps, dan Smart Manager tetap bisa Anda temukan di sini.

Tak ketinggalan Samsung juga menyediakan fitur Ultra Data Saving pada smartphone yang sudah mendukung dual-SIM 4G ini. Sesuai namanya, melalui fitur tersebut Anda dapat menghemat penggunaan kuota data internet.

Kamera bisa diandalkan

Samsung membenamkan sensor 13 megapixel di belakang lengkap dengan autofocus serta LED flash untuk memfasilitasi pengguna yang sering mengabadikan momen sehari-hari. Bagi yang gemar selfie, di depan ada kamera 5 megapixel.

Samsung Galaxy On7 (2)

Tidak ada fitur spesial yang dibenamkan untuk mendukung kamera Galaxy On7. Samsung tetap menyediakan mode Pro yang memungkinkan pengguna mengatur White Balance, ISO, dan exposure secara manual. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan mode lainnya seperti Panorama, Continuous Shot, dan Beauty Face.

Hasil jepretannya lumayan untuk diadu dengan para pesaingnya di kelas yang sama. Bahkan bisa dibilang, cukup baik di kondisi cahaya yang cukup. Tajam dengan keluaran warna yang natural. Kamera selfie dari Galaxy On7 pun mampu memberikan hasil foto yang lumayan bagus untuk Anda pamerkan di media sosial. Yang perlu digarisbawahi, Anda bisa dengan cepat mengakses kamera hanya dengan menekan tombol Home dua kali.

Penasaran dengan hasil foto dari kamera Samsung Galaxy On7? Berikut kami sajikan beberapa foto yang sempat kami abadikan. Hasil lebih lengkap bisa Anda lihat di akun Flickr YangCanggih.com.

Hasil Kamera Samsung Galaxy On7 (8)

Hasil Kamera Samsung Galaxy On7 (1)

Performa kurang menarik

Sebagai smartphone 2 jutaan, sektor performa nampaknya tidak menjadi nilai jual utama dari Galaxy On7. Ini terlihat dari SoC yang dibenamkan oleh Samsung, yakni Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1.2 GHz dan GPU Adreno 306.

Ditemani RAM 1.5 GB, performa yang dihasilkan sesungguhnya masih cukup untuk menjalankan aplikasi sehari-hari. Namun jika Anda ingin bermain game 3D yang berat, sedikit lag pastinya akan Anda temui walaupun belum dalam taraf yang terlalu mengganggu permainan.

Untuk mengunduh game 3D yang berukuran besar pun harus Anda pertimbangkan karena Samsung hanya menyediakan memori internal sebesar 8 GB (tersisa 4,4 GB yang bisa digunakan). Untungnya, masih ada slot microSD yang mampu menampung hingga kapasitas 128 GB.

Untuk lebih jelasnya mengenai performa dari Galaxy On7, berikut kami tampilkan hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark yang kami unduh di Google Play Store:

Baterai lumayan besar

Samsung Galaxy On7 dibekali baterai 3000 mAh. Lumayan besar untuk mendukung aktivitas Anda sejak pagi hingga sore hari. Tapi perlu diingat, semua itu kembali kepada tipe pemakaian masing-masing pengguna. Hasil pengujian yang kami lakukan menggunakan PCMark (Battery Test) pun menunjukkan angka yang menurut kami biasa saja.

Seperti pada smartphone Samsung yang lainnya, jika baterai sudah menipis dan Anda belum bisa menemukan sumber listrik untuk mengisi ulang daya, Anda dapat mengaktifkan fitur Power Saving maupun Ultra Power Saving.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Galaxy On7 sesungguhnya merupakan smartphone Android yang cukup baik, khususnya bila Anda menginginkan perangkat dengan desain yang bagus dan menyukai brand Samsung yang sangat populer di Indonesia. Apalagi, kamera smartphone ini tergolong bisa diandalkan untuk memotret sehari-hari.

Samsung Galaxy On7 (11)

Namun yang pasti, masih ada beberapa sektor yang menurut kami kurang mewakili harga jualnya. Sebut saja memori internal yang hanya berkapasitas 8 GB (tersisa 4,4 GB) maupun performa yang kurang bertenaga untuk disejajarkan dengan smartphone lainnya di range harga setara.

Dibanderol Rp2.699.000 dan bisa didapatkan secara eksklusif di Lazada.co.id pada 29 Agustus hingga 4 September 2016, Samsung Galaxy On7 cocok bagi Anda yang membutuhkan smartphone dengan layar lebar dan kamera yang mumpuni di kelasnya, serta hadir dalam balutan desain yang stylish.

Yang Canggih:

+ Desain stylish dan menarik
+ Layar lebar namun bodinya tetap ramping
+ Kamera cukup baik di kelasnya
+ Dual-SIM 4G
+ Dibekali fitur penghemat kuota data

Yang Kurang:

– RAM dan memori internal relatif kecil untuk kelasnya
– SoC kurang menarik di kelasnya
– Layar tanpa pengaturan tingkat kecerahan otomatis
– Harga relatif tinggi untuk spesifikasinya

Alternatif Lain:

Jika Anda tetap menginginkan smartphone layar lebar berdesain bagus tapi membutuhkan performa lebih kencang dan memori internal serta RAM yang lebih lega, Xiaomi Redmi Note 3 yang dibanderol Rp2.599.000 (garansi resmi) mungkin bisa menjadi alternatif yang layak dilirik.

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy On7
SoC;Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core Cortex-A53 1.2 GHz
Layar;TFT 5,5 inci 720p
RAM;1.5 GB
Memori Internal;8 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 13 megapixel (autofocus dan LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai;3000 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.1, A-GPS, GLONASS, WiFi 802.11 b/g/n, microUSB
OS;Android 5.1.1 Lollipop
Fitur;Ultra Data Saving
Dimensi;151.8 x 77.5 x 8.2 mm (berat 172 gram)
[/table]

Verified by MonsterInsights