Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)Mobile GadgetSmartphoneTips

[Tips] Cara Mencegah Informasi Akun WhatsApp Digunakan oleh Facebook

Update terbaru dari WhatsApp membawa kebijakan berbeda yang belum pernah mereka terapkan sebelumnya sejak diakuisisi Facebook. Kini, nomor yang terdaftar di WhatsApp Anda bisa diketahui oleh jejaring sosial terbesar di dunia itu.

WhatsApp feat image

Untuk apa? Menurut halaman FAQ (Frequently Asked Questions) milik WhatsApp, sharing nomor WhatsApp ke Facebook dapat membantu mereka melawan Spam dengan lebih efisien. Facebook menjelaskan bahwa dengan nomor WhatsApp Anda, mereka akan lebih mudah menampilkan iklan sesuai dengan produk yang familiar  atau sesuai dengan keinginan Anda.

Tak hanya itu, dengan fitur tersebut Facebook dapat meningkatkan product experience dengna lebih baik lagi. Sayang, tidak dijelaskan bagaimana mungkin hanya dengan bermodal nomor telepon hal ini bisa dilakukan.

Untungnya, Facebook tidak akan bisa melihat pesan apapun yang Anda kirim atau terima selama menggunakan WhatsApp berkat adanya fitur end-to-end encryption. Informasi terkait nomor Anda pun tidak akan dipublikasikan di Facebook.

Namun jika Anda benar-benar tidak ingin informasi pada akun WhatsApp Anda digunakan oleh Facebook, ada cara yang mudah untuk mencegahnya. Simak langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi WhatsApp.

2. Untuk Android, tekan tanda ‘tiga titik vertikal’ di pojok kanan atas, lalu pilih Settings. Bagi pengguna iOS, pilih tab Settings di pojok kanan bawah.

3. Pilih Account

4. Hilangkan tanda checklist di ‘Share My Account Info’.

WhatsApp Sharing Facebook (4)

5. Anda akan ditanya apakah Anda yakin ingin menghentikan fitur sharing informasi akun WhatsApp ke Facebook atau tidak. Jika ya, pilih Don’t Share.

WhatsApp Sharing Facebook (1)

Catatan: Perlu diketahui bahwa ketika memilih Don’t Share, Anda tidak akan bisa mengubahnya lagi di masa depan. Artinya, ini keputusan yang hanya bisa Anda lakukan sekali saja.

Back to top button