Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo VIBE K5 Plus (RAM 3 GB)

Lenovo termasuk perusahaan yang sangat rajin meluncurkan smartphone Android di kelas menengah. Cukup banyak pula yang sudah hadir di Indonesia dan seringkali mendapat sambutan yang positif dari para pengguna.

Yang terbaru, Lenovo menawarkan versi berbeda dari VIBE K5 Plus yang dibekali dengan RAM lebih besar, yakni 3 GB. Sama seperti saudaranya, di smartphone ini Lenovo kembali mengendepankan fitur TheatreMax sebagai nilai jual utama.

Seperti apa keunggulan dari VIBE K5 Plus (RAM 3 GB)? Langsung saja simak ulasannya:

Desain memiliki kesan premium

lenovo vibe k5 plus depan

Lenovo menghadirkan VIBE K5 Plus dengan kombinasi material plastik dan aluminium dengan balutan warna Champagne Gold yang mewah. Secara desain nampak cukup menawan dengan sudut-sudut yang ergonomis dan frame-nya yang memiliki sentuhan chrome sehingga terkesan lumayan premium.

Bahan plastik yang berkualitas terasa mendominasi cover bagian belakang. VIBE K5 Plus tergolong ringan dengan berat sekitar 142 gram. Berbekal layar berukuran 5 inci, smartphone ini tidak memiliki bodi yang terlalu lebar sehingga mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Selain itu, VIBE K5 Plus pun sangat nyaman ketika bersentuhan dengan tangan. Bodinya tidak licin yang artinya mengurangi kemungkinan lepas dari genggaman. Soal ketebalan, ukuran 8,2 mm masih lumayan tipis untuk dapat dimasukkan ke dalam saku celana. Cover belakang VIBE K5 Plus pun bisa dibuka, dan Anda dapat dengan mudah mengakses slot SIM-card, microSD, maupun melepas baterai.

Layar 5 inci yang tajam

Layar menjadi salah satu sektor yang paling menarik dari VIBE K5 Plus. Bagaimana tidak, smartphone dengan banderol 2 jutaan rupiah ini sudah mengadopsi teknologi IPS 5 inci dengan resolusi Full HD (1080×1920) 440 ppi. Penawaran yang menggiurkan bagi Anda yang gemar menikmati konten multimedia.

lenovo-smartphone-vibe-k5-plus-hd-display-2

Tak hanya itu, layar ini juga responsif terhadap sentuhan dan tidak mengalami penurunan kualitas ketika dilihat dari sudut yang menyamping. Penggunaan di bawah sinar matahari pun terbilang lumayan dan tidak membuat mata kesulitan melihat tampilan pada layar.

Untuk urusan audio, Lenovo kembali membenamkan fitur Dolby Audio yang terbukti membantu meningkatkan kualitas suara di smartphone-smartphone mereka sebelumnya. Pada VIBE K5 Plus, audio yang dihasilkan terdengar lantang dan jernih meski belum dalam taraf yang wah.

Lenovo VIBE K5 Plus Dolby Atmos

Namun untuk menikmati konten VR, posisi speaker yang hanya terletak di satu sisi kurang memberikan nuansa surround yang nyata. Kami sarankan Anda menggunakan headset agar dunia virtual terasa lebih hidup.

VIBE UI yang sederhana, TheaterMax tetap jadi andalan

Lenovo VIBE K5 Plus mengadopsi Android 5.1 Lollipop yang tampilannya dimodifikasi dengan user interface khas Lenovo, yaitu VIBE UI. Tetap tampil sederhana dan memudahkan akses ke berbagai fitur atau aplikasi. Sama seperti K4 Note, VIBE K5 Plus mengandalkan fitur bernama TheaterMax.

Sedikit membahas fitur ini, singkatnya TheaterMax merupakan akses cepat untuk masuk ke dunia Virtual Reality. Ketika mengaktifkannya, semua konten dapat diubah menjadi konten VR dan bisa dinikmati dengan berbagai headset VR, misalnya Cardboard atau ANTVR yang termasuk dalam paket penjualan di hari perdana peluncurannya.

Bagi yang belum pernah mencobanya, TheaterMax bisa diaktifkan dengan menekan tombol power selama 2-3 detik, lalu pilih ‘VR Split Screen Mode’, dan sisipkan VIBE K5 Plus di headset VR. Ya, semudah itu. Ketika mode ini aktif Anda bisa menikmati konten seperti video atau game dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Kamera standar

Lenovo memang menitikberatkan fitur terbaik di VIBE K5 Plus pada sektor pendukung multimedia seperti layar, audio, dan TheaterMax. Tak heran jika kamera bukan menjadi daya tarik utama dari smartphone ini.

Berbekal sensor 13 megapixel di belakang lengkap dengan dukungan autofocus dan lampu flash, VIBE K5 Plus menawarkan kamera utama yang tergolong standar. Tidak ada fitur khusus yang disediakan, termasuk untuk kamera depan 5 megapixel.

UI kameranya juga sangat sederhana. Hanya ada tiga pilihan mode, yakni Normal, Panorama, dan Effects yang berisi beberapa filter. Meski tidak ada mode khusus untuk pengaturan secara manual, Anda tetap bisa memodifikasi pengaturan seperti ISO, White Balance, Scene Mode, dan Metering Method.

Hasil kameranya terbilang biasa saja. Masih lumayan khususnya untuk pemotretan di kondisi cahaya yang cukup. Untuk selfie pun VIBE K5 Plus masih bisa memberikan kualitas foto yang tidak buruk untuk di-posting ke sosial media. Namun di kondisi cahaya yang temaram, hasilnya kurang tajam.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil foto dari kamera Lenovo VIBE K5 Plus (RAM 3 GB). Hasil yang lebih lengkap juga bisa dilihat di akun Flickr YangCanggih.com.

Hasil Kamera Lenovo VIBE K5 Plus (1)

Hasil Kamera Lenovo VIBE K5 Plus (7)

Performa khas smartphone 2 jutaan

Sama seperti kamera, hardware pendukung performa yang tersedia di VIBE K5 Plus juga terbilang biasa saja tapi masih cukup untuk menangani berbagai kebutuhan. Sebut saja SoC Qualcomm Snapdragon 616 dengan prosesor octa-core. Untungnya RAM yang kini tersedia lebih besar (3 GB) sehingga lebih nyaman mendukung multitasking.

Ruang penyimpanan data internal yang ditanamkan oleh Lenovo berkapasitas 16 GB. Jika masih kurang, Anda bisa memanfaatkan slot microSD.

Secara performa memang tak ada yang spesial dari VIBE K5 Plus. Khas smartphone 2 jutaan. Tidak bisa dibilang kencang, namun tidak bisa juga disebut buruk karena VIBE K5 Plus masih sanggup menjalankan berbagai aplikasi sehari-hari dengan lancar. Bahkan, untuk mendukung game 3D dan konten VR sekalipun.

Agar lebih menjelaskan seperti apa performa dari smartphone ini, langsung saja simak hasil-hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai cukup meski kurang besar

Mengandalkan kapasitas 2750 mAh, di atas kertas Lenovo VIBE K5 Plus punya modal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan sebuah perangkat yang bisa menemani mereka seharian penuh. Untuk pemakaian normal, ya, baterai tersebut mencukupi setidaknya hingga sore hari.

Akan tetapi, sebagai smartphone multimedia yang mengutamakan TheaterMax sebagai nilai jualnya, kami merasa akan lebih menarik jika baterai yang dibenamkan lebih besar. Kapasitas di atas 3000 mAh tentunya akan membuat Anda lebih lama menikmati konten seperti video, games, atau VR.

Berikut kami tampilkan hasil pengujian baterai dari VIBE K5 Plus (RAM 3 GB) menggunakan aplikasi PCMark for Android (Battery Test):

Bundling dengan Smartfren 4G LTE

Bagi Anda yang belum tahu, Lenovo VIBE K5 Plus (RAM 3 GB) hadir dalam paket bundling dengan kartu perdana Smartfren 4G LTE. Penawaran yang cukup menarik mengingat Smartfren memiliki jaringan 4G yang luas di 188 kota di Indonesia.

Lenovo VIBE K5 Plus VIBE UI (2)

Tak hanya itu, VIBE K5 Plus juga telah mendukung fitur VoLTE milik Smartfren secara native (tidak perlu aplikasi tambahan). Artinya, Anda bisa menikmati panggilan telepon yang jauh lebih cepat, lebih jernih, dan bisa beralih dengan mudah ke video call.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun dijual bersama dengan kartu perdana Smartfren, Anda tetap bisa menggunakan SIM-card dari operator lainnya.

Kesimpulan

Secara garis besar sesungguhnya VIBE K5 Plus adalah sebuah smartphone yang lumayan. Apalagi dengan banderol harganya yang cukup kompetitif, namun tetap menawarkan spesifikasi dan fitur yang menarik. Misalnya layar Full HD, RAM yang meningkat menjadi 3 GB, serta TheaterMax.

lenovo vibe k5 plus kamera flash

Bundling dengan Smartfren 4G LTE menjadi nilai plus tambahan karena operator ini memiliki jaringan yang luas di berbagai penjuru di Indonesia, kencang, dan tergolong cukup stabil.

Meski begitu, ada beberapa sektor yang menurut kami bisa lebih ditingkatkan lagi, contohnya kamera dan baterai. Walaupun mungkin konsekuensinya adalah lebih sulit untuk menekan harga di level yang sama seperti banderol harga sekarang.

Dijual di angka Rp2.499.000, Lenovo VIBE K5 Plus (RAM 3 GB) adalah salah satu pilihan yang menarik bagi Anda yang mencari smartphone dengan kemampuan multimedia mumpuni namun memiliki budget yang tidak terlalu besar.

Yang Canggih:

+ Layar sudah Full HD
+ Audio dengan dual-speaker dan didukung Dolby ATMOS
+ Dibekali fitur TheaterMax
+ RAM lebih lega
+ Bundling Smartfren 4G dan mendukung VoLTE native
+ Harga kompetitif

Yang Kurang:

– Kamera kurang memuaskan untuk pemotretan indoor atau di kondisi cahaya yang minim
– Daya tahan baterai kurang lama
– Pengalaman VR biasa saja, dengan resolusi tampilan yang masih standar

[table]Spesifikasi;Lenovo VIBE K5 Plus
SoC;Qualcomm Snapdragon 616
Layar;IPS 5 inci 1080p
RAM;3 GB
Memori Internal;16 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 13 megapixel (autofocus dan LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai;2750 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.1, A-GPS, WiFi 802.11 b/g/n, microUSB, support OTG
OS;Android 5.1 Lollipop
Fitur;Dolby Atmos, TheaterMax
Dimensi;142 X 71 X 8.2 mm (berat 142 gram)
[/table]
Back to top button