Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)Mobile GadgetSmartphoneTips

[Tips] Memaksimalkan Fitur Offline di Aplikasi Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi yang sangat berguna khususnya jika Anda sedang bepergian ke luar negeri. Apapun lokasi yang Anda tuju, tak perlu khawatir tersesat jika Google Maps selalu terhubung ke internet.

Google Maps

Namun tentunya, tidak semua negara menawarkan koneksi internet yang murah. Salah satu cara menghemat yang paling mudah adalah mencari WiFi gratis yang sayangnya, tidak semua tempat menyediakannya. Karena itu, Anda harus memanfaatkan fitur Google Maps Offline.

Secara singkat, fitur Offline ini memungkinkan Anda untuk tetap menggunakan Google Maps sebagai alat bantu navigasi Anda tanpa membutuhkan koneksi internet. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan fitur Offline ketika berkunjung ke luar negeri:

Mengunduh peta yang Anda butuhkan

Ketika masih berada di rumah atau kantor, Anda dapat lebih dulu mengunduh peta dari kota/negara yang akan Anda kunjungi. Gunakan koneksi WiFi agar hemat kuota. Caranya mudah:

1. Pilih icon ‘tiga garis horizontal’ yang ada di kolom Search pada Google Maps.

2. Pilih Offline Areas.

3. Pilih tanda + dalam lingkaran berwarna biru di pojok kanan bawah.

4. Lalu tentukan area yang ingin Anda download

Simpan peta offline ke microSD

Ukuran file dariĀ peta yang Anda unduh bervariasi, tergantung seberapa luas areanya. Semakin luas semakin besar pula ukuran file-nya. Ini tentunya akan menghabiskan memoriĀ internal pada smartphone Anda.

Google Maps Offline (2)

Untungnya bagi Anda pengguna smartphone berbasis Android, Google kini menyediakan opsi untuk menyimpan file dari Google Maps ke microSD. Ketika Anda hendak mengunduh peta dan Google Maps bertanya lokasi untuk menyimpan file tersebut, Anda hanya perlu memilih SD Card lalu tap OK.

Mengaktifkan opsi WiFi Only

Mengaktifkan WiFi Only membuat Google Maps hanya bekerja ketika terhubung ke WiFi. Caranya mudah:

1. Pilih icon ‘tiga garis horizontal’ yang ada di kolom Search pada Google Maps.

2. Scroll ke bawah

Google Maps Offline

3. Pilih Settings lalu aktifkan WiFi only

Dalam mode WiFi Only, peta yang sudah Anda unduh tetap bisa Anda gunakan. Mengaktifkan mode ini di Google Maps pun tidak akan berpengaruh pada aplikasi yang lainnya. Artinya, aplikasi lainnya tetap bisa digunakan secara normal. Bahkan, mengaktifkan mode WiFi Only di Google Maps dipercaya bisa membantu menghemat baterai.

Oh iya, semua tips di atas juga bisa Anda terapkan untuk kebutuhan sehari-hari, lho! Misalnya bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek. Unduh peta Jakarta dan sekitarnya saat terhubung dengan WiFi, dan Google Maps akan memandu perjalanan Anda ke tempat tujuan tanpa harus menghabiskan kuota data. Selamat mencoba!

Back to top button