Quantcast
2-in-1 notebookKomputerLaptopNewsPilihanTablet PCUltraportable

5 Fitur yang Wajib Dimiliki Sebuah Laptop untuk Keluarga

Saat ini, keberadaan PC atau komputer pribadi di rumah telah menjadi kebutuhan keluarga modern. Tidak hanya generasi muda, tapi orang tua juga akan merasakan manfaat nyata sebuah komputer.

Sementara orangtua bisa menggunakannya untuk bekerja, anak-anak dapat memanfaatkannya untuk mendukung proses belajar. Dan yang tak kalah penting, komputer juga bisa menyediakan berbagai hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Jika dulu pilihan komputer untuk keluarga lebih terbatas pada komputer desktop, kini laptop juga dapat menjadi komputer keluarga yang handal. Banyaknya variasi model yang tersedia, dengan harga mulai dari 3 jutaan menjadikannya dapat dijangkau lebih banyak segmen.

Sedangkan performanya juga terus meningkat, sehingga membuatnya ideal untuk berbagai keperluan. Terobosan Intel dalam prosesor untuk laptop mampu memberikan kinerja lebih baik dengan konsumsi daya lebih efisien.

Lalu apa saja yang harus dimiliki sebuah laptop keluarga yang ideal? Berikut 5 fitur yang wajib dimiliki sebuah laptop untuk keluarga.

1. Layar besar
big screen laptop Dell Inspiron 17 7000

Layar dengan ukuran yang lebar akan membuat segala kegiatan yang dilakukan di komputer terasa lebih nyaman. Misalnya ketika menelusuri dunia maya, mengedit foto, atau mengerjakan tugas sekolah. Layar yang lebar juga lebih memungkinkan untuk menikmati konten video bersama dengan seluruh anggota keluarga.

Bahkan dengan laptop 2-in-1, layar dapat dilipat sehingga laptop berubah menjadi tablet dengan layar ekstra besar. Saat menjalankan beberapa game atau aplikasi yang dioptimalkan untuk beberapa pengguna sekaligus (seperti game Monopoly untuk Windows), laptop otomatis akan menjadi pusat hiburan keluarga yang interaktif.

Untuk sebuah laptop keluarga, kami merekomendasikan layar berukuran minimal 13 inci. Selain 13 inci, saat ini juga tersedia laptop dengan layar 14 inci, 15,6 inci dan 17 inci. Dengan ukuran layar yang lebih luas, menikmati video, foto, atau bermain game bersama-sama akan lebih seru.

Meski layar lebar terasa lebih memuaskan, perlu diingat pula bahwa ukuran yang lebih besar akan membuat laptop semakin berat saat dibawa.

2. Kapasitas besar

komputer dan hard disk eksternal

Setiap anggota keluarga tentunya ingin menyimpan file-file mereka sendiri, baik itu file pekerjaan atau tugas sekolah, ratusan hingga ribuan foto, serta video dan film HD yang ukurannya mampu membuat ruang penyimpanan data sesak dalam sekejap. Semakin banyak orang yang menggunakan sebuah komputer, semakin cepat pula hard disk menjadi penuh.

Jika dana memungkinkan, pilih unit dengan kapasitas hard disk yang besar. 1 TB (terabyte) kini telah menjadi besaran kapasitas yang cukup standar untuk saat ini. Bagi yang memilih laptop dengan media penyimpanan SSD, Anda bisa menggunakan hard disk eksternal untuk menambah kapasitas penyimpanan SSD yang rata-rata masih di bawah 500GB.

3. Konektivitas lengkap
Acer predator 17 (11)

Untuk menjadikan laptop sebagai pusat hiburan keluarga, pilihlah yang memiliki konektivitas lengkap. Misalnya, pastikan konektor USB yang dimilikinya lebih dari 2 port. Pilih juga yang memiliki koneksi HDMI sehingga mudah dihubungkan ke televisi atau perangkat display layar besar lainnya.

4. Kartu grafis performa tinggi

Acer predator 17 (8)

Mengingat hampir semua laptop tidak bisa diganti kartu grafisnya, maka pilihan kartu grafis menjadi penting bagi pengguna yang ingin menggunakan laptop tersebut untuk bermain game atau melakukan video editing.

Untuk laptop dengan prosesor Intel generasi terbaru seperti Broadwell atau Skylake, chip grafis terintegrasinya memang sudah cukup mumpuni untuk sebagian game yang beredar. Namun untuk performa grafis lebih baik, pertimbangkan juga laptop dengan GPU (Graphics Processing Unit) keluaran AMD dan GeForce.

Bagi pengguna yang benar-benar menginginkan performa multimedia dan game terbaik, ada baiknya memilih laptop gaming yang memang dibangun dengan performa yang amat baik. Dengan kinerja grafis yang amat baik, laptop gaming juga lebih dari memadai untuk memutar video Full HD, bahkan video 4K.

5. Kualitas software bawaan

Konten Edukasi Intel

Biasanya berbagai vendor menawarkan bonus berupa software bawaan yang menarik di paket penjualannya. Jangan lewatkan penawaran tersebut, khususnya apabila software yang ditawarkan adalah antivirus berkualitas. Ingat, antivirus sangat dibutuhkan karena Anda tidak pernah tahu kapan salah satu anggota keluarga Anda membuka website penuh malware atau flash disk berisi virus.

Tidak hanya antivirus, software bawaan yang sangat bermanfaat untuk keluarga juga bisa berupa konten pendidikan. Software semacam ini dapat memfasilitasi metode belajar yang lebih efektif untuk anak-anak baik di sekolah maupun di rumah.

Contohnya adalah software pendidikan dari Intel yang memuat cukup banyak Buku Sekolah Elektronik yang disediakan oleh Mahoni.com, video-video pembelajaran terkait materi sekolah garapan Inibudi.org, dan kumpulan soal-soal ujian dari Kelase. Software pendidikan Intel bisa Anda dapatkan secara gratis dengan membeli laptop di showroom Columbia, dan bisa dinikmati tanpa membutuhkan koneksi internet.

Dengan laptop yang memadai, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan menyenangkan. Tidak hanya dari sisi hiburan, tapi juga dari sisi belajar dan produktivitas akan dapat dipenuhinya. Bahkan jika dibutuhkan, Anda atau anggota keluarga lain juga bisa membawanya ke luar rumah.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai laptop untuk keluarga, silakan tanyakan di kolom komentar.

Back to top button