Quantcast
Mobile GadgetNewsWearable

Apple watchOS 3: Performa Lebih Cepat, Navigasi Lebih Sederhana

Tidak hanya memperkenalkan iOS 10, dalam acara WorldWide Developer Conference kemarin Apple juga mengumumkan watchOS 3, software baru yang ditujukan untuk perangkat wearable mereka, Apple Watch.

Membuka aplikasi lebih cepat

Salah satu peningkatan yang dihadirkan Apple di watchOS 3 adalah proses membuka aplikasi yang kini lebih kencang. Ini dimungkinkan karena watchOS 3 menyimpan aplikasi favorit pengguna di memori dan membiarkan background update tetap aktif. Untuk mendukung hal ini, Apple juga menyediakan dock baru guna mengumpulkan aplikasi-aplikasi apa saja yang menjadi favorit.

Pengguna watchOS 3 juga akan menemukan Control Center dengan tampilan baru, yang bisa dibuka hanya dengan melakukan swipe dari bawah ke atas.
WatchOS3_HeroAlt_3Up_PR-PRINT

Menerima dan membalas pesan lebih praktis

Membalas pesan yang masuk di watchOS 3 akan lebih mudah karena fitur smart reply bisa langsung diakses dengan cara scroll ke bawah ketika membuka pesan. Ada fitur baru bernama Scribble, yaitu mengubah sapuan jari pada layar (handwriting) menjadi teks.

Pengguna juga bisa membalas pesan menggunakan sticker, full-screen effect, dan invisible ink yang baru akan muncul ketika si penerima pesan melakukan swipe pada pesan tersebut. Tak lupa fungsi SOS juga ditingkatkan agar lebih memudahkan pengguna untuk meminta bantuan di keadaan darurat.

Memberi motivasi untuk berolahraga

WatchOS3_Bootcamp_ActivitySharing_PR-PRINTKhusus bagi pengguna yang malas berolahraga, watchOS 3 dapat membantu meningkatkan motivasi dan semangat untuk terus bergerak. Hal ini dimungkinkan karena pengguna bisa saling berbagi, membandingkan, bahkan berkompetisi dengan teman, keluarga, atau personal trainer terkait kegiatan olahraga mereka.

Nantinya, pengguna akan menerima notifikasi setiap temannya berhasil mengalami kemajuan saat berolahraga. Dari notifikasi tersebut, pengguna bisa saling berkomunikasi dengan temannya dan merayakan keberhasilan yang mereka raih.

Watch face baru

Salah satu fitur yang paling menarik ketika memiliki smartwatch adalah bisa mengganti watch face (tampilan jam) sesuka hati. Di watchOS 3, pergantian watch face didesain agar lebih praktis dan pengguna lebih mudah melakukan modifikasi pada tampilannya.WatchOS3_Hero_Tumbles_PR-PRINTSelain itu, beberapa aplikasi pun bisa langsung dijalankan melalui watch face, seperti Workout, Music, atau Messages. Apple tak lupa menyediakan watch face baru seperti Minnie Mouse, Activity, dan Numerals.

Meluncur tahun ini

Sama seperti iOS 10, Apple juga berencana meluncurkan update watchOS 3 secara gratis kepada pengguna Apple Watch pada musim gugur mendatang.

Back to top button