Quantcast
Mobile GadgetNewsReviewSmartphone

Review ZTE Blade V7 Lite

Selama ini ada semacam anggapan jika material logam atau metal dan fitur fingerprint scanner alias pemindai sidik jari hanya dihadirkan di smartphone premium. ZTE rupanya berhasil mematahkan anggapan tersebut dengan kehadiran Blade V7 Lite.

Review-ZTE-Blade-V7-LiteDibanderol kurang dari 2 juta rupiah, ZTE Blade V7 Lite hadir dengan segala kelebihan yang ada di smartphone premium. Kehadiran desain berbasis metal, fitur fingerprint scanner, dan OS Android 6.0 Marshmallow tentunya menjadi daya tarik dari smartphone ini. Lalu, bagaimana dengan performa keseluruhan?

Desain mewah di balik harga murah

Meskipun menjadi versi rendah dari Blade V7, smartphone ini tetap mengusung desain yang identik tanpa pengurangan estetika apapun. ZTE Blade V7 Lite hadir dengan desain unibody berbasis metal yang membuatnya terkesan mewah dengan aksen silver yang memberi nuansa tangguh.

Jika dilihat secara keseluruhan, penampilan ZTE Blade V7 Lite merupakan kombinasi dari desain panel depan Blade S6 yang memiliki tombol capasitive dengan backlight berwarna biru dan bodi belakang Blade A711 yang memiliki kamera di bagian tengah dan fingerprint scanner.

Mengingat desainnya yang mengusung konsep unibody, Anda tidak akan bisa membuka bagian belakang smartphone ini. Bisa ditebak, baterai yang dipasang juga sifatnya removable alias tidak bisa dilepas. Sedangkan untuk memasang SIM card, terdapat kompartemen untuk SIM (nano) dan memori SDcard yang tersembunyi di bagian atas tombol power yang membutuhkan pin ejector untuk membukanya.

Dengan dimensi panjang 143,8 mm dan lebar 77 mm, serta ketebalan 7,9 mm, ZTE Blade V7 Lite bisa dibilang sebagai smartphone yang cukup compact. Apalagi material metal yang diusungnya juga membuatnya begitu ergonomis, nyaman digenggam. Jika dipandang secara keseluruhan, hampir tidak dapat dipercaya bahwa smartphone dengan harga di bawah 2 juta rupiah bisa memiliki desain yang begitu mewah.

Layar cukup tajam

ZTE Blade V7 Lite memiliki layar IPS seluas 5 inci dengan rasio 68,3% dari bodi. Material kaca yang digunakan juga mengusung konsep 2,5D yang melengkung di bagian tepi sehingga membuatnya terlihat begitu ‘mahal’.

ZTE Blade V7 Lite-displayDengan resolusi 720 x 1280 piksel dan densistas 294 ppi, ZTE Blade V7 Lite menjadi smartphone yang cukup nyaman digunakan untuk bermain game atau menonton video. Setidaknya, ketajamannya terbilang cukup mumpuni dalam penggunaan sehari-hari tanpa harus memicingkan mata setiap menatapnya.

Performa lumayan untuk di kelasnya

ZTE Blade V7 Lite ditenagai chipset quad-core MediaTek MT6735P berkecepatan 1 GHz yang dipadukan dengan GPU Mali-T720MP2, dan RAM 2 GB. Spesifikasi ini memang terbilang lumayan untuk smartphone di kelasnya. Bermain game dengan grafis yang tidak terlalu tinggi, hampir tidak dijumpai sendatan-sendatan yang berarti.

Untuk memori internalnya, smartphone ini mengusung kapasitas 16 GB. Jika ini dirasa kurang, ada slot micro SD yang sanggup menampung memori eksternal hingga 128 GB.

Yang istimewa, ZTE Blade V7 Lite sudah berjalan di OS Android 6.0 Marshmallow yang kebetulan saat ini baru digunakan pada smartphone high-end. Penting untuk diingat, kehadiran sistem operasi ini hanya ‘gimmick’ semata bukan menjadi faktor pendongkrak performa secara keseluruhan.

Fingerprint scanner yang cukup responsif

ZTE tampaknya cukup berani bereksperimen dalam hal penyediaan fitur untuk Blade V7 Lite. Ya, fitur fingerprint scanner yang biasanya ada di smartphone premium dihadirkan pada smartphone ini di bagian bodi belakang dengan mengusung konsep circular.

Tentu saja fitur ini responnya tidak secepat fingerprint scanner yang ada pada smartphone premium. Namun, setidaknya dengan ada fitur ini, ZTE memberikan fitur keamanan yang lebih baik dari sekedar PIN atau pattern.

Kamera yang bisa diandalkan untuk segala suasana

Sekalipun dibanderol dengan harga murah, ZTE Blade V7 Lite memiliki fitur kamera yang cukup serius untuk di kelasnya. Pada bagian belakangnya terdapat kamera beresolusi 13 megapiksel, autofocus, dan diperkuat dengan LED flash. Sedangkan pada bagian depan terdapat kamera depan 8 megapiksel yang juga memiliki LED flash.

IMG_20160515_204639Kami tidak akan bohong bahwa besaran resolusi ini hanya angka belaka. Pasalnya, hasil tangkapan kamera utama ini tidak sebaik smartphone premium dengan resolusi yang sama, terutama jika berbicara mengenai kecepatan dari fokus kamera. Beberapa hasil foto juga didapati exposure yang berlebihan sehingga membuat warna terlihat pucat.

IMG_20160522_171717Hanya saja, untuk di kelasnya, fitur kamera smartphone ini memang terbilang cukup baik. Terutama kamera depannya yang bisa diandalkan untuk selfie dan video-call. Anda bisa menilai sendiri hasil tangkapan dari kamera smartphone secara detil melalui akun FLICKR resmi YANGCANGGIH.COM.

Baterai tahan lama

Inilah salah satu ‘keajaiban’ yang dihadirkan ZTE Blade V7 Lite dalam penggunaan sehari-hari. Sekalipun baterai yang dibenamkan hanya berkapasitas 2.500 mAh.

Dalam pemakaian yang dilakukan kami untuk browsing, bermain game, social media, dan sebagainya secara random, smartphone bisa bertahan hingga lebih dari 8 jam. Untuk pengisian baterai juga tidak terlalu lama, yakni tidak lebih dari 2,5 jam untuk mencapai 100% dari posisi benar-benar kosong.

Kesimpulan

ZTE Blade V7 Lite-back designZTE Blade V7 Lite tampaknya berhasil mematahkan anggapan bahwa smartphone dengan banderol di bawah 2 juta rupiah akan membuat penggunanya ‘mati gaya’. Tidak cuma sektor desain yang diperhitungkan betul estetikanya, dari sisi fungsi smartphone ini juga melebihi harganya.

Yang Canggih

+ Desain premium berbasis metal, ergonomis
+ Fingerprint scanner untuk opsi keamanan yang lebih baik
+ Spesifikasi menggiurkan untuk di kelasnya
+ Kamera cukup mumpuni, terutama kamera depan

Yang Kurang

– Baterai tidak bisa dilepas
– Fingerprint scanner kurang responsif

[table]Spesifikasi; ZTE Blade V7 Lite
Dimensi; 148,8 x 70,2 x 7,9 mm
Fitur; Fingerprint scanner
Layar; 5 inci (720 x 1280), 294 ppi
Frekuensi; GSM/HSPA/LTE (Dual-SIM)
Sistem Operasi; Android 6.0 Marsmallow
Prosesor; MediaTek MT673P quad-core 1 GHz
GPU; Mali-T720MP2
RAM; 2 GB
Storage; 16 GB (support microSD card up to 128 GB)
Kamera; 13 MP (belakang) AutoFocus, 8 MP (depan)
Battery; 2.500 mAh
[/table]
Back to top button