Quantcast
Aksesoris GadgetAudio VideoMobile GadgetReview

Review V-MODA Zn

Bicara tentang headphone, nama V-MODA mungkin menjadi salah satu yang wajib dipertimbangkan. Apalagi oleh mereka para pengguna yang termasuk dalam golongan penikmat musik kelas enthusiast, atau biasa disebut audiophile.

Produk yang akan dibahas kali ini adalah V-MODA Zn, sebuah in-ear headphone dengan grade audiophile yang diklaim V-MODA sebagai yang terbaik dari yang mereka punya. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini:

Housing dengan material Zinc MetalV-Moda Zn (2)

V-MODA Zn menggunakan housing dari bahan Zinc Metal. Material ini tidak hanya kokoh dan mewah, namun juga mampu menghadirkan kualitas suara yang mantap. Desainnya sendiri nampak modern dengan balutan warna hitam dan silver. Perlu diketahui bahwa karena menggunakan material yang unik, V-Moda Zn hanya tersedia dalam jumlah yang terbatas.

Beralih ke kabel, V-MODA menggunakan bahan yang fleksibel tapi tetap kuat. Kualitas kabelnya yang sangat baik akan membuatnya tahan lama (diklaim 20 kali lebih kuat dibanding kabel headphone kebanyakan) meski sering Anda gunakan sambil beraktivitas atau bepergian. Dan yang tak kalah penting, kabelnya anti kusut. Baik kabel maupun jack plug-nya yang dilapisi emas 24k telah melalui pengujian dengan standar militer, yakni MIL-STD-105 Test.

Anda akan menemukan tiga buah tombol yang memudahkan untuk mengatur volume serta play/pause. Headphone ini juga dibekali built-in micrphone yang sangat sensitif, dan cocok dimanfaatkan oleh mereka yang menggunakan perangkat iOS serta Android. Sayangnya, tombol pengaturan volume tersebut tidak berfungsi ketika dihubungkan dengan perangkat Android.

Zn memiliki ear fitting yang disebut BLISS (Bass Level Isolating Soft Silicone) versi 3.0. Terasa sangat nyaman ketika bersentuhan dengan telinga, dan mampu mengisolasi suara dengan baik. V-MODA tak lupa menyediakan beberapa ear fitting lainnya dengan empat ukuran yang berbeda dalam paket penjualannya.

Kualitas suara yang presisi, bass bertenaga

Karena ditujukan untuk para audiophile yang mobile, tentunya kualitas suara menjadi suguhan utama yang ditawarkan oleh V-MODA Zn. Headphone ini memiliki 8 mm dynamic driver yang dikembangkan agar mampu menghadirkan tone yang akurat dan distorsi yang rendah, serta filter akustik yang dipasang di antara driver dan housing.

V-Moda Zn (2)

Kami pun mencoba mendengarkan lagu-lagu Jazz dan Acoustic dengan format FLAC menggunakan Samsung Galaxy S6 tanpa mengaktifkan equalizer. Filter buatan Italia ini terbukti mampu membantu memberikan keluaran suara yang sangat presisi dan seimbang. Soundstage-nya juga cukup memuaskan, Anda akan mendengar separasi yang jelas dari setiap instrumen yang dimainkan sehingga terasa seolah-olah berada di sebuah pertunjukan musik.

Ketika mendengarkan lagu Lost Stars dari Maroon 5 (format FLAC), bagian awal lagu yang hanya melibatkan vokal, gitar, dan hi-hat terasa detail. Masuk ke bagian setelah intro saat bass mulai masuk, V-MODA Zn lagi-lagi tampil memuaskan dengan kedalaman bass yang mantap.

Semakin ke tengah lagu, perpaduan antara hentakan pedal drum dan bass mulai terasa lebih ‘nendang’ dan justru terkesan ‘mendominasi’ hingga terkadang vokal menjadi sedikit tertutup bass. Bagi para penyuka bass, ini akan menjadi nilai plus. Namun bagi yang tidak, mungkin akan merasa kurang cocok. Sementara di range mid dan high, V-MODA Zn juga mampu memberikan kualitas suara yang netral dan cukup baik di kelasnya.

KesimpulanV-Moda Zn (1)Secara keseluruhan, V-MODA Zn adalah sebuah in-ear headphone dengan grade audiophile yang cukup memuaskan. Headphone ini mampu menangani musik-musik yang menonjolkan bass dengan baik, maupun musik bernuansa akustik dengan detail yang tinggi. Kualitas material yang digunakan baik untuk housing maupun kabel pun patut diacungi jempol.

V-MODA Zn mungkin bukan yang terbaik, namun dengan banderol US$180 atau sekitar 2,3 juta rupiah, V-MODA Zn adalah salah satu pilihan yang menarik di kelasnya. Khususnya bagi Anda yang aktif serta mobile, dan membutuhkan in-ear headphone dengan grade audiophile untuk menemani Anda mendengarkan musik kapanpun dan dimanapun.

Yang Canggih:

+ Housing berbahan Zinc Metal
+ Desain keren
+ Kabel kuat dan anti kusut
+ Kualitas suara yang mantap, bass bertenaga
+ Soundstage yang cukup memuaskan
+ Terdapat tiga tombol pengaturan dan built-in mic
+ Harga cukup kompetitif

Yang Kurang:

– Untuk lagu dengan bass yang menonjol, bass terasa lebih dominan dan terkadang sedikit menutupi vokal
– Tombol volume tidak berfungsi di perangkat Android

Back to top button