Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Review Lenovo VIBE P1 Turbo

Kapasitas baterai seringkali menjadi kendala bagi sebagian besar pengguna smartphone. Apalagi di tengah kesibukan yang menuntut mereka selalu mobile. Solusi paling mudah agar tidak kehabisan baterai ketika sedang beraktivitas adalah menggunakan power bank. Meski begitu, tidak semua pengguna nyaman membawa power bank yang ukurannya cukup besar dan berat.

Jawaban dari masalah inilah yang coba ditawarkan oleh Lenovo, khususnya kepada para pengguna di Indonesia. Lenovo belum lama ini meluncurkan VIBE P1 Turbo yang menjadikan baterai berkapasitas super besar sebagai andalannya. Penasaran? Simak review dari kami berikut ini:

Desain bongsor dengan material berkualitas
Lenovo VIBE P1 Turbo tampil dengan bodi yang tergolong bongsor dan tidak bisa dibilang tipis. Beratnya pun sedikit berada di atas rata-rata smartphone pada umumnya, yakni 189 gram, tapi belum melewati batas toleransi untuk mudah dibawa di dalam saku celana.

Smartphone ini menggunakan material aluminium alloy dan perlindungan Gorilla Glass 3 di depan sehingga nampak premium dan kokoh. Walaupun besar, VIBE P1 Turbo memberikan sensasi genggaman yang nyaman dan tidak licin. Terlebih karena bagian belakangnya sedikit melengkung mengikuti kontur tangan. Mengusung desain unibody, Anda hanya bisa membuka bagian atas dari cover belakang untuk memasukkan dua buah SIM-card dan microSD.

Lenovo tak lupa menyediakan clear hard case tambahan dan lapisan anti gores yang sudah termasuk dalam paket penjualan. Ini merupakan nilai tambah yang menggembirakan, terutama bagi pembeli awal yang biasanya kesulitan menemukan aksesorinya.

UI standar, sistem keamanan didukung sensor sidik jari

Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Tidak seperti beberapa seri VIBE sebelumnya, untuk P1 Turbo Lenovo menyajikan user interface lengkap dengan app drawer. Meski begitu, tampilannya tetap khas Lenovo, yakni sederhana dan mudah untuk mengakses berbagai hal.

Seolah tidak mau ketinggalan dengan tren saat ini, Lenovo membenamkan sensor sidik jari di tombol Home fisik pada Lenovo VIBE P1 Turbo.

lenovo vibe P1 fingerprint

Pengaturannya cukup mudah dan cepat. Anda bisa mendaftarkan hingga 2 sidik jari. Sensor ini akan tetap bekerja meski smartphone dalam kondisi sleep mode. Artinya, Anda bisa langsung membuka kunci menggunakan sidik jari Anda tanpa harus menghidupkan layar terlebih dahulu. Sayang, sensor sidik jari ini terkadang tidak responsif dan harus diulang beberapa kali sampai akhirnya mengenail jari Anda.

Layar lebar dan tajam, audio kurang wah

Bentang layar 5,5 inci memang selalu memberikan kepuasan tersendiri bagi pengguna yang menyukai layar besar. Dengan teknologi IPS dan resolusi Full HD 401ppi, layar pada Lenovo VIBE P1 Turbo tentunya mampu menampilkan gambar berkualitas tinggi. Tajam, responsif, dan dengan keluaran warna yang enak dipandang. View angle pun luas dan tidak terlihat penurunan kualitas yang berarti meski dilihat dari samping, atas, atau bawah.

Urusan audio, menurut kami speaker dari smartphone ini belum bisa memberikan pengalaman yang maksimal saat mendengarkan musik maupun menonton film. Speaker internalnya tergolong biasa saja meski cukup lantang, dan sedikit kurang nyaman didengar di pengaturan volume maksimal.

Kamera lumayan

Lenovo menyediakan kamera belakang 13 megapixel f/2.2 di belakang, lengkap dengan fitur PDAF (Phase Detection Auto Focus) dan dual-color LED flash. UI kameranya cukup sederhana. Lenovo menyediakan beberapa mode seperti normal, panorama, dan effects. Anda juga bisa mengakses pengaturan seperti white balance, ISO, aspect ratio, dan lain sebagainya.

Kamera ini mampu menangkap fokus secara cepat dengan hasil jepretan yang tergolong lumayan di kelasnya, khususnya di kondisi terang. Belum bisa disebut memuaskan, tapi ada pada level yang cukup untuk mengabadikan momen-momen sehari-hari. Ketika kondisi minim cahaya, foto yang dihasilkan nampak kurang tajam. Untungnya ada LED flash ganda yang bisa membantu memberikan hasil yang lebih baik.

Bagi yang gemar selfie, Lenovo menyediakan sensor 5 megapixel di depan. Hasilnya pun tergolong lumayan. Beberapa fitur tersedia untuk memudahkan selfie. Contohnya auto selfie yang membuat kamera depan secara otomatis mengambil gambar ketika mendeteksi wajah.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa foto yang kami tangkap menggunakan kamera dari Lenovo VIBE P1 Turbo. Anda juga dapat melihat hasilnya di akun Flickr resmi Yangcanggih.com.

Indoor ambient light

IMG_20160213_185208

IMG_20160210_142148

Performa mumpuni untuk berbagai kebutuhan

Berbekal SoC Qualcomm Snapdragon 615 64-bit dengan prosesor octa-core 1.5 Ghz dan GPU Adreno 405, Lenovo VIBE P1 Turbo tidak mengalami masalah apapun untuk menjalankan berbagai aplikasi, termasuk game 3D yang berat. Apalagi dengan ketersediaan RAM 3 GB, Anda tak akan menemui kendala ketika melakukan multitasking.

Smartphone ini memiliki memori internal 32 GB yang jika masih kurang bisa ditambah melalui slot microSD hingga kapasitas 128 GB. Dengan storage yang cukup besar, Anda tak perlu khawatir kehabisan ruang untuk menyimpan data seperti foto, video, musik, maupun game berukuran besar.Screenshot Lenovo VIBE P1 Turbo (3)

Kami pun tak lupa mencoba memainkan game 3D populer seperti Asphalt 8 dan Mortal Kombat X. Hasilnya, kedua game ini mampu berjalan di frame rate yang bagus dan sangat responsif ketika dimainkan. Untuk lebih menggambarkan performa dari Lenovo VIBE P1 Turbo, berikut hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami gunakan:

Baterai super awet, charging cepat

Ini yang menjadi keunggulan utama dari Lenovo VIBE P1 Turbo. Baterai besar berkapasitas 5000 mAh yang luar biasa awet untuk menemani aktivitas sehari-hari. Dengan pemakaian yang cukup aktif seperti chatting, sosial media, browsing, membalas email, dan sesekali menonton video di YouTube serta bermain game 3D, Lenovo VIBE P1 Turbo mampu menyala selama kurang lebih 36 jam!

lenovo vibe p1 turbo power saving switch

Kami pun sempat menguji ketangguhan baterai ini di acara Lenovo VIBE P1 Turbo Track Day yang menuntut kami melakukan banyak kegiatan yang cukup menguras baterai seperti browsing, memotret, merekam video, mengedit video, mengunggah video menggunakan koneksi 4G, dan bermain game Asphalt 8. Hasilnya, sejak acara dimulai jam 9 pagi hingga sampai di rumah sekitar jam 6 sore, baterai yang tersisa masih 66 persen.

Screenshot Lenovo VIBE P1 Turbo (5)

Jika daya baterai mulai menipis dan Anda belum sempat mengisi ulang, Lenovo menyediakan tombol geser fisik di sisi sebelah kiri smartphone yang akan langsung mengaktifkan power saving mode. Semua fitur pada smartphone yang menguras baterai akan dimatikan, namun Anda tetap bisa melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS.

Yang perlu digarisbawahi, meski kapasitas baterainya sangat besar, Lenovo VIBE P1 Turbo memiliki fitur Quick Charge 2.0 sehingga proses pengisian daya baterai menjadi cepat. Dari kondisi baterai sekarat (sekitar 10%) hingga terisi kurang lebih 80 persen, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1 jam. Sedangkan dari kondisi baterai kosong, kami mencatat Lenovo Vibe P1 Turbo membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisinya hingga 100%.

Screenshot Lenovo VIBE P1 Turbo PCMark Battery LifeMasih penasaran dengan performa baterai dari Lenovo VIBE P1 Turbo? Dari hasil tes menggunakan aplikasi PCMark for Android (Battery Test), terbukti daya tahan baterai Lenovo VIBE P1 Turbo memang di atas rata-rata. Ini merupakan raihan impresif mengingat selama tes PCMark layar ponsel selalu aktif.

Kesimpulan
Lenovo VIbe P1 Turbo
Lenovo lagi-lagi berhasil menyajikan sebuah smartphone Android yang menarik dengan harga yang masuk akal. Kombinasi antara performa kelas menengah, fitur yang komplit, dan kapasitas baterai yang ekstra besar untuk ukuran smartphone menjadikan Lenovo VIBE P1 Turbo sangat sulit untuk tidak dilirik.

Dengan banderol Rp3.999.000, Lenovo VIBE P1 Turbo cocok bagi Anda para pengguna yang mobile dengan aktivitas segudang, yang tidak mau repot selalu mencari colokan listrik atau membawa power bank berukuran jumbo untuk memastikan smartphone tetap menyala seharian penuh.

Yang Canggih:

+ Baterai 5000 mAh yang tahan lama
+ Proses charging cepat dengan Quick Charge 2.0
+ Layar besar dan tajam
+ Performa yang baik dengan kapasitas RAM besar
+ Ada tombol geser fisik untuk mengaktifkan mode hemat daya
+ Hasil foto pada kondisi cahaya ideal baik

Yang Kurang:
– Kualitas speaker internal kurang jernih
– Sensor sidik jari terkadang tidak responsif dan harus dicoba beberapa kali
– Hanya dua jari yang dapat didaftarkan
– Hasil foto pada kondisi minim cahaya agak kurang

Spesifikasi Lenovo VIBE P1 Turbo
SoC Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 1.5 GHz
GPU Adreno 405
Layar IPS 5.5 inci Full HD (Gorilla Glass 3)
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB (ada slot microSD)
Kamera Belakang 13 megapixel (PDAF dan Dual-LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai 5000 mAh
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.1, A-GPS, GLONASS, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, support OTG
OS Android 5.1 Lollipop
Fitur Fingerprint scanner, Quick Charge 2.0
Dimensi 152.9 x 75.6 x 9.9 mm (berat 189 gram)