Quantcast
AndroidAplikasi

10 Aplikasi Virtual Reality Seru untuk Android

Virtual Reality (VR) kini semakin mudah dinikmati. Tidak hanya karena perangkat pendukung  VR yang bisa dibeli dengan dana yang cukup terjangkau, contohnya Google Cardboard dan produk sejenisnya, aplikasi berbasis VR pun banyak terdapat di Google Play Store. Bahkan, sebagian besar bisa diunduh secara gratis.

Yang Anda perlukan hanyalah smartphone Android berlayar 5 hingga 5,5 inci yang memiliki sensor seperti gyroscope dan accelerometer, serta pastinya sebuah Cardboard. Jika Anda sudah memiliki Cardboard dan smartphone yang mendukung, berikut beberapa aplikasi yang wajib Anda coba:

CardboardCardboardIni adalah aplikasi buatan Google yang harus Anda coba ketika pertama kali mencicipi pengalaman VR di smartphone. Cardboard menawarkan banyak konten yang menarik. Contohnya yang membuat Anda menuju tempat tertentu bersama Google Earth, tur ke Versailles ditemani pemandu wisata, melihat foto 360 derajat, menonton video di layar besar, hingga mempelajari artefak budaya.

Cardboard CameraCardboard CameraAplikasi yang satu ini jelas tak boleh Anda lewatkan. Cardboard Camera memberikan alternatif baru untuk Anda dalam mengabadikan momen berharga lewat kamera smartphone. Anda bisa memotret 360 derajat sehingga foto yang dihasilkan tidak hanya bisa dilihat kembali dari satu sudut pandang saja. Menarik digunakan jika Anda sedang bepergian ke tempat wisata atau acara tertentu. Tidak hanya foto panorama 360 derajat, Cardboard Camera juga akan merekam suara sehingga Anda akan merasakan suasana seperti sedang kembali ke lokasi atau momen di foto tersebut.

VRSEVRSEAplikasi ini mampu memberikan pengalaman VR yang luar biasa. Anda akan melihat video secara 360 derajat dan membawa Anda ke tempat atau event menarik, seperti New York, pantai yang indah, video musik dari Muse dan U2, bahkan hingga rumah sakit jiwa yang menyeramkan. Meski begitu, setiap konten harus diunduh secara terpisah dan ukurannya pun cukup besar. Siapkan ruang penyimpanan data yang lega jika ingin menikmati semuanya.

SistersSistersBagi yang gemar dengan film-film horror, Sisters layak dicoba. Walaupun masih dibatasi oleh kualitas animasi yang belum terlihat seperti nyata, Sisters tetap menawarkan sensasi berada di dunia virtual yang mencekam. Jangan lupa gunakan headphone yang mumpuni agar bisa lebih menikmati teror demi teror yang menghampiri Anda.

The North Face: ClimbThe North Face ClimbAplikasi yang satu ini menawarkan pengalaman sebagai seorang pemanjat tebing. Anda akan diajak bergabung bersama dua pemanjat tebing profesional, Cedar Wright dan Sam Elias, di dua lokasi memanjat yang luar biasa, yakni Moab dan Yosemite National Park. Tegang sekaligus menyenangkan bisa melihat pemandangan indah dari sudut pandang seorang pemanjat tebing.

Zombie Shooter VRZombie Shooter VRZombie Shooter VR adalah game yang akan membawa Anda menuju lokasi yang dipenuhi mayat hidup. Karakter utama di game ini akan berjalan menelusuri lorong-lorong secara otomatis dengan pergerakkan yang lambat sehingga cukup nyaman dan tidak gampang bikin pusing atau mual. Tugas Anda sederhana. Habisi semua zombie dan mutant dengan senjata yang disediakan.

Google Street ViewGoogle Street ViewGoogle Street View pada dasarnya memungkinkan Anda melihat tempat-tempat tertentu di berbagai belahan dunia secara 360 derajat. Tidak secara khusus dibuat untuk VR, namun tetap mampu menghadirkan pengalaman seru karena Anda akan merasa seperti sedang berada di tempat tersebut.

Paul McCartneyPaul McCartneyAplikasi garapan Jaunt ini cocok bagi Anda yang suka menonton konser musik, khususnya penggemar Paul McCartney. Anda bisa menyaksikan sang legenda membawakan “Live and Let Die” secara 360 derajat. Jangan lupa gunakan headphone yang bagus, ya!

Roller Coaster VRRoller Coaster VRSesuai namanya, aplikasi ini akan membuat Anda akan merasakan sensasi seperti sedang menaiki roller coaster. Lumayan seru dan bikin deg-degan. Pastikan Anda duduk manis ketika mencobanya agar tidak pusing.

YouTubeYouTubeYa, YouTube termasuk dalam aplikasi yang disarankan untuk menikmati VR. Pasalnya, YouTube menyediakan banyak video 360 derajat yang bisa disaksikan menggunakan headset VR.

 

images: Google Play Store & YouTube

Back to top button