Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Review Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition

Asus Zenfone 2 Deluxe SE (6)Di pertengahan tahun 2015 lalu, Asus semakin memperbanyak anggota keluarga Zenfone 2. Produsen asal Taiwan itu menawarkan Zenfone 2 Deluxe Special Edition yang hadir dengan sedikit peningkatan pada spesifikasi, yakni perubahan SoC dan ruang penyimpanan data yang luar biasa lega. Simak ulasannya berikut ini.

Cover belakang dengan desain kristal

Asus menghadirkan warna baru untuk Zenfone 2 Deluxe Special Edition, yakni Silver Polygon. Smartphone dengan material plastik ini memilik tampilan depan yang sangat khas Zenfone 2. Sementara cover bagian belakang menawarkan desain seperti kristal dengan warna silver yang memantulkan cahaya gemerlap. Balutan warna merah yang nampak kontras menjadi pembatas antara bagian depan smartphone dengan back cover.Asus Zenfone 2 Deluxe SE (7)Dengan layar 5.5 inci, ukuran Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition tidak terlalu bongsor walaupun juga tidak nampak tipis dengan ketebalan 10,9mm dan berat 170 gram. Setidaknya, karena Asus mendesain perangkat dengan layar yang mendominasi sekitar 72 persen dari bagian depan smartphone, bodinya terasa tidak jauh berbeda dengan smartphone 5 inci. Cukup pas digenggaman tangan orang dewasa dan terasa nyaman dengan bagian belakang yang melengkung.

Tak ketinggalan, Anda akan tetap menemukan tombol fisik yang intuitif di bagian belakang. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai hal disamping fungsi utamanya sebagai tombol pengaturan volume. Misalnya sebagai tombol shutter untuk selfie.

Perlu diketahui bahwa Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition juga menyediakan back cover tambahan yang disebut Carbon Night, dan sudah langsung tersedia dalam paket penjualannya. Desain back cover yang ini terkesan lebih sederhana dalam balutan warna hitam.

Layar lebar yang memuaskan

Sesungguhnya Asus memang tidak menawarkan sesuatu yang baru pada layar Zenfone 2 Deluxe SE. Meski begitu, tetap saja teknologi IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD pantas untuk menjadi salah satu alasan melirik smartphone ini.

Bagaimana tidak. Dengan ukuran yang lebar dan tampilan yang tajam serta keluaran warna yang sedap dipandang, apapun yang Anda lakukan dengan smartphone ini akan terasa memuaskan. Browsing, chatting, bermain games, membaca e-book, maupun menonton video bisa terfasilitasi dengan baik. View angle-nya pun luas dan tidak nampak penurunan kualitas ketika layar dilihat dari samping. Asus tak lupa melindungi layar ini dengan Gorilla Glass 3.

Layar yang bagus ini didampingi dengan speaker dengan suara lantang dan jernih. Kombinasi keduanya mampu memberikan pengalaman multimedia yang mumpuni.

ZenUI dengan beragam fitur

Masih menggunakan user interface andalannya, ZenUI, antarmuka Zenfone 2 Deluxe SE tidak terlihat menawarkan sesuatu yang berbeda. Cukup sederhana dan memudahkan untuk mengakses berbagai hal.

Ada beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan. ZenMotion misalnya, dengan ini Anda bisa membuka aplikasi tertentu dengan menggambar huruf di layar. Untuk menjaga privasi, ada fitur SnapView, dan soal keamanan bisa mengandalkan Trend Micro Security. Tak hanya itu, ZenUI juga dibekali Kids Mode yang bisa diaktifkan saat anak-anak ingin memainkan Zenfone 2 Deluxe SE Anda.

Yang perlu digarisbawahi, Asus membenamkan cukup banyak bloatware di smartphone ini. Tentunya tidak semua pengguna akan merasa aplikasi-aplikasi bawaan tersebut berguna.

SoC lebih bertenaga, ruang penyimpanan data super besar

Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition menggunakan SoC Intel Z3590 yang memiliki prosesor dengan clock speed lebih tinggi dibanding SoC versi non-SE, yakni quad-core 2.5 GHz. Urusan grafis didukung oleh PowerVR G6430 yang performanya bisa diandalkan. Asus tetap menyediakan RAM 4GB untuk memberikan keleluasaan dalam hal multitasking.

Yang paling menarik, Anda akan menemukan memori internal 128 GB beserta microSD 128 GB Class 10 UHS- 1 yang sudah termasuk dalam paket penjualan. Artinya, total ruang penyimpanan data yang disediakan oleh Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition adalah sebesar 256 GB. Penawaran yang sangat menarik khususnya jika Anda adalah seorang pengguna yang gemar menyimpan aplikasi dan file-file berukuran besar, misalnya game 3D dan film dengan resolusi tinggi.Asphalt 8 Asus Zenfone 2 Deluxe SESoal performa pun tidak perlu diragukan lagi. Berbagai aplikasi dan game 3D berat mampu dijalankan dengan lancar tanpa kendala berarti. Kami mencoba memainkan Mortal Kombat X dan Asphalt 8, keduanya berjalan di frame rate yang nyaman dan responsif.

Untuk lebih menggambarkan performa dari smartphone ini, berikut hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami gunakan.

Kamera standar, cukup untuk mengabadikan momen sehari-hari

Pada Zenfone 2 Deluxe SE, Asus masih mengandalkan teknologi PixelMaster dengan sensor 13 megapixel aperture f/2.0 di belakang. Keberadaan dual LED Real Tone flash berfungsi untuk membantu menangkap gambar di kondisi minim cahaya, namun dengan tetap mempertahankan reproduksi warna yang natural.SS Kamera Zenfone 2 Deluxe SE (2)Sementara di depan, ada kamera selfie 5 megapixel f/2.0. Asus juga menyediakan fitur Selfie Panorama agar Anda bisa selfie bersama dengan lebih banyak orang.SS Kamera Zenfone 2 Deluxe SE (1)Soal hasil fotonya, Anda yang pernah mencoba kamera dari Zenfone 2 versi original akan merasa tidak asing dengan kualitas yang ditawarkan smartphone ini. Cukup lumayan untuk mengabadikan berbagai momen sehari-hari, khususnya di kondisi cahaya yang cukup. Namun secara keseluruhan, kualitas kamera belakang dan depannya bisa dibilang biasa-biasa saja. Berikut beberapa foto yang kami tangkap dengan Zenfone 2 Deluxe SE yang juga bisa dilihat lengkap di akun FLICKR resmi YangCanggih.com.

Baterai awet

Berbekal baterai dengan kapasitas 3000 mAh, smartphone ini cukup awet untuk menemani aktivitas Anda seharian penuh, dengan pemakaian seperti browsing, chatting, sosial media, dan sesekali melakukan panggilan telepon, bermain games, serta menonton video. Asus juga menyediakan teknologi BoostMaster yang mampu mempercepat proses pengisian daya baterai. Dalam waktu kurang lebih 40 menit, baterai akan terisi sekitar 60 persen. Berikut hasil pengujian baterai yang kami lakukan menggunakan aplikasi PCMark for Android (Battery Test):

Kesimpulan

Asus menyajikan Zenfone 2 Deluxe SE dengan spesifikasi yang sangat menggiurkan, dalam balutan desain yang unik. Penggunaan SoC yang baru menjadikan smartphone ini menjadi seri yang paling bertenaga di banding semua saudaranya di keluarga Zenfone 2. Selain itu, ruang penyimpanan data yang totalnya mencapai 256 GB pun tentu menjadi nilai plus tersendiri yang mungkin belum Anda temukan di smartphone lainnya.

Dengan banderol Rp6.099.000, Asus Zenfone 2 Deluxe SE cocok bagi Anda yang mencari smartphone layar lebar dengan performa bertenaga, dan butuh storage besar untuk menyimpan banyak game 3D dan film HD.

Yang Canggih:

+ Desain unik
+ Layar lebar dan tajam
+ Performa mantap untuk berbagai kebutuhan
+ RAM lega
+ Ruang penyimpanan data sangat lapang
+ Baterai awet
+ Paket penjualan termasuk back cover Carbon Night

Yang Kurang:

– Banyak aplikasi bawaan yang kurang berguna
– Kamera kurang wah di kelasnya

Spesifikasi Asus Zenfone 2 Deluxe Special Edition
SoC Intel Z3590 quad-core 2.5 GHz
GPU PowerVR G6430
Layar IPS 5.5 inci 1920 x 1080 pixel 401 ppi (Corning Gorilla Glass 3)
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB (ditambah microSD Class 10 UHS-1 128 GB)
Kamera Belakang 13 megapixel f2.0 (dual LED Real Tone flash) / Depan 5 megapixel f2.0 wide angle dengan fitur Selfie Panorama
Baterai 3000 mAh
Konektivitas 4G LTE, Bluetooth 4.0, A-GPS, GLONASS, BDS, microUSB 2.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Support OTG
OS Android 5.0 Lollipop
Dimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 mm (berat 170 gram)