Quantcast
AndroidAplikasiiOS (iPhone/iPad)Mobile GadgetNewsTipsWearable

Tidak Perlu Smartwatch, Aplikasi Ini Juga Bisa Menghitung Langkah di iPhone dan Ponsel Android

Selain bisa menambah gaya, banyak orang yang membeli smartwatch karena ada aplikasi fitness tracker berbasis pedometer yang bisa menghitung langkah. Padahal, fitur seperti ini sudah bisa digunakan di iPhone dan ponsel berbasis Android.

fitness-monitoring
foto: wired.com

Jika Anda adalah orang yang tidak suka bergaya atau memang tidak punya budget khusus untuk membeli smartwatch, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi gratisan ini jika memang sekedar ingin menikmati sensasi pedometer.

Jangan lupa, sepanjang menggunakan aplikasi di bawah ini, Anda harus memastikan bahwa perangkat Anda selalu dibawa seperti halnya smartwatch yang selalu melingkar di lengan. Apa saja?

Apple Health

Apple-HealthBagi pengguna iPhone berbasis iOS 8 dan di atasnya, kamu bisa mengklik aplikasi Health yang sudah tersedia di homescreen. Setelah itu pilih Steps dan akan ada pilihan Walking + Running Distance dan Flights Climbed. Anda bisa mengetahui jumlah langkah dan anak tangga yang telah dijajaki berdasarkan periode dengan mengklik Day, Week, Month, dan Year.

Sayangnya, fitur Apple Health hanya bisa berjalan di iPhone 5s dan di atasnya. Hal ini dikarenakan, iPhone lawas tidak memiliki sensor gerak yang lengkap untuk mengidentifikasi langkah pengguna.
Google Fit

google-fitAplikasi ini sudah terinstal di beberapa ponsel Android terbaru. Jika Anda tidak memilikinya, bisa langsung menuju Google Play Store untuk mengunduhnya secara gratis. Sekalipun gratisan, bukan berarti aplikasi ini tidak sebaik apa yang dimiliki Apple Health.

Setelah menginstal aplikasi ini, Anda akan diberikan akses untuk mengakses aktivitas dan sensor tubuh, termasuk history dari lokasi yang telah dilalui. Lebih kerennya lagi, Anda bisa mengaksesnya di website.

Sayangnya, sekalipun bebas diinstal ke semua perangkat dan versi Android, keakuratan dari Google Fit tergantung dari fitur sensor yang dimiliki perangkat itu sendiri. Jadi, bagi pengguna ponsel Android yang terbilang jadul, kemungkinan tidak akan bisa menikmati fitur ini dengan akurat.

Back to top button