Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Digno Rafre: Smartphone Pertama di Dunia yang Bisa Dicuci dengan Sabun

Smartphone tahan banting? Sudah ada. Smartphone tahan air? Juga sudah ada. Tapi bagaimana dengan smartphone yang bisa dicuci dengan sabun layaknya piring kotor?

Jika merujuk sebuah penelitian di London yang menyebutkan bahwa smartphone sama joroknya dengan toilet umum, seharusnya perangkat ini bisa dicuci dan dibersihkan setiap hari agar bebas kuman. Sayangnya, smartphone bukanlah perangkat yang memiliki ketahanan terhadap air. Apalagi sabun merupakan material yang berbahaya bagi permukaan smartphone.

Capture3
foto: kyocera

Tapi tidak begitu dengan Digno Rafre. Smartphone ini tidak cuma tahan air, tetapi juga bisa dicuci dengan sabun. Jadi, jika penggunanya secara tidak sengaja menjatuhkan smartphone ini di sebuah lumpur, maka bisa langsung bisa dibersihkan agar terbebas dari noda lumpur.

Dibuat oleh vendor smartphone ternama di Jepang, Kyocera, Digno Rafre hadir dengan layar 5 inci beresolusi 720p yang ditenagai dengan chipset Snapdragon 410, 2 GB RAM, memori internal 16 GB yang bisa ditambah hingga 128 GB via microSD, dan berjalan di OS Android 5.1 Lollipop. Untuk fitur multimedianya sendiri diperkuat dengan kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel untuk selfie.

foto: kyocera
foto: kyocera

Kecanggihan lainnya, Digno Rafre tetap bisa digunakan untuk menelpon ketika sedang dicuci. Hal ini dikarenakan adanya fitur Smart Sonic receiver dari Kyocera yang membuat speaker tetap bisa digunakan dan tidak akan rusak sekalipun terkena air. Dengan begitu, pengguna bisa mandi sekaligus menelpon seseorang dengan smartphone yang memiliki kapasitas baterai 3000 mAh ini.

Digno Rafre baru meluncur di Jepang pada Desember tahun lalu dengan harga 10.299 Yen atau sekitar 1,5 jutaan rupiah. Sayangnya, belum diketahui apakah nantinya smartphone yang memiliki tiga varian warna ini akan dipasarkan di luar Jepang atau tidak.

Back to top button