Home Mobile Gadget 7 Mitos yang Salah Tentang iPhone

7 Mitos yang Salah Tentang iPhone

Sebagai produk teknologi yang terbilang paling ‘hot’, iPhone tentu tidak hanya punya fanboy tetapi juga haters. Terkadang para haters menghembuskan isu-isu yang tidak sedap mengenai smartphone ini.

7 Mitos yang Salah Tentang iPhone 1

Dari isu-isu yang beredar tersebut, tidak sedikit pula fanboy yang meyakininya. Padahal, semua isu tersebut tidak benar adanya.

Nah, apa sajakah isu-isu yang beredar mengenai iPhone? Bagi Anda yang baru menggunakan iPhone sebaiknya baca daftar mitos berikut sebelum menyakininya sebagai sebuah kebenaran:

1. iPhone Tidak Perlu Dimatikan

7 Mitos yang Salah Tentang iPhone 2
foto: macworld.co.uk

Logika dasar dari segala sesuatu yang berjalan dengan baterai pasti perlu dimatikan secara berkala, begitupun dengan iPhone. Jadi, jika ingin daya tahan baterai iPhone tetap panjang, sebaiknya matikan sesekali.

2. Menggunakan Kabel dan Charger Tidak Resmi Bisa Merusak Baterai

7 Mitos yang Salah Tentang iPhone 3
foto: eBay.com

Meskipun pada kenyatannya kabel dan charger yang tidak resmi bekerja tidak sebaik aksesoris resmi milik Apple, bukan berarti keduanya bisa merusak baterai atau iPhone itu sendiri. Sejauh kapasitas daya yang dihantarkan sesuai spesifikasi iPhone, kedua produk tidak resmi itu bisa bekerja baik-baik saja seperti aslinya. Tapi bagi kami sendiri, produk original tentunya lebih baik.

3. Jangan Gunakan iPhone Ketika Sedang Di-Charge

7 Mitos yang Salah Tentang iPhone 4
foto: telegraph.co.uk

Isu-isu iPhone meledak ketika di-charge memang bukan isapan jempol. Tapi pada faktanya, insiden itu hanya satu dari sekian juta perangkat yang dijual. Memang ketika digunakan sambil di-charge, iPhone akan sedikit terasa panas, tapi bukan berarti itu tanda-tanda akan meledak. Yang terpenting, demi keamanan pastikan charger yang digunakan adalah produk asli untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Semakin Banyak Aplikasi, Semakin Cepat Baterai Habis

7 Mitos yang Salah Tentang iPhone 5
foto: howtobeaspeaker.com

Ketika Anda mengunduh banyak aplikasi di iPhone, sebenarnya bukanlah aplikasi-aplikasi itu yang membuat baterai cepat habis. Sejauh tidak aktif bersamaan, aplikasi-aplikasi itu tidak akan berpengaruh apa-apa terhadap baterai.

5. Kualitas Kamera Tergantung Besaran Megapiksel

7 Mitos yang Salah Tentang iPhone 6
foto: imore.com

Poin ini tampaknya paling banyak digunakan orang untuk menentang iPhone. Padahal dalam kenyataannya, besaran megapiksel pada fitur kamera tidak mempengaruhi kualitas melainkan lensa, sensor, serta hardware dan software yang memproses gambar. iPhone sejauh ini menjadi smartphone terbaik di fitur ini sekalipun banyak smartphone Android yang memiliki kamera di atas 8 MP.

6. Mengisi Baterai Semalaman Akan Merusak iPhone

7 Mitos yang Salah Tentang iPhone 7
foto: ikinkoo.com

iPhone ditenagai baterai Li-ion yang merupakan elemen pintar untuk mengeliminasi arus listrik ketika sudah dalam kondisi penuh. Jadi, mengisi ulang sepanjang malam tidak akan merusak apapun. Ingat, apapun.

7. Menggunakan Charger iPad Akan Membuat iPhone Rusak

7 Mitos yang Salah Tentang iPhone 8
foto: extremetech.com

Ini merupakan berita baik. Mengisi ulang baterai dengan charger iPad tidak akan membuat iPhone rusak, melainkan hanya mempercepat proses pengisiannya saja.