Tips: Cara Menonton Film di Netflix Tanpa Gangguan Koneksi Internet

Kehadiran layanan Netflix di Indonesia tentunya mendatangkan ueforia tersendiri. Apalagi layanan ini digratiskan selama satu bulan pertama, sebelum diberlakukan tarif berlangganan.

Meskipun gratis, Netflix bukan berarti layanan yang terbilang ‘murah’ karena melibatkan koneksi internet yang tidak sedikit. Dalam durasi satu jam untuk video berkualitas HD, layanan ini dipercaya menghabiskan koneksi data hingga 3 GB.

svg%3E
foto: cultofmac.com

Tidak sampai di situ saja, streaming di Neflix juga membutuhkan toleransi data terhadap pengguna lain jika menggunakan jaringan yang sama. Jadi, jangan berharap Anda akan menonton film secara mulus di waktu-waktu tertentu.

Nah, berikut ini ada tips yang bisa membuat Anda streaming layanan Netflix tanpa gangguan internet yang berarti:

1. Hentikan Pengunduhan Massal

svg%3E
foto: computerhowtoguid.com

Streaming layanan Netflix membutuhkan bandwidth internet yang cukup besar. Jika di rumah Anda ada koneksi Wi-Fi, pastikan tidak terbagi-bagi untuk perangkat yang mengunduh file besar.

Jadi, sebelum memulai streaming, lebih baik matikan pengunduhan massal yang ada di rumah. Anda harus bisa memprioritaskan ke mana trafik data akan lebih banyak keluar.

2. Streaming di Waktu Off-Peak

svg%3E
foto: media.npr.org

Koneksi internet diyakini memiliki jam-jam tersendiri, di mana pada waktu off-peak-nya adalah tengah malam. Jadi, sebaiknya Anda menghindari streaming Neflix di jam-jam sibuk (peak-time).

Sebelumnya, Anda harus mempelajari kebiasaan penggunaan internet dalam suatu waktu. Jika di rumah Anda penggunaan lebih sepi di siang hari, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu ini untuk menonton film di Netflix.

svg%3E

3. Manfaatkan Kabel Data

svg%3E
foto: automationdirect.com

Koneksi internet berbasis nirkabel (wireless) sangat rentan gangguan. Sebaiknya Anda kembali ke cara lama untuk berselancar di dunia maya, yakni dengan menggunakan kabel ethernet.

Cara ini diyakini bisa mengurangi segala bentuk gangguan yang kemungkinan muncul pada jaringan nirkabel, sehingga Anda bisa lebih cepat melakukan streaming.

4. Tambah Kapasitas Kecepatan

Kalau semua poin di atas tidak menghasilkan pengalaman yang berarti dalam streaming, sebaiknya ada check layanan internet berlangganan Anda. Pastikan kecepatan yang diberikan memadai untuk semua perangkat yang aktif menggunakan

Sebagai ilustrasi saja, untuk kecepatan internet 3 Mbps, paling tidak dibatasi hanya untuk 5 perangkat saja. Jika di atas ini, biasanya koneksi akan lambat. Jadi, sebaiknya kapasitas kecepatannya di tambah hingga 5 Mbps agar ritual streaming Anda bebas hambatan.

5. Ganti Layanan Operator

Ini mungkin langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk kenikmatan streaming Netflix yang lebih baik. Ya, karena tidak semua operator memberikan jaminan coverage memadai di seluruh kawasan.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bertanya-tanya dengan pengguna layanan provider internet di sekitar Anda. Jika ternyata ada operator yang memberikan layanan lebih baik, tidak ada salahnya Anda beralih. Tapi pastikan layanan yang diberikan seimbang dengan anggaran yang akan dikeluarkan.

Verified by MonsterInsights