10 Teknologi Paling Memukau di CES 2016

Diikuti lebih dari 3.000 peserta yang memamerkan kecanggihan produknya, Consumer Electronic Show (CES) 2016 tidak terbantahkan menjadi salah satu ajang pameran teknologi produk konsumen terbesar di dunia.

Seperti sudah menjadi tradisi, pada ajang CES setiap tahunnya selalu menghadirkan produk-produk inovatif yang belum pernah ada. Berikut ini adalah deretan teknologi yang mencengangkan pada ajang yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, tahun ini:

1. Ninebot Segway Robot

foto: Segway

Robot ini memiliki wujud esensial sebuah hoverboard yang memiliki dua pijakan kaki untuk dikendarai sambil berdiri. Namun, yang membedakan tentu saja fitur robotiknya yang bisa berfungsi seperti asisten pribadi.

Tidak cuma memiliki kemampuan berlari hingga 12 mph yang membuat bisa jadi ‘kendaraan’ alternatif bagi penggunanya, Ninebot juga mengenali perintah suara dan merekam video lewat wajahnya.

Untuk penjualan secara komersial, Ninebot akan dijual Segway pada paruh kedua tahun ini. Meskipun begitu, belum ada kepastian berapa harga jualnya.

2. Sensorwake

svg%3E
foto: cloudfront

Jam weker masuk kategori ini? Tunggu, ini bukanlah jam weker biasa. Ya, Sensorwake bisa membangunkan penggunanya dari tidur setiap pagi dengan cara yang tidak biasa.

Perangkat ini mengandalkan aroma tertentu yang menusuk hidung, sehingga bisa membuat pengguna terbangun. Adapun aroma-aroma tersebut berupa cartridge yang bisa dimasukkan dengan berbagai pilihan, seperti croissant, espresso, lush junggle, chocolate, hingga peppermint.

Lalu, bagaimana jika aroma tersebut tidak mampu membangunkan pengguna? Tenang, Sensorwake akan mengeluarkan suara alarm yang super kencang setelah 3 menit aroma menjalar ke seluruh ruang kamar.

Sensorwake saat ini sudah bisa dipesan melalui pre-order dengan harga US$ 109 atau sekitar 1,5 jutaan rupiah.

3. PicoBrew

svg%3E
foto: homecrux.com

Bagi penggemar bir tentu akan merasa senang dengan kehadiran teknologi ini. Dengan PicoBrew, membuat minuman bir semudah menyeduh kopi di rumah.

Untuk membuat bir dengan PicoBrew, dibutuhkan PicoPacks semacam bir dalam bentuk sachet yang siap pakai. Hanya dengan memasukan satu sachet dalam perangkat tersebut, bir yang segar siap dihidangkan.

Dijual seharga US$ 599, PicoBrew sudah tersedia melalui pre-order di Kickstarter. Apakah perangkat ini menjadi dambaan Anda?

4. Royole-X Smart Mobile Theatre

foto: royole.com

Meramaikan booming teknologi Virtual Reality (VR), Royole-X Smart Mobile Theatre hadir sebagai produk home teather pertama di dunia yang bisa dilipat yang memungkinkan penggunanya bisa menikmati pengalaman sinematik dan bermain game di mana saja.

Royole-X Smart Mobile Theatre tak ubahnya sebuah headphone yang bisa dibawa ke mana saja, namun memiliki sebuah fitur VR yang mampu menghadirkan berbagai konten video atau game dari Netflix, Amazon Video, Hulu, YouTube, dan sebagainya melalui smartphone, set-top box, atau PC.

Secara komersial, Royole-X Smart Mobile Theatresudah tersedia melalui pre-order di Indiegogo seharga US$ 700. Perangkat VR canggih ini tentunya akan menjadi penantang terbaru di sektor VR yang telah diramaikan Oculus, HTC, dan Sony.

5. Samsung Family Hub Refrigerator

svg%3E
svg%3E
foto: Samsung.com

Samsung terbilang sebagai jagoan di pasar refrigerator atau kulkas. Kali ini, yang dihadirkan bukan kulkas biasa melainkan kulkas yang memiliki teknologi Family Hub yang memungkinkan pengguna memesan produk tertentu langsung dari toko melalui perangkat ini ketika persediaan di dalamnya kosong.

Tidak hanya itu saja, kulkas canggih ini juga memiliki layar digital yang bekerja layaknya sebuah perangkat PC atau tablet. Dengan layar ini, pengguna bisa akses social media, membuat note, menonton video, mendengarkan musik hingga mengakses apapun dari smartphone.

Sayangnya, Samsung belum menginformasikan mengenai ketersediaan kulkas canggih ini. Namun, sudah dipastikan musim semi tahun ini sudah bakal eksis di dapur-dapur banyak orang.

6. EHang 184 Drone

svg%3E
foto: EHang.com

Drone ini menjadi salah satu yang paling eye-catching di CES 2016. Kenapa? Karena ukurannya yang tidak biasa, lebih menyerupai helikopter ukuran mini dengan ukuran setinggi 4,5 kaki dan berat 440 pounds.

Dengan ukurannya yang besar, EHang 184 bisa menerbangkan satu orang selama 23 menit dengan kecepatan 60 mph. Lebih serunya lagi, drone yang memiliki 8 baling-baling ini terbang secara otomatis alias tanpa dikemudikan. Penumpang hanya perlu meng-input tujuan terbang yang diinginkan.

Sudah bisa ditebak, EHang 184 bukanlah drone yang murah. Untuk harga jualnya, drone ini dilepas ke pasaran dengan harga mulai US$ 200.000 hingga US$ 300.000.

7. Huawei Mate 8

foto: Huawei

CES 2016 tampaknya menjadi pamor terbesar bagi Huawei di pasar smartphone. Ya, vendor ini berhasil mencuri perhatian berkat smartphone Mate 8 yang merupakan smartphone pertama bertenaga Kirin 950.

Tidak sekedar menjanjikan penggunaan yang lebih smooth, Mate 8 hadir dengan bodi metal elegan dan tangguh, serta finger print yang lebih responsif. Untuk baterainya sendiri juga terbilang sangat besar untuk perangkat sekelas smartphone yakni 4000 mAh.

Tampil dengan layar IPS 6 inci beresolusi 1920 x 1080 piksel, diperkuat dengan kamera belakang 16 megapiksel yang mampu merekam video 4K dan kamera depan 8 megapiksel. Berbasis Android 6.0 Marshmallow, smartphone ini kelak memiliki varian 3/4 GB RAM dan 32/64 ROM.

8. Lenovo YOGA 900S

foto: Lenovo.com

Dengan ketebalan yang cuma 12,8 mm tidak berlebihan jika ultraportable notebook ini menjadi salah satu yang mencengangkan di ajang CES 2016. Tak berlebihan jika Lenovo mengklaim notebook ini sebagai convertible notebook tertipis di dunia.

Mengikuti tradisi seri YOGA, notebook ini bisa dilipat hingga 360 derajat. Pengguna bisa mengubahnya menjadi tablet atau notebook dalam sudut berbagai derajat. Desainnya juga terbilang sangat elegan dan keren, tanpa perlu harus meniru MacBook.

Untuk spesifikasinya, YOGA 900S hadir dengan layar 12,5 inci beresolusi QHD dengan tenaga chipset Intel Core m7, RAM 8 GB, dan 512 GB SSD. Di sektor audio, notebook yang akan tersedia bulan Maret mendatang dengan harga US$ 1.099 ini juga tidak main-main karena didukung teknologi Dolby Audio Premium untuk memberikan keluaran suara fantastis.
9. LEGO WeDO 2.0

foto: Lego.com

Teknologi besutan LEGO ini dihadirkan untuk sarana belajar yang lebih kreatif dan canggih. Dengan embel-embel 2.0, produk ini merupakan kombinasi dari susunan bata (brick) ikonik LEGO, kecanggihan robotika, dan pemograman untuk memberikan pengalaman belajar bagi siswa sekolah untuk berpikir kreatif dan trampil memecahkan masalah.

LEGO WeDO 2.0 terbagi atas bentuk fisik brick yang dilengkapi sensor gerak dan software yang tersedia untuk iPad, Android, PC, dan Mac untuk menggerakan mesin dan robot. Untuk harga jualnya, mainan edukatif yang canggih ini tersedia dengan harga US$ 159,95.

10. Chevy Bolt EV

Foto: Chevrolet.com
Foto: Chevrolet.com

Memeriahkan fenomena smartcar, Chevy Bolt EV hadir dengan teknologi yang akan mendekatkan pengendaranya ke masa depan. Tidak cuma didukung oleh teknologi Telsa, arsitektur mobil ini mengadopsi teknologi elektrika yang membuatnya mampu mengarungi lebih dari 200 miles hanya dengan tenaga listrik sekali isi ulang selama kurang dari dua jam saja.

Untuk sistem entertainment-nya, mobil ini memiliki layar sentuh 10,2 pada dashboard yang bisa di-setting sesuai keinginan pengguna serta bisa disinkronisasi dengan perangkat smartphone via Bluetooth. Kecanggihan dari mobil ini segera bisa dinikmati tahun depan secara komersil dengan harga US$ 30.000 atau sekitar Rp 420.000.000 dengan kurs dollar sekarang.

Verified by MonsterInsights