Quantcast
KomputerLaptopMobile GadgetNewsPC DesktopSmartphoneTablet PCUltraportable

5 Hal yang Menjadikan Windows 10 Lebih Canggih Dari Windows 8

windows 10 hello

Microsoft akhirnya resmi mengeluarkan Windows 10 secara resmi di 190 negara, termasuk Indonesia. Bagi yang baru saja “belajar” dan “menerima” Windows 8, pasti bertanya-tanya apakah harus upgrade dan belajar lagi. Setelah belajar dari pengalaman mengeluarkan Windows 8, ternyata cukup banyak peningkatan yang dibawa oleh Windows 10. Apakah peningkatan tersebut layak membuat Ana melakukan upgrade? Berikut 5 hal yang membuat Windows 10 lebih canggih daripada Windows 8.

1. Start Menu kembali dan kini jauh lebih baik
windows 10 start menu

Salah satu hal yang sangat mengganggu pengguna Windows kawakan saat menggunakan Windows 8 adalah hilangnya Start Menu digantikan Start Screen. Walaupun konsepnya cukup baik, namun pada kenyataannya Start Screen jarang digunakan dan pengguna yang cukup ahli akan memasang aplikasi Start menu dari pihak ketiga.

Windows 10 mengembalikan Start Menu yang sudah menjadi ciri khas Windows 7 dan sebelumnya. Tidak hanya itu, Start Menu Windows 10 jauh lebih baik. Dari sisi tampilan, Start Menu Windows 10 kini transparan dan lebih keren. Tombol untuk shutdown dan restart juga ada di posisi semula, yaitu di bagian bawah Start menu.

Kini Start Menu bisa menampilkan Live Tile, yang secara singkat merupakan kotak aplikasi dinamis yang bisa diatur ukurannya. Live Tile ini tampil sebagai pop-up menyamping sehingga tidak menyita ruang di layar. Namun untuk perangkat dengan layar berukuran di bawah 10 inci seperti tablet, Live Tile ini akan ditampilkan secara penuh.

2. Cortana
windows 10 cortana

Salah satu fitur canggih Windows 10 yang belum ada di Windows 8 dan 8.1 adalah Cortana yang tahun lalu diperkenalkan untuk ponsel Windows Phone. Secara singkat, Cortana adalah asisten digital yang bisa diperintah dan diajak ngobrol. Asisten digital yang pintar ini juga bisa belajar dari kebiasaan, kontak, serta data lainnya.

Contoh interaksi yang dapat dilakukan Cortana seperti menanyakan ramalan cuaca, rute dari titik A ke B, informasi dari Internet, mengeset weker, dan masih banyak lagi.

3. Fitur pencarian yang lebih baik
Fitur Search pada Windows 8 sebenarnya sudah canggih. Anda bisa mencari aplikasi dan file dengan cepat. Namun pada Windows 10, fitur tersebut telah disempurnakan. Dengan Cortana, Anda kini bisa mencari sesuatu menggunakan perintah suara.

Fitur Search yang baru ini juga dapat langusng mencari informasi dari Internet menggunakan kotak yang sama. Untuk memudahkan pencarian file dan folder, terdapat bagian Quick Access yang menggantikan Favourites. Di sini akan ditampilkan semua file dan folder yang baru saja diakses.

4. Multitasking lebih nyaman
windows 10 multitasking

Bagi yang sering menggunakan Windows di PC dengan layar besar pasti sering merasakan betapa tidak praktisnya jika harus membuka dan mengatur beberapa jendela aplikasi yang terbuka bersamaan. Nah, Windows 10 mempermudah hal tersebut dengan menawarkan fitur Snap Assist.

Dengan fitur ini, Anda bisa menampilkan 4 aplikasi dalam satu layar secara bersamaan dengan cepat. Ini berarti jika layar Anda besar, multitasking akan lebih mudah. Snap juga dapat mengatur ukuran window secara otomatis sehingga enak dipandang.

windows 10 virtual desktop

Selain itu, Windows 10 juga memiliki Task View. Fitur ini memberikan Anda beberapa desktop yang dapat diatur secara terpisah. Contoh; Anda dapat mengatur agar satu layar desktop dikhususkan untuk pekerjaan seperti menjalankan email dan browser, sementara layar desktop lain untuk hiburan seperti memnutar film. Nah, jika layar desktop pekerjaan sedang aktif, maka layar desktop hiburan akan sepenuhnya tersembunyi. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuka tutup aplikasi video, misalnya, saat sedang di kantor dan harus bekerja. Fitur ini akan menghemat waktu buka tutup aplikasi. Konsep Task View sendiri bukanlah hal baru dan mirip seperti fitur Spaces pada OS X di Apple Mac.

5. Lebih terintegrasi dengan perangkat lain
windows 10 xbox

Windows 10 kini juga lebih “ramah” dengan perangkat selain PC. Terdapat aplikasi Xbox yang dapat menampilkan games, aktivitas brmain, serta fasilitas untuk melakukan streaming game dari Xbox One ke tablet, laptop, atau PC Windows 10. Anda juga bisa merekam aksi Anda saat bermain game Xbox dengan Game DVR yang kemudian bisa dibagikan ke eman.

Windows 10 juga memberikan kemudahan bagi Anda yang menggunakan lebih dari satu perangkat berbasis Windows, termasuk ponsel. Aplikasi wajib seperti Photos, Videos, Music, Maps, dan sebagainya, akan terlihat dan terasa sama saat digunakan di berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda. Semua datanya juga akan tersimpan dan tersinkronisasi secara otomatis ke OneDrive.

Kesimpulan
windows 10 action center
Di luar 5 hal di atas, masih cukup banyak fitur baru yang dimiliki Windows 10 seperti Store yang lebih baik, notifikasi dan pengubahan setting lebih cepat, dan masih banyak lagi. Tapi yang paling menarik adalah Windows 10 adalah ketersediannya sebagai upgrade gratis bagi Anda yang telah memiliki Windows versi sebelumnya. Jadi bagi yang susah “move-on” dari Windows versi lama, sepertinya inilah saat yang tepat untuk beralih ke OS yang baru. Selamat mencoba!

Image source: Microsoft

Back to top button