3 Langkah Mudah Melakukan Backup Foto dan Video di Ponsel Android dengan Flickr

Smartphone kita tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, tapi juga sebagai perangkat yang menyimpan banyak memori dalam bentuk foto. Sayangnya, kebanyakan pengguna masih “malas” melakukan backup atau pencadangan foto sehingga saat ponsel hilang atau rusak, mereka panik karena teringat akan data yang telah dikumpulkan cukup lama.

Untuk mencadangkan foto, sebenarnya ada satu layanan dari Yahoo! yang memberikan jatah penyimpanan hingga 1TB atau 1000GB secara gratis yaitu Flickr. Bagaimana caranya? Apa saja yang diperlukan? Simak tutorial singkat berikut ini.

1. Kunjungi www.flickr.com di perangkat Anda dan masuk ke akun Flickr Anda. Jika belum pernah mendaftar, Anda bisa menggunakan akun Yahoo untuk masuk ke Flickr. Belum punya akun Yahoo? Anda dapat langsung membuatnya di layar ini dengan memilih tombol Sign up with Yahoo.

layar utama flickr

2. Jika sudah memiliki akun tersebut, Anda bisa mengunduh aplikasi Flickr dari Google Play untuk dipasang di ponsel Android. Setelah terpasang, jalankan aplikasi tersebut.

3. Saat pertama dijalankan, Flickr akan menanyakan apakah Anda ingin mengatur backup foto dan video secara otomatis. Pilih dari dua opsi yang tersedia yaitu upload foto menggunakan koneksi data dan WiFi atau hanya WiFi saja. Kemudian pilih tombol “Done” yang ada di kanan bawah.

Catatan: jika aplikasi Flickr menanyakan detil akun Anda saat dijalankan, masukkan username dan password dari akun Yahoo di langkah pertama.

Selesai sudah! Mudah kan? Lalu bagaimana jika Anda sudah memiliki aplikasi Flickr di ponsel Android tapi proses backup tidak berjalan? Caranya mudah sekali.

svg%3E

1. Buka aplikasi Flickr di Android.

backup foto dari android ke flickr

2. Pilih ikon “Profile” yang ada di layar bagian atas.

3. Pilih menu di bagian kanan atas dan pilih opsi Auto Uploadr

4. Geser tombol pada pilihan Auto Uploadr ke kanan dan selesai.

Semua foto yang dihasilkan dari ponsel atau perangkat Android yang telah dipasangi aplikasi Flickr ini akan diunggah ke akun Flickr Anda di langkah pertama Dengan begitu, jika ponsel hilang atau rusak, semua hasil foto yang (sempat) terunggah, akan bisa ditemukan di layanan Flickr yang dapat diakses langsung dari browser di berbagai perangkat.

Jika kapasitas 1TB terasa kurang, Anda bisa mendaftar Flickr PRO yang menawarkan penyimpanan tak terbatas dan fitur-fitur canggih seperti analitik dan sebagainya.

Verified by MonsterInsights