Review Microsoft Lumia 640 LTE

Perlahan namun pasti Microsoft mulai menunjukkan tajinya dengan lini seri Lumia yang semakin menggoda. Peluncuran Lumia 535 yang mengusung bendera Microsoft pertama tidak terlalu spektakuler dengan spesifikasi dan fitur-fitur seadanya. Dengan Lumia 640, Microsoft akhirnya menawarkan pengalaman penuh Windows Phone dengan fitur-fitur menarik di kelas mainstream.

Inner beauty

Microsoft Lumia 640 adalah smartphone yang menarik. Tak hanya dari rupanya, namun juga peruntukannya. Secara fisik, smartphone Windows Phone dengan layar 5” ini sekilas sangat serupa dengan Lumia 535. Desain casing warna-warni yang dapat dibuka seperti layaknya desain smartphone Lumia lainnya sedikit mengecoh mata. Tampilan tanpa tombol fisik juga mencerminkan desain Lumia 535 dengan penempatan logo Microsoft dan speaker yang sama. Hanya saja peletakan kamera depan yang kini ada di sebelah kiri membuat Lumia 640 berbeda dengan Lumia 535 dari sisi depan. Dari sisi samping, desain minimalis khas Lumia kini memiliki sisi tegak dengan sudut-sudut hidup yang sangat nyaman di genggaman.

Lumia-640-4g-SSIM-beauty2-jpg

Dari sisi belakang, Lumia 640 memiliki desain yang cukup unik namun tidak terlalu jauh membedakan dirinya dengan adik kecilnya yaitu Lumia 535. Logo Microsoft di posisi horizontal kini ditemani dengan modul kamera yang diapit oleh cincin pelindung lensa serta kisi-kisi speaker di posisi kanan bawah. Tidak terlihat terlalu membedakan dengan solusi entry level mainstream, namun masih cukup unik bagi mereka yang memperhatikan hal-hal kecil. Microsoft tampaknya sedikit rendah hati dengan tidak menyertakan informasi Megapixel kamera Lumia 640, karena berbeda dengan adik kecilnya, smartphone ini mengusung kamera utama 8 Megapixel. Toh, bagian belakang juga menjadi bersih dengan tidak banyak informasi yang sebenarnya tidak terlalu penting.

lumia-640-lte-camera

Tanpa tombol fisik di bagian layar, Lumia 640 hanya mengusung tiga tombol saja, yaitu tombol volume (+ & -) dan pengunci layar. Jack headset masih berada di posisi atas dengan port MicroUSB di sisi bagian bawah.

Layar oke

Meskipun dari segi fisik dan spesifikasi internal Microsoft Lumia 640 tidak terlalu berbeda dengan Lumia 535, perbedaan utama ada pada teknologi layar yang membuatnya berada di kelas tersendiri. Hadir dengan layar IPS 5” 720 x 1280 Pixel, Lumia 640 kini hadir dengan teknologi layar ClearBlack. Dengan teknologi ini, Lumia 640 memiliki satu lapisan polarisasi di bawah layar yang meningkatkan ketajaman gambar dan membuat saturasi warna menjadi sangat baik. Kerapatan Pixel yang tinggi juga menambahkan sensasi kualitas layar sangat baik di kelasnya. Kepekatan warna hitam yang sangat baik serta tampilan di bawah cahaya matahari terik menjadi keunggulan Lumia 640 yang tidak dapat dikejar oleh seri Lumia tanpa teknologi layar ClearBlack ini.

lumia-640-lte-samping

Tidak hanya kualitas reproduksi gambar saja, Lumia 640 hadir dengan teknologi Glance yang menampilkan jam serta icon-icon notifikasi pada layar dengan interval waktu yang dapat diatur sendiri. Alhasil, Anda tidak perlu secara aktif menyalakan layar untuk melihat adanya panggilan yang terlewat, cukup dengan melihat layar secara langsung. Adapun fitur ini memakan daya yang cukup substansial, kami menyarankan untuk mengatifkan mode Glance secara interval untuk menghemat daya. Masih dari segi fitur layar, pengguna Lumia 640 juga dapat mengaktifkan fitur mengetuk layar dua kali untuk mengaktifkan layar sehingga cukup memudahkan untuk melakukan pengecekan status panggilan tanpa harus menekan tombol pengunci di sisi smartphone.

Fitur berlimpah dengan performa baik
Lumia 640 hadir sebagai solusi mainstream Microsoft. Tidak banyak berbeda dengan solusi mainstream lainnya, Microsoft kembali hadir menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon quad-core 1.2 GHz yang ditemani dengan memori RAM 1 GB yang tampaknya sudah menjadi konfigurasi standar Microsoft di kelas ini. Optimalisasi sistem yang ketat berkat kepemilikan penuh antara hardware dan software membuat Lumia 640 bekerja secara optimal out of the box. Semua aplikasi bawaan bekerja secara konsisten dengan loading antara aplikasi dan task switching bukanlah sebuah hal yang berarti.

Pada penggunaan sehari-hari, Lumia 640 memberikan pengalaman menggunakan Windows Phone yang konsisten. Semuanya berjalan sangat baik dari segi aplikasi hingga gaming. Game-game populer seperti Candy Crush Saga dan Temple Run berjalan mulus tanpa hambatan berarti. Kami menemukan Lumia 640 sedikit menampilkan fps yang rendah pada beberapa game dengan tampilan 3D kompleks namun tidak parah dan kami masih dapat menikmati bermain game pada smartphone ini.

lumia-640-lte-battery

Sebagai sebuah smartphone dengan kemampuan 4G (LTE), Lumia 640 memiliki keunggulan yang unik juga di kelasnya. Sayangnya cakupan sinyal 4G yang masih belum stabil tidak dapat dijadikan patokan daya tahan baterai smartphone ini. Akan tetapi, dengan sinyal 3G, pada penggunaan normal, percakapan 30 menit, browsing internet selama 1 jam, dan mengambil foto terus menerus selama 15 menit, baterai yang termakan adalah 25%. Pada penggunaan normal, Lumia 640 dapat bertahan hingga seharian dari pagi hingga malam hari.

Kamera belakang memesona
lumia-640-lte-lumia-cameraPeningkatan pada sisi layar juga diteruskan pada sisi kamera dengan modul kamera utama 8 Megapixel autofocus. Reproduksi warna yang akurat dengan tingkat noise rendah memang tidak terlalu jauh berbeda dengan modul 8 Megapixel Lumia lainnya. Namun dibandingkan dengan adik kecilnya, jumlah resolusi yang lebih tinggi mengijinkan penggunanya untuk memanipulasi gambar lebih baik.

Terlebih dengan aplikasi Lumia Camera yang selalu menjadi bintang tersendiri untuk jajaran smartphone seri Lumia. Dengan pengaturan manual fokus, white balance, exposure, ISO, dan shutter speed, pengguna smartphone seri Lumia dapat memaksimalkan setiap pengambilan gambar dengan teknik-teknik fotografi tingkat lanjut. Sayangnya, Lumia 640 hanya mengusung kamera depan dengan resolusi 0.9 Megapixel. Meskipun begitu, penggila selfie akan dapat mengandalkan kamera belakang dengan bantuan software Lumia Selfie untuk mendapatkan pose yang ideal.

Berikut hasil foto Lumia 640 LTE tanpa penyuntingan. Hasil foto selengkapnya bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan:

Lumia 640 adalah produk yang unik. Tidak banyak berbeda dengan adik kecilnya yaitu Lumia 535 dari segi fisik, namun menawarkan banyak fitur-fitur menarik yang menempatkannya pada kelas tersendiri. Fitur layar pada Lumia 640 LTE membuatnya unik dan menawarkan pengalaman menggunakan Windows Phone sebenarnya. Fitur Glance, membuka layar dengan ketukan, ketajaman warna serta kerapatan pixel yang tinggi membuat smartphone ini patut dipertimbangkan untuk fans Windows Phone dan bahkan untuk pengguna smartphone secara luas.

Yang canggih:
+ Layar Clear Black yang tajam dan nyaman digunakan di bawah sinar matahari
+ Kinerja lancar
+ Koneksi 4G
+ Hasil foto kamera utama baik, lengkap dengan pengaturan manual
+ Daya tahan baterai baik
+ Desain ergonomis

Yang kurang:
– Kamera depan hanya pelengkap
– Agak tersendat saat memainkan game 3D

Spesifikasi Microsoft Lumia 640 LTE
Chipset Qualcomm Snapdragon 400
Prosesor Cortex-A7 Quad-core 1.2 GHz
RAM 1GB
Memori internal 8GB + slot microSD
Kamera Utama 8 megapixel + depan 1 megapixel
OS Windows Phone 8.1 dengan Lumia Denim
Baterai 2500mAh
Dimensi 141.3 x 72.2 x 8.8 mm
Bobot 145 gram
Baca juga
Disambut Positif, Bundling OPPO F11 Jewelry White dengan Mini Printer INSTAX Ludes Terjual