Microsoft Office Mobile: Mengolah Dokumen Kini Lebih Mudah di Android

Siapa yang tak kenal Microsoft Office? Sejak zaman sekolah, aplikasi pengolah dokumen dari perusahaan PC nomor satu di dunia ini sudah diajarkan, dan menjadi syarat dasar di dunia kerja.

office

Karena itu, tak salah memang jika Microsoft pada akhirnya meluncurkan versi resmi Microsoft Office di mobile platform terpopuler saat ini. Dan kabar baiknya, ini gratis. Bagaimana pun, Microsoft Office merupakan “jagoan” dalam hal pengolahan dokumen, mulai dari ketik-mengetik, tabel dan grafis, hingga berkas presentasi. Jadi, meskipun aplikasi sejenis sudah hadir sejak bertahun-tahun lalu, Microsoft tidak akan kehilangan kepercayaan diri meluncurkan versi termutakhir ini.

Apakah semua fitur di PC juga ditemukan di versi Android? Mari kita lihat: akses, buat, baca dan sunting dokumen Microsoft Word, Excel dan PowerPoint yang akan tertampil seperti aslinya karena aplikasi ini telah mendukung chart, animasi, SmartArt hingga shapes. Office Word memiliki fungsi yang sama dengan versi desktop-nya, seperti mampu menyimpan dokumen dalam berbagai bentuk termasuk Rich Text Format (.RTF), Microsoft DOC format dan Berkas naskah.

Word juga mampu memasukkan gambar, daftar, dan tabel ke dokumen, meskipun gambar tidak dapat disalin dan ditempel. Word juga memiliki fitur pemeriksa ejaan, alat penghitung kata, dan perintah “Cari dan Ganti”. Catatan kaki, judul atas dan kaki, jeda halaman dan jenis huruf juga didukung meski baru sebatas menyunting (berkas dibuat menggunakan desktop terlebih dahulu).

Dengan Microsoft Excel, Anda dapat menyunting sel, formula perhitungan dasar dan pembuatan bagan serta grafik. Penyaringan data dan panel pembagi untuk melihat bagian lain lembar kerja pada satu waktu juga didukungnya, termasuk tampilan dengan layar penuh. Sementara pada PowerPoint yang sebelumnya tidak dapat membuat berkas baru, kini hal itu dapat dilakukan. Tampilan semua aplikasi kantoran ini mirip dengan yang biasa Anda gunakan di PC berbasis Windows 7 dan 8. Secara keseluruhan, tampilan dan cara penggunaannya akan sangat mirip dengan versi PC.

office-for-android

Anda juga dapat menyimpan berkas di awan agar dapat diakses dan disunting langsung dari perangkat yang berbeda. Jadi misalnya Anda membuatnya di PC, lanjutkan di smartphone atau tablet, dan sebaliknya. Jika terkoneksi, maka Anda akan melihat berkas terakhir yang Anda kerjakan di menu “Recent Documents”. Aplikasi yang bisa diunduh dari Google Play Store ini hanya mendukung perangkat bersistem operasi Android minimal versi 4.0.

Verified by MonsterInsights