Quantcast
AndroidAplikasi

Tidak Pernah Lupa Shalat berkat Salatuk (Prayer time)

Pasang widget waktu shalat di beranda Android Anda agar ibadah terjaga tepat waktunya, lengkap dengan arah kiblat dan adzan.

salatuk app

Selama ini kita dapat dengan mudah menemukan aplikasi pengingat waktu shalat di berbagai macam market OS. Namun ide mencari aplikasi sejenis Salatuk ini muncul di saat kami merasa pengingat waktu shalat bukanlah adzan pada waktunya. Melainkan tampilan widget atau jendela kecil di halaman utama smartphone dan tablet yang menampilkan waktu shalat selama sehari lengkap dengan penghitung waktu mundurnya.

Ya, seperti itu pentingnya ibadah shalat wajib terutama bagi laki-laki yang diharuskan melaksanakannya secara berjama’ah di masjid, membuat Salatuk dan beberapa aplikasi sejenis lainnya diperlukan bagi umat Muslim. Apalagi hanya sekitar dua bulan lagi kita akan menyongsong bulan Ramadhan. Tak hanya dapat berbunyi adzan atau notifikasi saat jam shalat telah masuk, Salatuk juga mampu menampilkan widget dengan beberapa pilihan tampilan.

salatuk_3

Seperti jendela kecil berlatar biru dengan siluet menara masjid di sisi kanan atas, dengan susunan waktu shalat mulai dari Subuh, waktu terbit matahari (batas akhir waktu menunaikan shalat Subuh), Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Lalu ada juga tampilan kotak kecil berlatar putih yang bisa Anda atur tingkat transparasinya. Sangat berguna jika Anda ingin “membaurkan” widget ini dengan gambar latar (wallpaper) yang indah, misalnya.

Tak ketinggalan adalah kompas penunjuk arah kiblat. Sedikit tips, sebelum menggunakannya, pastikan fitur Lokasi (atau GPS) di perangkat Anda telah aktif. Lalu, letakkan perangkat di tempat datar, dekat dengan jendela atau lebih baik lagi di luar ruangan. Lalu masuk ke Salatuk dan baru Anda akses ke gambar kompas. Beberapa kali percobaan menunjukkan hasil yang cukup akurat. Apalagi aplikasi ini akan secara otomatis memperbaharui lokasi terkini Anda.

salatuk

Silakan unduh dan pasang aplikasi berguna ini secara gratis dari Google Play Store. Jika Anda menyukainya, sampaikan pada kerabat agar mereka dapat shalat tepat waktu, dan in syaa Allah akan bernilai ibadah bagi kita semua. Aamiin.

Back to top button