Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

[Konsep] Samsung Smart Bike: Sepeda Pintar yang Mementingkan Keamanan

Tingginya angka kecelakaan yang dialami oleh pengendara sepeda di jalanan dijadikan inspirasi oleh Alice Biotti, seorang desainer muda dari Samsung Maestros Academy, untuk mewujudkan sebuah konsep sepeda masa depan yang diberi nama Samsung Smart Bike.

samsung-smart-bike-1

Memulai debutnya di ajang Milan Design Week, hasil karyanya yang sangat inovatif ini berhasil menyedot perhatian banyak orang. Pasalnya, tidak hanya dari desain sepeda ini yang keren tapi teknologi canggih yang ditawarkaannya juga sangat mengagumkan.

Untuk desain Samsung Smart Bike Alice Biotti berkerja sama dengan Giovanni Pelizzoli, sang maestro dalam dunia rancangan rangka untuk sepeda. Rangka sepeda ini hadir dengan desain lengkungan pipa alumunium yang diklaim mampu mengurangi efek guncangan pada tubuh untuk memberikan efek berkendara yang lebih nyaman saat berjalan di medan yang tidak rata.

Sepeda juga telah dilengkapi dengan 4 laser yang dikendalikan oleh modul Arduino. Kegunaan laser ini untuk memproyeksikan garis atau jalur sepeda sebagai penanda agar pengendara kendaraan lain dapat mengatur jarak saat Anda sedang bersepeda. Laser ini pun dapat secara otomatis aktif dan non-aktif menyesuaikan tingkat pencahayaan. Selain itu terdapat lampu yang menjadi penanda sepeda saat Anda bersepeda di malam hari.

Untuk mengurangi resiko kecelakaan, Samsung Smart Bike telah dilengkapi sebuah modul kamera. Gunanya agar pengendara sepeda bisa memantau kondisi lalu lintas dari arah belakang saat terhubung ke smartphone Samsung.

Dengan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi, Samsung Smart Bike dapat terhubung langsung ke smartphone Samsung. Menggunakan aplikasi yang ada di smartphone, Anda bisa melakukan beragam pengaturan seperti misalnya menggunakan fitur GPS untuk memetakan lokasi dan jalur yang harus ditempuh, melihat kecepatan Anda berkendara hingga menyalakan fitur kamera.

Meski konsep dan kecanggihan yang ditawarkannya amat menarik, hingga saat ini belum ada kejelasan apakah Samsung benar-benar akan mewujudkan sepeda pintar ini atau tidak. Jika berhasil diproduksi massal, Samsung Smart Bike akan masuk sebagai sepeda canggih yang paling aman untuk dikendarai.

Back to top button