Quantcast
KomputerNewsTablet PC

Hands-On: Sejenak Mencoba Langsung Samsung GALAXY Tab S

Langsung dari ajang Samsung Premier 2014 yang diadakan di New York City, Amerika Serikat, kami sempat mencoba Samsung GALAXY Tab S secara singkat. Pihak Samsung mengadakan berbagai demo yang cukup menarik, mulai dari membandingkan kualitas tampilan layar dengan tablet besutan kompetitor terdekatnya hingga menguji kemampuan layarnya untuk beradaptasi dengan pencahayaan sekitar.

Berikut kesan pertama tim yangcanggih.com yang telah mencoba Galaxy Tab S secara langsung di acara Samsung Premier 2014.

Ringan dan tipis

samsung galaxy tab s layar hitam pekat

Saat pertama kali melihat dan memegangnya, kami cukup kagum dengan Samsung yang berhasil menjejalkan hardware kelas atas ke dalam Tab S yang tipis dan ringan. Walaupun tipis dan ringan, Tab S tetap memberikan kesan kokoh untuk penggunaan sehari-hari secara intensif. Bagian sampingnya tidak lagi mengadopsi finishing krom, tetapi warna perunggu kecoklatan. Ini membuatnya tampil lebih mewah dibandingkan tablet Samsung sebelumnya.

Bahkan Tab S versi 10,5 inci sekalipun tetap nyaman digenggam dengan satu tangan. Slot kartu SIM dan microSD yang diletakkan di sisi-sisinya juga mudah diakses.

Kualitas layar

samsung galaxy tab s layar

Seperti dapat dilihat di artikel ini, spesifikasi layar Samsung GALAXY Tab S amat menggiurkan. Resolusi layar 2500×1600 pixel, baik versi 8,4 inci maupun versi 10,5 inci, mampu menampilkan gambar dan video dengan tajam dan menyajikan warna yang cemerlang. Kesan pertama mencermati layarnya, Anda akan menyukai Tab S jika menyukai layar yang handal dalam menampilkan warna-warni yang matang. Ini juga diperkuat dengan rasio kontras layar Super AMOLED yang amat tinggi, yaitu mencapai 100.000:1 sehingga warna hitam yang ditampilkan lebih pekat dan warna putih lebih terang dibandingkan di layar LCD.

samsung galaxy tab s layar tajam

Ketajaman layarnya juga berhasil dibuktikan saat digunakan membaca majalah digital. Selain warna yang cemerlang dan matang, layar Galaxy Tab S juga mampu menampilkan teks dengan amat tajam. Fitur Adaptive Display juga bekerja cukup baik untuk membuat mata tidak cepat lelah saat membaca lama.

Secara singkat, kualitas layar Tab S patut diacungi jempol dan langsung terasa bedanya jika dibandingkan dengan layar LCD biasa.

Keyboard Bluetooth
Samsung rupanya telah menyediakan keyboard Bluetooth khusus dengan mekanisme penutup yang lebih baik saat dipasang ke Tab S. Keyboard ini juga memiiki ketebalan yang cukup langsing sehingga saat disandingkan akan membuat Tab S terlihat seperti notebook mini yang tetap tipis. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aksesori tersebut sebagai penyangga (stand) untuk membuatnya lebih nyaman digunakan saat di atas meja.

Nantinya akan tersedia dua versi keyboard untuk tiap varian Galaxy Tab S berdasarkan ukuran layar. Belum ada informasi harga untuk keyboard Bluetooth ini, tapi kami prediksi harga keyboard khusus Tab S ini akan ada di kisaran 1 juta rupiah.

Mengingat waktu yang amat singkat dan banyaknya wartawan yang antri untuk mencicipi Samsung GALAXY Tab S, kami belum sempat mencoba untuk memainkan game atau menjalankan aplikasi yang berat untuk menguji performanya. Namun jika dilihat dari segi layar dan desain, bisa dibilang inilah tablet Android terbaik yang dimiliki Samsung saat ini. Diperkirakan tablet ini akan hadir di Indonesia akhir bulan Juli 2014 dengan harga yang belum dikonfirmasikan. Mengacu pada harga versi Wi-Fi, kami prediksi Samsung Galaxy Tab S akan dijual sekitar Rp6 juta (versi 8,4 inci) dan 7,2 juta (versi 10,5 inci). Berminat?

Sebagai catatan, versi yang dicoba adalah versi Wi-Fi yang kemungkinan besar tidak masuk ke Indonesia. Informasi dan spesifikasi lebih lengkap mengenai Samsung GALAXY Tab S dapat disimak di tautan berikut.

Back to top button