Quantcast
Audio VideoMobile GadgetNews

[Konsep] Mi.Mu: Sarung Tangan Canggih untuk Membuat Musik

Dunia gadget saat ini sedang diramaikan dengan tren wearable device. Ini mendorong munculnya banyak inovasi dan konsep baru produk wearable device yang tidak hanya sebatas perangkat untuk memantau kesehatan tubuh saja. Satu contoh yang menarik yaitu Mi.Mu, sebuah sarung tangan canggih yang dirancang khusus untuk membuat musik.

Mi-Mu-1

Jika Anda pecinta musik elektronik, nama besar Imogen Heap tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Musisi kreatif asal Inggris inilah yang merancang dan mengembangkan Mi.Mu bersama tim yang dimilikinya sejak 4 tahun lalu. Mi.Mu dirancang dengan tujuan yang amat sederhana yaitu agar para musisi elektronik yang biasa tampil solo, bisa lebih leluasa mengolah musiknya tanpa perlu membawa dan menggunakan banyak alat musik di atas panggung saat beraksi.

Dengan sarung tangan Mi.Mu, musisi kini dapat mengendalikan seluruh alat musik, mengatur tempo hingga membuat efek suara yang ingin dimainkan tanpa perlu lagi menyentuh alat musik atau laptop. Setiap pergerakkan tangan dan jari-jari Anda inilah yang akan menghasilkan beragam musik dan efek suara yang berbeda.

Mi-Mu-2

Rahasianya, Mi.Mu hadir dengan sejumlah sensor yang akan membaca gestur tangan dan pergerakkan jari tangan Anda. Seluruh sensor di sarung tangan ini didukung oleh sebuah x-OSC Board yang telah dilengkapi dengan sensor IMU untuk mendeteksi gesture dan orientasi tangan pengguna. X-OSC Board inilah yang bertugas mengolah seluruh input pergerakan tangan dan jari. Datanya kemudian akan dikirim ke komputer lewat koneksi WiFi.

Di komputer, data yang dikirim x-OSC Board tadi akan diolah menjadi rangkaian musik lewat software khusus miliknya. Software canggih ini akan langsung mengonversi dan memetakan seluruh data input pergerakan tangan tersebut ke beragam alat musik dan efek suara yang ingin dimainkan seperti misalnya suara drum dan efek synth untuk menjadi sebuah rangkaian musik. Software ini juga memungkinkan Anda untuk memasukkan input ke MIDI dan bisa dipadukan dengan software musik tambahan seperti misalnya Ableton Live, Logic Pro dan lainnya.

Kabar baiknya, Mi.Mu merupakan proyek open source sehingga para musisi dan pengembang bisa bekerjasama membuat aplikasi pendukung sarung tangan ini sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Sayangnya, usaha pengumpulan dana Imogen Heap dan tim ini tidak tercapai melalui laman Kickstarter.com, tapi setidaknya Mi.Mu mengusung konsep yang menarik untuk diwujudkan secara massal guna mendukung para musisi untuk berkarya.

Penasaran dengan aksi Imogen Heap diatas panggung menggunakan Mi.Mu, simak video demo berikut ini.

Untuk video klipnya berikut ini

Back to top button