Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Samsung NX Mini: Kamera Mirrorless Mungil untuk Selfie

Saat ini, melakukan foto diri alias selfie lebih marak menggunakan kamera pada smartphone. Nah, bagi Anda yang kurang puas dengan hasil kamera smartphone, Samsung menghadirkan kamera mirrorless yang dirancang untuk memudahkan selfie.

Paling ringan dan paling tipis 

Samsung NX Mini hadir dengan layar sentuh 3 inci yang dapat diputar 180° sehingga menghadap ke arah subyek yang difoto. Untuk menjadikannya kamera terbaik untuk selfie, Samsung memasukkan fitur Wink Detection. Jadi Anda cukup mengedipkan mata, dan kamera akan mengambil foto dalam 2 detik. Dengan begitu Anda tidak perlu repot mengatur timer atau membeli remote terpisah. 

Main-3-NX-mini

Untuk hasil foto, NX Mini mengandalkan sensor CMOS BSI 20 megapixel berukuran 1 inci. Sensornya ini sejajar dengan Nikon 1 V3 dan Sony Cybershot RX10. NX Mini juga dibekali performa cukup cepat dengan dukungan continuous shot 6fps, serta kecepatan rana maksimum 1/16000 detik yang cukup jarang dimiliki kamera mirrorless.

Desain yang trendi juga menjadi kekuatan NX Mini, dengan adanya 5 pilihan warna menarik yaitu putih, pink, hijau mint, coklat, dan hitam. Sesuai namanya, bentuk fisik NX Mini ini amat ringkas. Bahkan, dengan bobot hanya 158 gram dan ketebalan bodi 22,5mm, inilah kamera mirrorless yang paling ringan dan paling tipis di dunia saat ini. Sentuhan desain mewah juga terasa dengan kombinasi bodi metal dan finishing bergaya kulit. Semoga saja ukuran mungilnya tidak membuatnya kurang nyaman digenggam.

Seperti Smart Camera dari Samsung, NX Mini telah dilengkapi NFC dan Wi-Fi. Dikombinasikan dengan fitur Tag & Go, NX Mini dapat dihubungkan ke perangkat yang telah dilengkapi NFC hanya dengan menyentuhkan keduanya. Setelah terhubung, Anda dapat memindahkan gambar, berbagi foto ke empat perangkat sekaligus, mengendalkan NX Mini dari smartphone dengan aplikasi Remote View Finder Pro, dan menggunakan kamera sebagai Baby Monitor.

Lensa khusus
Selain itu, tersedia lensa NX-M 9mm (setara 24mm)  f/3.5 ED yang dirancang khusus untuk keperluan selfie. Selain untuk foto diri, lensa dengan sudut pandang ekstra lebar ini juga ideal untuk memotret pemandangan saat berlibur. Desain lensa yang mungil dan ringkas juga membuatnya mudah disimpan di tas.

Selain lensa tersebut, Samsung juga menghadirkan lensa zoom NX-M 9-27mm (setara 24-73mm) F3.5-5.6 ED OIS yang juga ringkas. Bagi yang suka memotret portrait, Samsung juga sudah menyediakan lensa NX-M 17mm (setara 45mm) F1.8 OIS.

Bagi yang sudah memiliki koleksi lensa dengan mount NX, dapat menggunakannya di NX Mini dengan membeli NX-M Mount Adapter yang dijual terpisah.

Baterai tahan lama

Salah satu hal yang dibanggakan Samsung NX Mini adalah ketahanan baterainya. Kebanyakan kamera mirrorless berukuran mungil hanya dapat memotret kurang dari 300 foto sebelum harus diisi ulang. Nah, stamina Samsung NX Mini jauh lebih baik. Kamera ini mampu menghasilkan sekitar 650 foto atau merekam video berdurasi hingga 190 menit (menggunakan lensa 9mm) sebelum Anda harus mengisi baterainya.

Paket penjualannya juga telah menyertakan Adobe Photoshop Lightroom 5 yang menjadi andalan para fotografer dan videografer profesional. Rencananya Samsung akan memasarkan NX Mini seharga US$449 (dengan lensa 9mm) atau US$549 (dengan lensa zoom 9-27mm).

[table]Spesifikasi;Samsung NX Mini
Sensor; BSI-CMOS 1 inci 21 megapixel
Layar;LCD TFT 3 inci, dapat diputar hingga 180 derajat (460.800 pixel)
Mount; Samsung NX-M (2,7x focal length multiplier)
Video;”Full HD 1080p MPEG-4, H.264″
ISO: “160-12800 (dapat diperluas antara 100-25600)”
Scene mode;Beauty Face, Best Face, Landscape, Macro, Action Freeze, Rich Tone, Panorama, Waterfall, Silhouette, Sunset, Night, Firework, Light Trace, Continuous Shot, Kids Shot, Food, Parties dan Indoors
Autofocus;Contrast Detect (sensor), Multi-area, Center, Selective single-point, Single, Continuous, Touch. Face Detection, Live View
Titik Fokus;21 titik
Memori;microSD/microSDHC/microSDXC
Koneksi;802.11b/g/n, NFC, USB 2.0, HDMI
Bobot;196 gram (termasuk baterai)
Dimensi;110 x 62 x 23 mm
[/table]
Back to top button