Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[IFA 2013] Samsung Perkenalkan Galaxy Note 3

Tidak terasa phablet besutan Samsung sudah memasuki generasi ketiga. Di ajang IFA 2013 yang berlangsung di Berlin, Samsung memperkenalkan Galaxy Note 3 yang telah mengemas banyak peningkatan.

Dari tampilan fisik, Galaxy Note 3 langsung terlihat berbeda dibandingkan Note 2. Selain mengemas layar Full HD berukuran 5,7 inci yang lebih besar, Note 3 mengadopsi desain cover depan dan belakang yang kini menggunakan bahan kulit sintesis yang gaya. Dengan bahan yang baru ini, Note 3 kini hadir dalam beberapa pilihan warna menarik seperti di gambar. Walaupun ukuran layarnya membesar, bodi Note 3 ternyata sedikit menyempit sehingga lebih mudah digenggam dengan satu tangan. Ketebalannya juga menipis jika dibandingkan Note 2, begitu juga dengan bobotnya yang kini lebih ringan.

Pilihan Warna Galaxy Note 3
Pilihan Warna Galaxy Note 3

Kamera juga telah ditingkatkan menjadi 13 megapixel di bagian belakang. Keunggulan utama kamera Note 3 terletak pada kemampuannya untuk merekam video Ultra HD 4K yang resolusinya 4x lebih rapat dibandingkan Full HD. Samsung juga memasukkan Smart Stabilization untuk hasil foto lebih stabil serta flash LED CRI yang lebih baik.

Galaxy Note3_030

Samsung juga meningkatkan kecanggihan S Pen, pena stylus andalannya. Kini hanya dengan menekan tombol S Pen saat sedang pena diposisikan di atas layar, Anda dapat mengakses Air Command. Fitur yang bertujuan untuk mempermudah proses multitasking ini memberikan akses ke beberapa fungsi kunci seperti:

  • Action Memo

Berbekal fitur ini, Anda dapat mencatat dan langsung mengeksekusi fungsi atau mengubah tulisan tangan menjadi konten yang sudha diformat. Bahkan dari Action Memo Anda juga bisa menelpon, menambah kontak, mencari alamat di peta, mencari informasi di web, dan sebagainya, semua dengan tulisan tangan.

  • Scrapbook

Sesuai namanya, Scrapbook akan mengumpulkan berbagai informasi yang kemudian dapat dikelompokkan. Hasil akhirnya mirip seperti buku kliping digital yang berisikan artikel, foto, dan video. Scrapbook juga menyimpan URL sumber dari materi yang dikumpulkan.

  • Screen Write

Fitur ini berguna untuk menangkap gambar dari laman Web yang kemudian dapat dibubuhi tulisan tangan.

  • S Finder

Pencarian data dapat dilakukan lebih mudah, apapun jenis konten yang ingin ditemukan. Bahkan Anda juga dapat mencari tulisan tangan serta simbol dan formula di aplikasi Notes dan memo Note 3.

  • Pen Window

Fitur Pen Window berikut ini memberikan kemampuan untuk membuka dua aplikasi sekaligus. Anda cukup menggambar jendela tambahan dalam berbagai ukuran dan kemudian membuka aplikasi lain seperti YouTube, kalkulator atau browser, tanpa mengganggu aplikasi yang sedang dibuka.

Galaxy Note3 FlipCover_Pen_Wild Orange

Selain Pen Window, Galaxy Note 3 juga masih dilengkapi fitur Multi Window yang lebih canggih. Kini pengguna dapat menjalankan dua aplikasi di dua jendela sekaligus, misalnya membuka Browser dan ChatON secara bersamaan. Bahkan ada mode Drag and Drop untuk memudahkan pemindahan teks dan gambar dari jendela yang satu ke jendela yang lain.

Selain itu, terdapat aplikasi My Magazine yang menawarkan koten berita, social media, dan sebagainya. Tampilannya lebih mirip majalah sosial seperti Flipboard. Tidak mengherankan mengingat Samsung menggandeng Flipboard untuk mengembangkan aplikasi ini. Galaxy Note 3 juga dilengkapi S View Cover yang lebih canggih. Sekarang Anda bisa menggunakan Note 3 dengan kondisi tertutup.

Dengan S-View Cover yang baru
Dengan S-View Cover yang baru

Dari fitur yang dimiliki Galaxy Note 3, Samsung sepertinya kembali menunjukkan kepiawaiannya berinovasi lewat S Pen dan fitur-fitur multitasking yang lebih baik. Belum ada informasi kapan Galaxy Note 3 akan mendarat di Indonesia. Tapi sekali lagi dengan menilik nilai tukar rupiah ke dolar US yang cukup rendah, saya prediksi Samsung akan menjual Galaxy Note 3 di kisaran 8 juta rupiah.

[table th=”0″]Spesifikasi;Samsung Galaxy Note 3

Prosesor;”2.3 GHz Quad-Core untuk versi LTE dan 1.9 GHz Octa Core (A15 1.9 GHz & A7 1.3 GHz) untuk versi 3G (tergantung pasar)”
Layar; 5,7 inci (144.3mm) Full HD Super AMOLED (1920 x 1080 pixel)
OS;Android 4.3 (Jelly Bean)
Kamera Utama (Belakang); 13 Mega-pixel BSI Sensor, Auto Focus camera dengan Smart Stabilization, LED Flash(High CRI), dan Zero Shutter Lag
Kamera Depan; sensor BSI 2 Mega-pixel dengan Smart Stabilization dan perekaman video Full HD 30fps
Dual Camera;”Dual Shot / Dual Recording/ Dual Video Call
Perekaman Video; UHD 30fps, Smooth motion (FHD 60fps), Slow motion (HD 120fps)”
Camera Mode;”Drama Shot, Sound & Shot, Animated Photo, Eraser, Best Photo, Best Face, Beauty Face, HDR (High Dynamic Range), Panorama, Sports, Golf, Surround shot, Live effect”
Konektivitas;”WiFi 802.11 a/b/g/n/ac (HT80), GPS / GLONASS, NFC, Bluetooth® v 4.0 (LE), IR LED (Remote Control), MHL 2.0″
Memori;”Internal 32/64 GB + microSD slot (mencapai 64GB)”
RAM;3GB
Dimensi;”151.2 x 79.2 x 8.3mm”
Bobot;168 gram
Baterai;”Li-ion 3,200 mAh”
[/table]

Back to top button