Sony Perkenalkan NEX-5T, Kini Dengan Fitur NFC dan WiFi

Sony menghadirkan NEX-5T, kamera mirrorless berukuran ringkas terbarunya. Kamera ini diproyeksikan sebagai pengganti NEX-5R yang telah dipasarkan sejak tahun 2012 silam.

sony_nex5t_hand

Dari sisi desain, nyaris tidak ada yang berubah jika dibandingkan dengan NEX-5R. Tidak ada viewfinder elektronik terintegrasi atau tombol putar pemilih modus pemotretan seperti yang ditemukan di NEX-6. Sama seperti NEX-5R, sensor yang digunakan masih CMOS APS-C 16 megapixel.

Perbedaan utamanya terletak pada fitur NFC. Sony NEX-5T merupakan kamera ILC pertama yang dilengkapi fitur NFC untuk memudahkan koneksi dengan tablet dan smartphone Android yang memiliki fitur serupa. Anda tinggal menyentuhkan tablet atau smartphone yang memiliki NFC ke kamera jika ingin menghubungkannya. Setelah terhubung, Anda dapat langsung memindahkan foto dan video dari kamera.

sony_nex5t_lcd

svg%3E

Jika tablet atau smartphone Anda belum mendukung NFC, NEX-5T mendukung transfer data melalui WiFi dan aplikasi Sony PlayMemories Mobile yang tersedia untuk platform iOS dan Android. Juga terdapat fitur “Smart Remote Control” yang menggunakan koneksi Wi-Fi untuk menjadi tablet atau smartphone sebagai viewfinder dan menjepret dari jarak jauh. Fungsi ini cukup berguna jika Anda ingin memotret candid atau satwa liar tanpa terlihat oleh subyeknya.

Sony_nex5t_back

Sama seperti NEX-5R, kamera ini juga dilengkapi teknologi Fast Hybrid AF yang mengombinasikan metode phase-detection dan contrast-detection. Kemudian ada juga modus Speed Priority yang dapat mengunci fokus dengan kecepatan hingga 10 frame per detik.

Sony NEX-5T akan ditawarkan dalam pilihan warna hitam, silver dan putih dengan harga US$700 (sudah termasuk lensa kit SELP1650). Untuk paket bodi saja atau tanpa lensa, harganya sekitar US$550 atau sekitar 6 juta rupiah.

[table th=”0″]Spesifikasi;Sony NEX-5T
Sensor;CMOS APS-C HD 16 megapixel
Tampilan;”Layar sentuh TFT 3 inci (921.600 titik) fleksibel ke atas 180°, ke bawah 50°”
ISO;100-25600
Shutter speed; 1/4000 – 30 detik
Flash; Eksternal (disertakan)
Video; Full HD 1080p dalam format AVCHD dan H.264
Continuous drive; 10 frame per detik
Konektivitas;”USB 2.0, NFC, WiFi”
Memori; SD/ SDHC/SDXC, Memory Stick Pro Duo/ Pro-HG Duo
Baterai; Lithium-Ion NPFW50 (330 foto)
[/table]