Quantcast
Mobile GadgetNews

MediaTek Umumkan Prosesor Delapan Core Yang Sejati

Jumlah core atau inti sering menjadi indikator kinerja sebuah prosesor, baik untuk perangkat mobile atau komputer. Walaupun jumlah core bukanlah ukuran mutlak untuk mengukur performa, tapi di atas kertas semakin banyak jumlah core akan semakin meningkatkan performa saat melakukan multitasking atau membuka banyak aplikasi.

Untuk perangkat tablet dan smartphone, prosesor dengan 8 inti atau octa-core masih eksklusif dimiliki Samsung dengan Exynos Octa. Namun sebenarnya Exynos Octa merupakan gabungan dari dua prosesor quad-core, bukan satu prosesor dengan delapan inti. Dalam praktiknya, hanya 4 core yang dapat berjalan sekaligus.

mediatek_true_octa_1

MediaTek kini mengumumkan kehadiran prosesor octa-core sejati yang memungkinkan 8 inti prosesor untuk berjalan sekaligus. Jadi tiap core dapat menjalankan satu aplikasi atau satu tugas. Ini menjadikan kerja prosesor lebih efisien dan terasa lebih cepat saat membuka banyak aplikasi.

Tambahan terbaru yang dihadirkan MediaTek adalah kemampuannya untuk mengalokasikan core CPU untuk menjalankan tab di web browser, inpute pengguna, serta melakukan rendering efek 3D. Untuk gaming, MediaTek True Octa-Core memungkinkan urutan pemrosesan yang berbeda untuk dialokasikan ke core yang berbeda, sehingga meningkatkan frame-rate saat memutar video dan mengurangi latensi saat bermain game.Efisiensi daya juga lebih baik, dengan konsumsi daya 18 persen lebih rendah saat memutar video Full HD jika dibandingkan dengan prosesor quad-core.

Saat ini belum diinformasikan perangkat apa yang akan menggunakan prosesor MediaTek True Octa-Core, jadi bersabar saja ya!!

Back to top button