Quantcast
News

BlackBerry Innovation Center Umumkan Pemenang Kompetisi BBIC di ITB

BBIC atau BlackBerry Innovation Center telah bekerja sama dengan LPTIK (Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan) Institut Teknologi Bandung dalam menyelenggarakan kompetisi ICT Business Plan Technopreneurship Competition dan National Innovation Competition on Smart Mobile Ecosystem.

Peserta kompetisi ini diminta untuk mengumpulkan informasi ringkas mengenai bisnis mereka seperti kesempatan, latar belakang, deskripsi perusahaan, deskripsi produk atau layanan, pasar sasaran, teknologi yang digunakan, manajemen operasional, manajemen umum, analisis risiko hingga prediksi keuangan. Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia, menyerahkan langsung hadiah bernilai total $115.000 untuk 15 kelompok peserta dari seluruh Indonesia.

“Kami sangat bangga berada di sini untuk mendukung generasi muda Indonesia yang berbakat di setiap langkah mereka. Visi kami adalah mendukung percepatan pertumbuhan dari industri aplikasi mobile sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru di industri ini.”

Sementara itu tujuan kompetisi ini di antaranya adalah terciptanya landasan kuat untuk memobilisasi para pengusaha di bidang ICT untuk membantu pertumbuhan di sektor mobile computing, serta memberikan inspirasi keada generasi berikutnya untuk menjadi pengusaha dan pencipta lapangan kerja yang akan membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik.

Untuk kategori ICT Business Plan Technopreneurship Competition pemenangnya adalah aplikasi sebagai berikut:
EUIS (Electricity Usage Intelligent System)
Pasbaru.com (e-commerece khusus Pasar Baru Bandung)
buSpot (aplikasi khusus transJakarta)
Smart Ranch (game untuk edukasi)
Electonsole (aplikasi pengontrol perangkat elektronik di rumah atau kantor)

Sementara untuk National Innovation Competition on Smart Mobile Ecosystem, para pelajar baik individu maupun kelompok, bersaing dalam membuat proposal riset dan pengembangan aplikasi perangkat mobile inovatif yang akan memberikan pengaruh signifikan terhadap komunitas.

Sepuluh pemenang yang diumumkan hari ini (24/5) akan mendapat hadiah masing-masing $10.000 dengan proposal sbb:
1. Fluid RMX, merupakan Real Time Simulation Framework for Mobile Interactive Application dari Institut Teknologi Bandung
2. Aplikasi Cerdas Identifikasi Kebutuhan Nitrogen Padi melalui Citra (foto) Daun dari Institut Pertanian Bogor
3. Integrasi Aliran Informasi dalam Implementasi Aplikasi Perangkat Bergerak “MEETIME” dari Universitas Dipenogoro
4. Desain dan Implementasi Sistem Penyediaan Konten Mobile untuk Proses Blended Learning dari Universitas Putera Indonesia-YPTK
5. Smart Building pada Existing Building dari Institut Teknologi Bandung
6. Optimal Path Finding Based on Traffic Information from Twitter dari Institut Teknologi Bandung
7. Pengembangan Augmented Reality sebagai Visualisasi Dalam Pembelajaran Candi-candi di Buku Mata Pelajaran Sekolah dari Institut Teknologi Bandung
8. Smart Laboratory dari Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) AKBA
9. Mobile eCRM with Social Media Integration: Dashboard for Executives and Manager dari Institut Teknologi Bandung
10. Sistem Registrasi, Reservasi dan Antrean pada Praktek Dokter di Rumah Sakit dari Universitas Airlangga.

Artikel terkait

Back to top button