Quantcast
Home GadgetNewsVisual

XBox One: Konsol Yang Tidak Hanya Sekedar Untuk Main Game

Dalam dunia konsol gaming saat ini, tercatat dua pemain besar yang memiliki penggemarnya masing-masing yaitu Sony dan Microsoft. Setelah Sony secara resmi mengumumkan Playstation 4 yang belum dipublikasikan spesifikasinya secara jelas, kini giliran Microsoft yang memperkenalkan XBox versi terbaru yaitu XBOX One, yang sebelumnya dirumorkan bernama XBOX 720.

Xbox one-1

XBOX One merupakan mesin gaming terpadu yang tidak hanya untuk gaming tapi juga dibuat untuk memenuhi kebutuhan multimedia penggunanya. Dibandingkan dengan versi lawasnya, XBOX 360, XBOX One disiapkan dengan teknologi yang lebih canggih yang akan bersaing ketat dengan Playstation 4. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

1. Desain
Jika pada XBOX 360 Microsoft menghadirkan dengan desain bodi yang agak melengkung, XBOX One hadir dengan desain yang tampil klasik dan minimalis dalam balutan warna hitam yang elegan. Desainnya hanya berbentuk kotak, mirip seperti Blu-Ray Player atau DVD Player yang beredar di pasaran. Perubahan desainnya ini juga terlihat pada Kinect yang kini berbentuk persegi panjang tanpa lengkungan, menyelaraskan desain unit utama XBOX One. Sementara kontroler barunya kini tampil lebih sederhana dan tidak berbeda jauh dengan kontroler XBOX 360.

2. Prosesor dan Grafis
Pada XBOX 360, Microsoft menggunakan prosesor yang dirancang khusus yaitu prosesor PowerPC tri-core Xenon yang berlari pada kecepatan 3.2GHz. Sementara sektor grafisnya ditangani oleh kartu grafis ATI Xenos 500MHz yang disokong oleh RAM DDR3 sebesar 512MB.

Sesuai dengan rumor yang telah beredar, Microsoft membekali One dengan prosesor dari AMD. Dengan platform AMD Jaguar, prosesornya ini menggabungkan kemampuan chip CPU 8 inti (8 core), dan GPU (chip grafis) yang masih dirahasiakan identitasnya. Namun dikabarkan chip grafisnya telah mendukung penuh DirectX versi terbaru yaitu DirectX 11.1 dan telah dilengkapi memori ESRAM 32MB high bandwidth untuk kinerja pemrosesan grafis yang lebih maksimal. Sementara pada sektor memori RAM, XBOX One hadir dengan memori RAM DDR3 yang lebih besar yaitu 8GB.

3. Sistem Operasi
Untuk memaksimalkan performanya agar lebih stabil, XBOX One dirancang untuk menjalankan 3 platform OS dalam waktu yang sama. Pertama ada XBOX OS yang dapat digunakan developer untuk membuat game untuk XBOX One. Kedua ada sistem operasi yang berbasis pada Windows Kernel yang dibuat menyerupai Windows 8 untuk menambah aplikasi pada XBOX One seperti misalnya aplikasi Skype yang dapat diupdate secara periodik. Dan yang ketiga adalah OS yang dirancang sebagai jembatan agar OS pertama dan kedua dapat saling terhubung dan berkomunikasi.

4. Optical Drive
Mengikuti jejak Sony yang telah menggunakan Blu-Ray sejak generasi PS3, XBOX One kini juga hadir dengan Blu-Ray Combo drive yang menggantikan DVD-drive XBOX 360. Sayangnya, mengingat platform yang berbeda Anda tidak akan bisa memainkan lagi game-game XBOX 360 Anda di sistem XBOX One.

5. Kapasitas
Menyadari file multimedia definisi tinggi hadir dalam ukuran dan kapasitas yang besar, XBOX One kini hadir dengan kapasitas ruang penyimpanan internal yang lebih besar yaitu berkapasitas 500GB. Lebih besar dari XBOX 360 yang dulu hanya berkapasitas 320GB.

6. Output Audio dan video
Dirancang untuk kebutuhan gaming dan multimedia, XBOX One mampu menampilkan visual definisi tinggi pada resolusi 1080p dan 4K dengan dukungan tata suara 7.1 surround.

7. Konektivitas
Microsoft membekali XBOX 360 dengan port USB2.0, port Kinect, port Ethernet, Wi-Fi dan HDMI. Nah, konektivitas tersebut kini lebih disempurnakan. XBOX One telah memuat 3 buah port USB 3.0, port Ethernet, digital optical audio output, HDMI input dan HDMI output, serta koneksi Wi-Fi yang telah mendukung fitur Wi-Fi Direct.

8. Kinect
Selain tampilan baru yang lebih segar Kinect juga dibuat lebih canggih. Kinect kini dilengkapi dengan 250k pixel sensor infrared, dan sebuah webcam dengan lensa wide. Selain dapat menangkap pergerakkan tubuh Anda, Kinect kini dapat lebih sensitif dan presisi hingga dapat menangkap pergerakkan otot dan perubahan wajah penggunanya. Selain itu Microphone pada XBOX One kini juga telah dilengkapi dengan fitur advanced speech recognition yang berguna untuk mengendalikan XBOX One hanya dengan perintah suara.

Untuk sementara Microsoft belum merilis secara resmi kepada publik berapa banderol harga dari XBOX One ini. Microsoft rencananya akan menjualnya seharga US$499. Dan rencananya Microsoft akan menguak lebih lengkap spesifikasi dari Xbox One pada ajang game terbesar E3 2013 bulan depan dan Gamescom di bulan Agustus 2013.

Back to top button