Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Panasonic DMC-G6: DSLM Bergaya SLR Dengan NFC

Setelah menghadirkan Panasonic Lumix GF6, Panasonic juga menambah keluarga besar kamera DSLM (Digital Single Lens Mirorrless) miliknya dengan menghadirkan Panasonic DMC-G6 untuk segmen menengah.

panasonic G6-1

Panasonic DMC-G6 mempertahankan bodi ala kamera DSLR yang dilengkapi viewfinder elektronik seperti G5 yang digantikannya. Dibandingkan dengan G5, ternyata banyak peningkatan yang dihadirkan di Panasonic DMC-G6. Tidak hanya ditambahkan fitur WiFi dan NFC, Anda juga dapat menemukan beberapa fitur baru lain yang juga dimiliki GF6 seperti misalnya layar LCD putar berukuran 3-inci yang dilengkapi teknologi sentuhan, sensor dan prosesor yang diperbaharui dan sederetan fitur kreativitas yang lebih lengkap.

Untuk sensor gambarnya, Panasonic DMC-G6 hadir dengan sensor yang diadopsi dari Panasonic GH2, yaitu Live MOS Sensor beresolusi 16.1 megapixel. Dipadukan dengan prosesor Venus Engine yang telah dilengkapi teknologi Advanced Noise Reduction system, hasil fotonya kini lebih minim noise pada setting ISO tinggi.

Untuk sistem dan teknologi autofokusnya, Panasonic DMC-G6 hadir dengan teknologi autofocus yang mirip dengan Panasonic Lumix GF6. Berkat layar sentuh yang digunakannya, kendali fokus kini dapat lebih mudah dilakukan hanya dengan menyentuh layarnya saja (Full area Touch Focus). Tersedia juga fitur Touch AE (Auto Exposure) untuk melakukan pengaturan fokus dan eksposur pada subjek hanya dengan menyentuh layar.

Dengan dukungan sistem autofocus Light Speed AF yang juga ada di GF6, Panasonic DMC-G6 dapat diandalkan untuk memotret aksi-aksi cepat dengan kemampuan burst shoot hingga 7 frame per detik. Selain itu, masih ada sistem fokus Tracking AF yang bekerja pada modus Video. Untuk modus Video, Panasonic DMC-G6 kini dapat digunakan untuk merekam video pada kualitas Full HD 1920×1080, 60p (60 Hz) / 50p (50 Hz) dengan kualitas suara stereo yang lebih baik. Ini berkat hadirnya teknologi audio Dolby Digital dan tersedianya fitur Wind Cut yang berguna untuk menangkal suara bising dari angin yang biasa menggangu perekaman suara.

Penambahan filter efek foto filter juga membuat kamera ini lebih asik diajak untuk memotret. Panasonic DMC-G6 kini hadir dengan 19 efek filter foto, lebih banyak dari DMC-G5 yang hanya 14 efek filter. Anda juga dapat menemukan fitur Scene Guide yang berisi 23 foto dari fotografer profesional yang dapat dijadikan sebagai paduan untuk memotret, mode Time-Lapse, Stop Motion, dan Creative Panorama untuk foto panorama yang bisa ditambahkan dengan efek filter serta hadir fitur Clear Retouch yang berguna untuk melakukan penyuntingan foto sederhana langsung di kamera.

Panasonic lensa-1

Untuk melengkapi Panasonic DMC-G6 Panasonic juga mengumumkan kehadiran satu lensa terbaru yaitu Lumix G Vario 14-140mm f/3.5-5.6 untuk kamera MFT. Lensa zoom ini telah dilengkapi dengan teknologi Power O.I.S yang sangat berguna untuk membantu memtoret di kondisi minim cahaya tanpa bantuan tripod dan sistem fokus dengan pergerakan motor yang lebih halus dan tidak berisik. Lensa ini juga dirancang untuk mendukung memotret aksi-aksi cepat seperti misalnya Panasonci DMC-G6 dan Panasonic GH3.

Panasonic DMC-G6 hadir dengan 3 warna pilihan yaitu hitam, putih dan silver dengan banderol harga yang masih belum dipublikasikan.

Panasonic DMC-G6
[table th=”0″] Sensor; CMOS 16.1 megapixel
Prosesor; Venus Engine
Ukuran sensor; Four Third
Viewfinder; Elektronik
Layar; Layar sentuh LCD 3-inci 1,036,000 titik yang dapat diputar
video; “1920 x 1080 (60, 50, 30, 25fps) 1280 x 720 (60, 50, 30, 25fps), 640 x 480 (30, 25fps”
Audio;Stereo dengan Dolby Audio
Konektivitas;WiFi,NFC, USB
Memori;SD/SDHC/SDXC
Bobot;390 gram
Dimensi;122 x 85 x 71 mm[/table]

Back to top button