Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

[CES 2013] eCoupled: Isi Baterai Smartphone Tanpa Kabel MenggunakanTablet

Dengan sebuah perangkat mini tertempel di tablet PC, Anda bisa berbagi energi baterai dengan perangkat lain secara wireless.

Ecoupled

Fulton Innovation memamerkan suatu teknologi pengisian baterai wireless yang canggih pada CES 2013 di Las Vegas. Hanya dengan sebuah media kecil yang melekat di sisi belakang tablet, beberapa smartphone kelas atas yang kompatibel dengan standar pengisian wireless Qi seperti Nokia Lumia 920, HTC Droid DNA dan Nexus 4 dapat “menumpang” mengisi baterai hanya dengan meletakkannya di atas tablet tersebut.

eCoupled menggunakan teknologi near-field wireless energy transfer. Sirkuit elektrik dicetak menggunakan tinta konduktif yang digunakan juga dalam menciptakan wireless power coil pada kertas kecil seperti stiker. Tablet PC yang dilengkapi dengan eCoupled memungkinkan Anda untuk mengisi baterai ponsel lain yang memiliki kemampuan wireless charging bersertifikasi standar Qi hingga beberapa device sekaligus.

Fulton-Innovation

Mungkin alasan Fulton hanya memungkinkan tablet sebagai pemancar karena kapasitas baterainya yang jauh lebih besar serta memiliki luas penampang belakang yang lebar. eCoupled akan secara otomatis mengidentifikasi apakah perangkat yang ditempelkan di atasnya kompatibel atau tidak, serta otomatis menghentikan proses pengisian jika baterai smartphone penerima teridentifikasi telah penuh. Canggih kan?

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyaksikan video demo dari Fulton berikut.

Back to top button