Quantcast
KomputerNewsUltraportable

[CES 2013] Lenovo ThinkPad Helix: Laptop Hybrid Pertama Lenovo

Konsep Ultrabook convertible Lenovo pertama kali diperkenalkan di CES 2012 untuk menyambut hadirnya Windows 8. Untuk tahun 2013, Lenovo kembali menghadirkan perangkat Windows 8 inovatif dengan ThinkPad Helix.

Lenovo thinkpad Helix-1\

Berbeda dengan IdeaPad Yoga dan ThinkPad Twist yang mengusung konsep lipat, Lenovo ThinkPad Helix hadir mengusung konsep laptop/tablet hybrid yang mirip dengan Samsung Ativ Smart PC. Bagian layarnya dapat dilepas pasang dan difungsikan sebagai tablet PC berbasis Windows 8. Ketika ditancapkan ke docking keyboard miliknya ThinkPad Helix akan berubah menjadi sebuah laptop dengan daya tahan baterai ekstra.

Untuk ukuran Lenovo ThinkPad Helix tergolong ideal untuk sebuah tablet PC berbasis Windows 8 yaitu 11.6-inci. Layarnya ini memiliki resolusi 1920×1080 pixel dan ditenagai oleh prosesor generasi ketiga Intel yang tersedia hingga Intel Core i7. RAM yang digunakannya juga cukup besar yaitu 8GB DDR3 dengan SSD berkapasitas 256GB.

Docking keyboard milik ThinkPad Helix sangat istimewa dan berbeda dengan docking keyboard milik Samsung Ativ Smart PC. Pasalnya ThinkPad Helix dapat ditancapkan ke docking keyboardnya ke arah depan, atau ke arah belakang membelakangi Anda.

Pada docking ini, telah disematkan sistem pendingin khusus yang berguna untuk mendinginkan prosesor ketika prosesor digenjot atau di-overclock. Untuk daya tahan baterai, Lenovo mengklaim ThinkPad Helix memiliki daya tahan baterai sekitar 10 jam. 5 jam pada mode tablet PC dan 5 jam ekstra tenaga lagi ketika ditancapkan pada docking keyboardnya.

Lenovo ThinkPad Helix ini langsung telah dilengkapi dengan pen stylus dari Wacom. Tidak hanya itu saja, Lenovo juga telah menyiapkannya dengan dukungan koneksi 4G untuk akses data disamping hadirnya koneksi Wi-fi dan Bluetooth.

Lenovo ThinkPad Helix dibanderol dengan harga US$1499 dan akan mulai dilepas ke pasaran sekitar bulan Februari 2013. Belum ada informasi kapan Helix akan hadir di Indonesia.

Back to top button