Quantcast
Foto & VideoKamera DSLRKamera MirrorlessKamera sakuPilihanTips

[Tips Fotografi] Mengenal Aspect Ratio dan Teori Komposisi

Bagi orang awam, pengaturan aspect ratio di kamera digital seperti belum terlalu diperhatikan. Salah satu sebab, kurangnya pemahaman mengenainya. Lalu apa itu aspect ratio? Aspect ratio adalah perbandingan lebar dan tinggi pada sebuah gambar.

contoh aspek rasio 1:1
contoh aspect ratio 1:1

Saat ini ada 6 aspect ratio yang dikenal dalam dunia fotografi diantaranya:
1. 1:1:
Aspect ratio berbentuk persegi ini memiliki lebar dan tinggi dengan hitungan sebanding. Sekarang aspect ratio ini kembali banyak digunakan oleh aplikasi foto pada perangkat smartphone setelah Instagram mempopulerkannya. Tapi sebelum populer oleh Instagram, aspect ratio 1:1 merupakan ukuran standar dari kamera Hasselblad yang memiliki ukuran 6x6cm.

2. 5:4:
Aspect ratio 5:4 biasanya digunakan pada kamera large format dan kamera yang menggunakan film yang berbentuk lembaran. Kebanyakan ukuran foto yang dihasilkan memiliki ukuran 8×10 inci.

Contoh aspek rasio 4:3
Contoh aspek rasio 4:3

3. 4:3:
Media penyiaran TV dan video umumnya menggunakan aspek rasio ini dengan ukuran atau resolusi 640×480 pixel. Kamera bersensor kecil dan kamera saku yang mengusung sistem sensor CCD umumnya menggunakan aspect ratio ini. Tidak hanya itu saja, kamera dengan ukuran sensor four third atau 4/3 dan kamera micro four Third (MFT) juga paling banyak menggunakan format ini. Pada kamera medium format, aspect ratio 4:3 juga dikenal pada kamera medium format “645” yang sebenarnya merujuk pada ukuran hasil foto berdimensi 6×4.5cm.

4. 3:2:
Aspect ratio ini mulai populer dan digunakan ketika Oskar Barnack memutar film negatif menjadi 90 derajat dan menggandakan lebar frame sehingga menghasilkan film negatif berukuran full frame 24x36mm yang sama seperti film yang digunakan kamera format 35mm. Hampir semua DSLR masa kini yang menggunakan ukuran sensor besar menggunakan format 3:2 ini.

contoh aspek rasio 16:9
contoh aspek rasio 16:9

5. 16:9:
16:9 bukanlah aspect ratio yang sesungguhnya atau lazim digunakan di kamera digital. Tapi bukan berarti aspect ratio ini tidak dapat digunakan. Beberapa fotografer menggunakannya untuk memberikan nuansa sinematik pada hasil foto.

6. 2.35/2.40:1:
Ini adalah aspect ratio yang paling lebar dan sangat jarang digunakan pada dunia fotografi. Hal tersebut dikarenakan saat ini belum ada kamera digital yang mendukung aspect ratio ini. Karena memiliki ukuran yang sangat lebar, jika di-crop ke aspect ratio 4:3, maka setengah dari gambar Anda akan terbuang. Aspect ratio ini dapat dijumpai pada film untuk keperluan film layar lebar.


Disadari atau tidak, aspect ratio sebenarnya sangat mempengaruhi komposisi sebuah foto. Dengan memahami aspek rasio maka Anda akan dapat lebih mudah menghasilkan foto dengan komposisi yang lebih baik. Penggunaan aspect ratio yang berbeda mempengaruhi hasil foto dengan komposisi yang berbeda juga. Untuk mempermudah Anda memahami komposisi berkaitan dengan aspect ratio, perhatikan simulasi gambar sederhana berikut ini yang menggambarkan komposisi elemen pada sebuah foto yang digambarkan dengan gambar lingkaran..

compositionaltheory-11
Untuk contoh simulasi ini aspek rasio yang digunakan adalah 3:2. Pada komposisi diatas Lingkaran merah berukuran besar merupakan subjek utama.

compositionaltheory-12
Pada gambar pertama ini, Anda bisa melihat hasil foto akan tertuju pada satu subyek yaitu lingkaran merah besar karena memang menyisakan banyak ruang kosong disekitarnya. Kemudian lihatlah gambar kedua diatas. Lingkaran warna merah muda berukuran lebih kecil dimasukkan kedalam frame dan berperan sebagai subjek kedua. Pada gambar kedua, frame masih menyisakan ruang kosong di sebelah kanan subyek utama sehingga komposisi masih terlihat kurang seimbang.

compositionaltheory-13
Pada gambar ketiga, frame diisi lagi dengan beberapa lingkaran merah yang berwarna lebih muda. Lingkaran ini ditempatkan di sekitar lingkarah merah Subjek utama dan lingkaran merah muda subjek kedua. Hasilnya masih terlihat sedikit kurang seimbang meningat masih banyak sisa ruang kosong.

compositionaltheory-14
Nah pada gambar keempat ini, frame dipenuhi dengan lingkaran yang lebih kecil dan mengisi kekosongan disekitarnya. Dengan begitu komposisi terlihat menjadi penuh dan seimbang. Jika ditambahkan lagi sebuah lingkaran berwarna biru di samping subyek utama, lingkaran biru itu tidak akan mengganggu subyek utama dan peran lingkaran biru serta lingkaran merah muda berukuran kecil lainnya tetap terbatas sebagai pengisi frame.

Simulasi di atas dibuat untuk membantu Anda agar dapatlebih mudah memahami penempatan subjek dan pengaturan komposisi dalam sebuah frame. Tentu ini hanyalah sebuah teori dan cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan memotret sebanyak-banyaknya dengan memperhatikan komposisi.

Aturan komposisi pada fotografi pada umumnya berpegangan pada aturan 3/4 atau yang lebih dikenal dengan “The Rule Of Third”. Tapi sesungguhnya untuk menghasilkan sebuah foto dengan komposisi yang baik, Anda dapat melewati batasan dan aturan tersebut. Jadi cobalah untuk bereksperimen mengambil banyak foto dan bandingkanlah hasil foto Anda sebelum dan sesudah Anda memahami teori komposisi yang berkaitan dengan aspek rasio ini. Selamat mencoba!

Sumber

Back to top button