D-Link Meluncurkan DIR-506L Pocket Cloud Router

Jika kita mendengar nama D-Link, hampir pasti yang terlintas di pikiran kita adalah produk-produk network seperti modem, router, dan lain-lain. Ya, D-Link memang salah satu pemain terbesar di pasar produk network global dengan terus mengeluarkan inovasi-inovasi baru. Bahkan, baru-baru ini mereka memperkenalkan anggota terbaru dari keluarga produk SharePort™ cloud, yaitu DIR-506L Pocket Cloud Router.

Apa itu Pocket Cloud Router? Ms. Estella Tan, selaku Sales Director D-Link International Pte. Ltd memberikan penjelasan yang cukup baik untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Kecil tapi berkemampuan tinggi, Pocket Cloud Router memberikan fungsi sebuah router atau Access point atau Repeater Nirkabel, Wi-Fi Hotspot dan drive penyimpanan jaringan, seluruhnya dari satu perangkat mungil yang muat di kantong Anda. Dengan adanya baterai yang bisa diisi ulang dan opsi untuk catu daya lewat mini-USB, pengguna bahkan tidak memerlukan catu daya listrik tambahan, cocok untuk digunakan di tengah perjalanan jauh.”

Perlu diingat, DIR-506L ini hanya memiliki fungsi sebagai Router dan tidak termasuk modem. Karena tidak dijelaskan dalam press release yang diberikan, kami menduga bahwa Anda perlu menyambungkannya dengan kabel LAN – yang biasanya tersedia di hotel – ataupun sebuah modem USB karena tidak ada slot SIM card di dalamnya.

Walaupun begitu alat ini mungil berukuran hanya 10.29 cm dan lebar 7.98 cm ini tetap praktis untuk di bawa bepergian dan memiliki banyak kegunaan berkat fitur-fitur komputasi Cloud yang cukup inovatif. Pertama, D-Link menanamkan fitur SharePort Mobile yang memampukan pengguna untuk mengakses video, musik dan dokumen pada Hard Disk atau Flash disk yang tersambung pada DIR-506L menggunakan smartphone atau tablet dengan sistem operasi iOS maupun Android. Selain itu pengguna juga dapat membagi konten-konten tersebut ke banyak pengguna sekaligus menggunakan fitur Web File Access dari SharePort Mobile.

Seperti yang dijelaskan Ms. Estella Tan, perangkat ini memiliki beberapa mode yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

svg%3E

Pada mode Router, Pocket Cloud Router bekerja seperti sebuah router nirkabel mini untuk berbagi koneksi Internet broadband Anda secara nirkabel hingga kecepatan 150Mbps. Hal ini juga memungkinkan para pekerja yang sedang di hotel untuk menciptakan jaringan nirkabel mereka untuk dibagi dengan para rekan sekamar yang lain.

Pada mode Access Point, Pocket Cloud Router memungkinkan Anda menciptakan jaringan nirkabel pribadi yang bisa menghubungkan perangkat nirkabel, tapi tidak memberi fasilitas router Internet. Mode ini memungkinkan perangkat dengan konektivitas kabel untuk terhubung dengan perangkat lain secara nirkabel.

Dalam Wi-Fi Hotspot Mode, DIR-506L memungkinkan Anda berbagi koneksi Internet yang berasal dari hotspot nirkabel lain, baik di hotel, airport, maupun di kafe. Konfigurasi ini juga memberikan lapisan keamanan kedua ketika terkoneksi ke hotspot publik, dengan cara menyembunyikan perangkat Anda dari perangkat lain di luar sana yang terhubung ke jaringan publik.

Sedangkan, dalam Repeater Mode, perangkat ini membantu Anda dalam memperluas jaringan nirkabel yang sudah ada sebelumnya. Hal ini berguna ketika di rumah atau di kantor Anda membutuhkan sinyal dari Access point utama untuk disebar ke seluruh bagian gedung.

Perangkat mungil ini juga dapat digabungkan dengan beberapa perangkat D-Link berfitur Cloud lainnya seperti mydlink Wireless N Day/Night Network Camera (DCS-932L), mydlink™ Wireless N Network Camera (DCS-930L), D-Link Boxee Box (DSM-380), Wireless N 150 PCI Adapter (DWA-525), dan Wireless N 150 USB Adapter (DWA-125).

Sayangnya belum ada kabar mengenai harga dan ketersediaannya di pasaran lokal.

Verified by MonsterInsights