Leap Motion-Controller: Mungil, Saingan Kinect

svg%3E
Masih ingat dengan adegan di film Minority Report, saat Tom Cruise mengendalikan komputer hanya dengan mengayunkan tangannya? Nah, bagaimana kalau saya katakan, bahwa teknologi tersebut mungkin akan menjadi nyata tidak lama lagi?

Leap Motion belum lama ini memperkenalkan The Leap, sebuah alat yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan PC lebih alami menggunakan gerakan tangan seperti Microsoft Kinect.

Apakah rahasia di balik kemampuannya membaca gerakan di udara tanpa bantuan sarung tangan seperti Tom Cruise? Jawabannya terletak paduan dari LED inframerah dan beberapa kamera yang dirancang khusus untuk mendeteksi pergerakan tangan secara akurat. Dengan terobosan baru ini, Leap Motion mampu menciptakannya dengan ukuran yang sangat mungil – hanya sebesar USB Flashdisk biasa.

Di video demonya, terlihat bahwa The Leap sangat cepat dan akurat dalam membaca gerakan tangan sang penguji. Leap Motion bahkan mengklaim tingkat akurasinya “200 kali lebih hebat” dibanding teknologi yang sudah ada sebelumnya.

Instalasinya sangat intuitif – cukup sambungkan Leap ke port USB, jalankan software Leap Motion, lakukan sedikit kalibrasi, dan Leap siap digunakan. Menggambar animasi 3D, browsing di internet, menulis menggunakan stylus, bahkan bermain game seperti Angry Birds dan Fruit Ninja akan terasa berbeda dan menyenangkan dengan The Leap.

Saat ini, Leap Motion masih terus mengembangkan teknologi ini untuk dapat digunakan tidak hanya di komputer, tetapi di mobil, peralatan kesehatan, dan lain-lain. Dengan potensi yang begitu besar, teknologi dari Leap Motion ini mungkin akan menggantikan cara-cara berinteraksi yang konvensional ke depannya.

The Leap memang belum dirilis secara resmi ke pasaran, namun Leap Motion telah membanderol harganya hanya US$ 69.99, atau sekitar Rp 680,000. Jika tertarik, Anda dapat memesannya di situs resmi Leap Motion.

Verified by MonsterInsights